Sukses

9 Manfaat Petroleum Jelly, Melembapkan hingga Hilangkan Keriput

Liputan6.com, Jakarta Manfaat petroleum jelly yang paling banyak diketahui adalah untuk melembapkan kulit kering, namun selain itu terdapat banyak manfaat lain yang bisa di dapat dari penggunaan petroleum jelly. Petroleum jelly sendiri merupakan campuran minyak mineral dan lilin, yang membentuk zat seperti jeli semi padat.

Manfaat petroleum jelly dikenalkan pertama kali secara luas oleh Robert Augustus Chesebrough pada tahun 1859. Dimana Chesebrough menemukan bahwa pekerja minyak akan menggunakan jeli yang lengket untuk menyembuhkan luka bakar yang mereka alami.

Manfaat petroleum jelly ini berasal dari bahan utamanya yaitu minyak bumi, yang bertugas untuk menutup kulit anda dengan penghalang yang anti air. Bahan ini membantu kulit anda sembuh lebih cepat dan mempertahankan kelembapan kulit.

Memiliki banyak manfaat, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022) tentang beberapa manfaat petroleum jelly yang bisa diambil untuk tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Petroleum Jelly

1. Menyembuhkan Goresan Kecil dan Luka Bakar

Manfaat petroleum jelly yang pertama adalah menyembuhkan goresan luka kecil dan luka bakar. Bahan ini efektif dalam menjaga kelembapan kulit selama penyembuhan pasca operasi. Petroleum jelly juga sangat baik untuk cedera kulit biasa yang tidak terlalu dramatis.

Pastikan permukaan kulit tempat anda mengoleskan petroleum jelly dibersihkan dan didesinfeksi dahulu dengan benar. Jika tidak, bakteri dan patogen lainnya dapat terperangkap di dalam dan menunda proses penyembuhan.

 

2. Mencegah Ruam Popok

Manfaat petroleum jelly tidak hanya untuk orang dewasa namun juga bisa untuk bayi. Petroleum jelly telah terbukti dapat mengurangi ruam popok pada kulit bayi. Bersihkan dan keringkan kulit si kecil dengan handuk dengan benar sebelum mengaplikasikannya.

Petroleum jelly akan bertugas dengan membentuk penghalang serta pelindung yang akan membantu melindungi kulit dari paparan kelembapan yang terjadi dalam jangka waktu lama seperti menggunakan popok. Namun jika tidak berhasil, konsultasikan dengan dokter jika tuam terus terjadi.

 

3. Meringankan Kulit Kering, Termasuk Bibir dan Kelopak Mata

Kulit kering bisa mengelupas, gatal, pecah-pecah bahkan berdarah. Oleh karena itu pertimbangkan untuk mengoleskan petroleum jelly pada kulit kering, termasuk bibir dan kelopak mata. Kulit di kelopak mata adalah kulit tertipis di tubuh dan mudah teriritasi.

Jika kelopak mata anda kering dan bersisik, oleskan sedikit petroleum jelly untuk kelembapan dan perlindungan. Untuk hasil terbaik, selalu gunakan petroleum jelly saat kulit anda lembap sehabis mandi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Petroleum Jelly

4. Mencegah Ujung Rambut Bercabang

Manfaat petroleum jelly yang jarang diketahui adalah dapat mencegah rambut bercabang. Petroleum jelly tidak hanya dapat membantu mencegah rambut bercabang dan membuat rambut anda lebih berkilau.

Paparan sinar matahari, angin, dan bahkan air kolam dapat mengeringkan rambut anda dan menyebabkan rambut bercabang. Gosokkan sedikit petroleum jelly di telapak tangan anda dan oleskan pada ujung rambut untuk mencegah ujung rambut bercabang.

 

5. Mencegah Gesekan Kulit

Gesekan adalah proses pakaian dari bahan tertentu atau daerah kulit tubuh bergesekan dengan kulit yang menyebabkan iritasi dan gatal-gatal, kadang-kadang dengan robeknya jaringan kulit atau ruam merah yang jelas.

Hal ini dapat terjadi di leher mulai dari kerah, di ketiak, dada dari pakaian ketat yang terbuat dari wol atau bahan sintetis seperti poliester, atau di bagian tubuh mana pun baik itu lengan, kaki, punggung. Petroleum jelly bekerja sangat baik dalam meredakan kerusakan di kulit akibat gesekan.

