Sukses

16 Wisata di Jawa Barat Bertema Alam yang Wajib Kamu Kunjungi, Penuh Pesona

Liputan6.com, Jakarta Jawa Barat adalah salah satu Provinsi di Jawa yang terkenal dengan wisata alamnya. Letaknya yang tidak jauh dari ibu kota sekaligus pusat perekonomian Indonesia yang padat penduduk membuat berbagai tempat wisata di Jawa Barat menjadi destinasi wisata favorit bagi penduduk ibu kota dan sekitarnya.

Tempat wisata di Jawa Barat menyajikan alam yang indah dan beragam. Di sini para wisatawan dapat menikmati beragam keindahan alam, mulai dari gunung, pantai, air terjun, dan lainnya. Beragamnya pesona alam yang ditawarkan oleh tanah pasundan menjadikan provinsi ini cocok untuk kamu kunjungi di hari liburmu. Keindahan pemandangan alam Jawa Barat dapat membantumu untuk mengistirahatkan badan dan pikiranmu supaya dapat segar kembali untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Tempat wisata di Jawa Barat juga cukup mudah untuk dijangkau para pengunjung. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi provinsi ini. Selain itu, ada berbagai sarana transportasi yang juga dapat kamu gunakan untuk datang ke sini, mulai dari bus, kereta api, hingga pesawat.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa tempat wisata di Jawa Barat bertema alam yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jawa Barat - Bogor

1. Taman Safari Indonesia Bogor

Taman Safari Indonesia Bogor adalah salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang telah lama populer dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya pada hari libur. Di sini, para pengunjungdapat berkeliling menggunakan mobil pribadi ataupun bus yang disediakan oleh pihak pengelola untuk menikmati beragam koleksi satwa yang dimiliki Taman Safari dari jarak dekat. Para pengunjung juga bisa memberi makan berbagai jenis satwa yang ada di Taman Safari ini. Selain itu, pengelola juga menawarkan berbagai fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, mulai dari danau, restoran, hingga waterpark.

2. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata di Jawa Barat bergtema alam yang selanjutnya ialah Kebun Raya Bogor. Di sini para pengunjung dapat berjalan-jalan berkeliling di sekitar taman seluas 87 hektar ini. Sembari berkeliliing, para pengunjung dapat menikmati dan menemukan beragam koleksi flora yang ada di kebun ini. Kebun ini memiliki sekitar 15.000 koleksi tanaman yang berasal dari berbagai spesies. Selain itu, ada berbagai spot wisata menarik lainnya yangdapat kamu kunjungi di Kebun Raya Bogor, mulai dari Monumen Lady Raffles, Danau Gunting, Patung The Littel Mermaid, Pemakaman Belanda Kuno, Taman dan Tugu Teijsman, Museum Zoologi hingga Grya Anggrek. Indahnya dan rindangnya pepohonan di Kebun Raya Bogor ditambah dengan sejuk dan segarnya udara pegunungan membuat para pengunjung akan merasa betah untuk berlama-lama di sini.

3. Curug Balong Endah

Kalau kamu berkunjung ke daerah Bogor, kamu dapat mampir ke Curug Balong Endah. Tempat wisata di Jawa Barat ini akan menawarkan indahnya pemandangan air terjun yang masih asri dan alami. Air yang mengalir di air terjun ini juga masih bersih dan segar menambah keindahan panorama di curug ini. Para pengunjung juga dapat menikmati aliran air yang segar ini dengan berenang di kolam-kolam yang tersedia. Curug Balong Endah ini sendiri terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Bogor.

4. Taman Wisata Gunung Pancar

Taman Wisata Gunung Pancar adalah salah satu tempat wisata di Jawa Barat bertema alam yang terletak di Bogor. Di tempat wisata ini para pengunjung dapat menikmati indahnya hutan pinus yang hijau. Indah dan rindangnya pepohonan pinus di Gunung Pancar ditambah dengan sejuknya udara pegunungan membuat tempat wisata ini cocok kamu kunjungi untuk refreshing. Di sini juga terdapat camping ground bagi kamu yang ingin bermalam dan berkemah di Taman Wisata Gunung Pancar.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jawa Barat - Cianjur

5. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah tempat wisata di Jawa Barat bertema alam yang cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluargamu. Di sini kamu akan disuguhi indahnya pemandangan beraneka ragam bunga yang berasal dari berbagai wilayah di seluruh penjuru dunia, mulai dari Asia, Austraia, Amerika, hingga Afrika. Di dalam Taman Bunga Nusantara juga terdapat berbagai taman yang disusun sesuai dengan tema tertentu seperti Taman Mediterania, Taman Bali, Taman Jepang, Taman Prancis, dan lainnya. Keindahan taman bunga ini juga cocok bagi kamu yang mencari spot foto yang menarik dan instagramable untuk kamu unggah di media sosial.

6. Kebun Raya Cibodas

Untuk menikmati indahnya pemandangan bunga sakura yang terkenal, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang. Kamu cukup untuk datang ke Kebun Raya Cibodas. Pasalnya, pohon sakura telah ditanam di kebun ini sejak tahun 1971. Kalau kamu ingin menikmati indahnya bunga sakura yang mekar, waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat yang satu ini adalah sekitar bulan Januari-Februari, serta Juli-Agustus. Selain itu, di Kebun Raya Cibodas, para wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Gede-Pangrango.

7. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tempat wisata di Jawa Barat bertema alam yang selanjutnya ialah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman Nasional ini mencakup lahan seluas 21.975 hektar yang merupakan hutan hujan tropis pegunungan. Di Taman Nasional ini terdapat beragam glora dan fauna seperti “si pemburu serangga” atau kantong semar, “si pohon raksasa” Rasamala, dan beragam anggrek hutan yang cantik. Di taman nasional ini anda juga bisa menemukan beberapa jenis tumbuhan yang belum dikenal namanya secara ilmiah, seperti jamur yang bercahaya.

8. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti adalah salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang menyajikan keindahan pemandangan pantai. Tempat wisata ini terletak di Cianjur, Jawa Barat. Di sini para pengunjung akan disuguhi pesona laut selatan Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Pantai ini juga merupakan pelabuhan tradisional yang menjadi tempat di mana para nelayan lokal berlabuh.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jawa Barat - Bandung

9. Tangkuban Perahu

Tempat wisata di Jawa Barat bertema alam yang berikutnya adalah Tangkuban Perahu. Tangkuban perahu terkenal dengan mitos atau legendanya. Di sini, kamu dapat menikmati pesona kawah vulkanik dari Gunung Tangkuban Perahu. Terdapat tiga kawah di kawasan ini yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

10. Gunung Batu

Gunung Batu adalah salah satu tempat wisata di Jawa Barat bertema alam yang terletak di Lembang Bandung. Nama Gunung Batu sendiri berasal dari bebatuan besar yang mendominasi permukaan gunung ini sampai ke puncaknya. Gunung ini adalah gunung tertinggi di wilayah Lembang. Dari Gunung Batu, para wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggal dan Palasari.

11. Curug Maribaya

Curug Maribaya adalah salah satu air terjun yang menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang terfavorit di Lembang, Bandung Barat. Di tempat wisata ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan 4 air terjun sekaligus, yakni Curug Cikawari, Curug Cigulung, dan Curug Cikoleang. Para pengunjung juga bisa turun ke air terjun untuk menikmati aliran air sungai alami yang menyegarkan. Pemandangan alam yang indah dan asri membuat tempat ini cocok kau gunakan untuk melepaskan lelah yang menumpuk.

12. Tebing Keraton

Tebing Keraton adalah tempat wisata di Jawa Barat bertema alam yang menjadi favorit bagi banyak orang untuk berfoto-foto dan menikmati keindahan pemandangan alam di sekitar Bandung. Di sini, para wisatawan akan disuguhi keindahan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu serta hijaunya Taman Hutan Raya Juanda. Selain itu, Tebing Keraton juga menjadi spot yang cocok untuk menikmati keindahan pemandangan matahari terbit.

 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jawa Barat - Sukabumi dan Pangandaran

13. Pantai Pelabuhanratu

Pantai Pelabuhanratu adalah salah satu pantai di Jawa Barat yang telah lama terkenal. Tempat wisata di Jawa Barat ini terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Pantai Pelabuhanratu terkenal curam dan dilengkapi dengan bebatuan karang yang terjal. Besarnya ombak di pantai ini membuat para wisatawan tidak dapat berenang di Pantai Pelabuhanratu.

14. Tebing Panenjoan

Tempat wisata di Jawa Barat bertema alam yang berikutnya ialah Tebing Panenjoan. Tebing Panenjoan berada di atas ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut.Dari tebing ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan Sukabumi dari ketinggian beserta perbukitan hijau di sekelilingnya.

15. Pantai Barat Pangandaran

Pantai lain yang terkenal di wilayah Jawa Barat ialah Pantai Barat Pangandaran. Tempat wisata di Jawa Barat ini menyuguhkan keindahan pantai berpasir putih dengan airnya yang jernih. Para pengunjung dapat berenang untuk menikmati segarnya air laut di pantai ini. Selain itu, Pantai Barat Pangandaran juga menjadi lokasi yang cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam.

16. Pantai Pasir Putih Pangandaran

Pangandaran terkenal dengan keindahan pemandangan lautnya. Salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang dapat kamu kunjungi untuk menikmati pesona pantai di kota ini ialah Pantai Pasir Putih Pangandaran. Di sini para pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan hamparan pasir putih di pantai yang bersih saja, tetapi juga dapat menikmati keindahan biota lautnya dengan melakukan aktivitas snorkeling. Selain itu, wisatawan juga dapat berkeliling pantai menggunakan perahu pesiar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.