 

6. Meredakan Eksim

Manfaat petroleum jelly yang berikutnya adalah meredakan eksim. Kaya akan kandungan emolien yang sangat baik, petroleum jelly bagus untuk mengobati eksim yaitu gangguan peradangan kronis yang menyebabkan pengelupasan, kekeringan dan kemerahan pada kulit.

Setelah mandi dengan air hangat, keringkan area kulit yang terkena eksim, lalu olesi dengan petroleum jelly. Ini memberikan kelembaban yang cukup pada kulit yang rusak dan mengurangi peradangan serta memperbaiki pengelupasan kulit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Petroleum Jelly

7. Mengurangi Keriput

Manfaat petroleum jelly selanjutnya adalah mengurangi keriput. Dengan bertambahnya usia, tidak hanya kulit menjadi lebih kering, tetapi juga menampilkan garis-garis halus, kerutan dan kerutan akibat kendur.

Petroleum jelly adalah bahan bergizi yang luar biasa untuk dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit anti-penuaan, karena memasok hidrasi ke sel-sel kulit yang usang, membantu memulihkan kehalusan, selain mengurangi munculnya bercak-bercak berkerut.

 

8. Pelembab Kuku

Manfaat petroleum jelly dapat menghidrasi seluruh bagian tubuh  baik dari ujung rambut hingga ujung kuku. Anda tidak perlu krim mahal untuk menjaga kuku anda dalam kondisi yang baik. Petroleum jelly dapat menghidrasi seluruh bagian tangan anda termasuk kuku.

Jika kuku anda rapuh, petroleum jelly dapat membantu mengisi dan menghaluskan beberapa benjolan dan bintik-bintik kasar. Jika anda sering melakukan manikur, anda mungkin ingin mengoleskannya setelah sesi berikutnya. Namun pastikan kuku anda masih sedikit lembap terlebih dahulu agar pengaplikasian petroleum jelly lebih maksimal dan tahan lama.

 

9. Mencegah Kaki Melepuh

Manfaat petroleum jelly yang terakhir adalah mencegah kaki melepuh. Untuk mencegah kaki melepuh, gosokkan sedikit petroleum jelly di antara area yang rawan lecet atau bintik-bintik bermasalah pada kaki sebelum anda berlari atau berjalan-jalan.

Petroleum jelly akan mengurangi gesekan saat kulit anda bergesekan atau bergesekan dengan sepatu. Jika anda mengalami lepuh, oleskan petroleum jelly pada luka anda untuk membantu menyembuhkannya lebih cepat.

5 dari 5 halaman

Efek Samping Petroleum Jelly

Efek Samping Petroleum Jelly

Meskipun petroleum jelly memiliki banyak manfaat, sebaiknya hanya untuk penggunaan luar. Jangan makan atau memasukkan petroleum jelly kedalam tubuh dari manapun. Merek dan jenis petroleum jelly yang anda beli juga perlu diperhatikan karena dapat menyebabkan reaksi yang berbeda pada orang yang memakainya. Efek samping penggunaan petroleum jelly yang salah atau tidak cocok diantaranya:

- Alergi: Beberapa orang lebih sensitif dan dapat mengembangkan alergi jika mereka menggunakan produk turunan minyak bumi. Selalu waspada terhadap iritasi dan reaksi merugikan saat menggunakan produk baru.

- Infeksi: Tidak melembabkan kulit mengering dengan air terlebih dahulu atau membersihkan kulit dengan benar sebelum mengoleskan petroleum jelly dapat menyebabkan infeksi jamur atau bakteri. 

- Risiko aspirasi: Konsultasikan dengan dokter anda sebelum menggunakan petroleum jelly di sekitar area hidung, terutama pada anak-anak. Hal ini karena menghirup minyak mineral dapat menyebabkan pneumonia aspirasi.

- Pori-pori tersumbat: Beberapa orang mungkin berjerawat saat menggunakan petroleum jelly. Pastikan anda membersihkan kulit dengan benar sebelum mengoleskan jeli untuk mengurangi risiko berjerawat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS