Sukses

27 Wisata di Makassar, Pantai Eksotis yang Wajib untuk Dikunjungi saat Liburan

Simak beberapa tempat wisata di Makassar yang wajib dikunjungi saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Makassar bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang menyenangkan. Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang begitu menawan serta beragam. Mulai dari wisata pantai, pulau, air terjun, bendungan hingga taman dengan hamparan bunga yang indah.

Berbatasan langsung dengan laut, membuat tempat wisata di Makassar dan sekitarnya ini didominasi oleh pantai yang indah. Selain itu, terdapat juga beberapa pulau-pulau kecil dengan pemandangan indah dan menawarkan kenyamanan untuk liburan kamu.

Tempat wisata di Makassar ini tidak hanya wisata alam yang menarik, namun ada juga wisata edukasi dan sejarah yang ikonik juga indah. Salah satu wisata di Makassar yang sudah terkenal sampai di mancanegara adalah Pantai Losari dan Benteng Fort Rotterdam yang terkenal di seluruh negeri.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Makassar yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata di Makassar

1. Pulau Lae Lae

Pulau Lae Lae merupakan tempat wisata di Makassar yang menyajikan pemandangan bahari menawan juga indah. Pulau ini berdekatan dengan lokasi pantai Losari yang juga banyak direkomendasikan sebagai destinasi liburan. Pulau Lae Lae merupakan pulau yang sudah berpenghuni dengan fasilitas cukup memadai. Tidak heran jika banyak orang yang mengunjunginya dengan akomodasi yang terbilang bersahabat untuk para petualang sekalipun.

2. Taman Laut Taka Bonerate

Tempat wisata di Makassar selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Taman laut Taka Bonerate. Tempat wisata ini memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Republik Kepulauan Marshall dan Maldives. Tempat wisata di Makassar ini adalah pulau koral yang mengelilingi laguna sebagian atau seluruhnya. Luas total area dari Taman Laut Taka bonerate mencapai 220 ribu hektar. Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ini meliputi 17 pulau, dan terletak di Selayar, Sulawesi Selatan.

3. Pulau Tinabo

Tempat wisata di Makassar selanjutnya adalah Pulau Tinabo, Selayar. Bukan hanya memiliki pemandangan bawah laut yang mempesona, Destinasi Pulau Tinabo juga menyuguhkan pemandangan darat yang tidak kalah menarik. Pulau ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Selayar, Sulawesi Selatan dan termasuk dalam Taman Laut Nasional Taka Bonerante. Di sini, pengunjung bisa mengeksplor indahnya pemandangan serta terumbu karang yang digunakan untuk aktivitas menyelam.

4. Pulau Kambing

Tempat wisata di Makassar yang berikutnya merupakan Pulau Kambing. Meskipun namanya Pulau Kambing, bukan berarti banyak kambing liar tinggal di sini ya. Pulau ini  masih satu lokasi dengan Tanjung Bira dan terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Pecinta snorkeling dan diving dijamin akan betah jika sudah ada di sini. Bahkan kita bisa melihat terumbu karang dengan mata telanjang dari atas.

5. Batu Lappa

Tempat wisata di Makassar yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan adalah Batu Lappa.  Tempat ini memiliki pemandangan batu yang bersusun serta dibumbui aliran air yang mengalir di atasnya. Panorama sekitarnya yang asri juga akan membuat destinasi wisata yang terletak di Kabupaten baru ini menjadi sangat tren di Sulawesi Selatan. Terdapat juga air terjun yang memiliki panorama alam natural, juga sangat cocok bagi masyarakat yang memiliki jiwa petualang.

6. Lemo dan Londa

Lemo dan Londa merupakan salah satu pemakaman terkenal lantaran memiliki pemandangan yang tidak lazim dan menjadi alasan utama mengapa wisata kubur batu di Tana Toraja ini harus masuk ke dalam list kunjungan di daerah Sulawesi Selatan. Pemakaman Lemo adalah pekuburan di tebing batu di Tana Toraja. Dengan nuansa yang cukup menyeramkan serta kental akan kemistisan, namun menyuguhkan pemandangan yang amat eksotis.

 

3 dari 5 halaman

Wisata di Makassar

7. Pantai Losari

Wisata di Makassar yang wajib dikunjungi oleh pengunjung adalah Pantai Losari. Pantai ini adalah salah satu ikon kota Makassar terbaru dan paling hits, serta dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati matahari terbenam. Pantai losari juga menyajikan berbagai kegiatan yang menyenangkan bagi pengunjung. Di wisata Makassar ini pengunjung bisa memancing, naik banana bots serta sepeda air. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise.

8. Benteng Fort Rotterdam

Salah satu tempat wisata di Makassar yang cukup ikonik adalah Benteng Fort Rotterdam. Benteng Fort Rotterdam didirikan tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' Kallonna. Benteng yang awalnya berfungsi untuk markas pasukan katak Kerajaan Gowa-Tallo, sekarang telah menjadi destinasi wisata sejarah di Makassar. 

9. Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Pegunungan Karst Rammang Rammang merupakan tempat wisata di Makassar yang paling hits yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada sekitar 40 km dari Kota Makassar atau bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama 1,5 jam. Karst Rammang-Rammang merupakan pegunungan kapur terluas kedua di dunia setelah Batu Tsingy di Madagaskar. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang menawan, membuat pengunjung bisa mengambil banyak foto menarik untuk diunggah di media sosial.

10. Taman Prasejarah Leang-Leang, Maros

Tempat wisata wisata di Makassar berikutnya adalah Taman Prasejarah Leang-Leang, Maros. Sesuai dengan namanya, pengunjung bisa melihat hasil karya manusia pada zaman purba, seperti hasil gambar tangan dan rusa yang ada pada dinding goa. Tempat ini menjadi salah satu rekomendasi wisata edukasi yang cocok untuk keluarga. Selain itu, para pengunjung bisa menikmati pemandangan artistik, gua, dan bebatuan raksasa yang bisa menjadi latar belakang foto unik dan menarik.

11. Air Terjun Leang Pa’niki

Wisata di Makassar selanjutnya adalah Air terjun Leang Pa’niki. Tempat ini merupakan tempat wisata di Makassar yang menyuguhkan panorama indah. Selain itu, tempat ini juga menawarkan suasana yang tenang untuk bersantai, sambil melepas penat.  Air yang mengalir sangat segar dan dingin, sangat cocok untuk kamu mandi. Lokasi tempat ini  berada di Rannaloe, Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

12. Taman Nasional Bantimurung

Di Taman Nasional Bantimurung, terdapat beberapa objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan seperti karst, pemandian alam, pengawasan satwa, serta gua. Tempat wisata di Makassar ini memiliki luas kurang lebih mencapai 43 ribu hektare dengan ekosistem dan kekayaan alam yang luar biasa. Taman Nasional Bantimurung juga dikenal sebagai The Kingdom of Butterfly, karena tempat ini terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu.

4 dari 5 halaman

Wisata di Makassar

13. Pulau Samalona

Wisata di Makassar selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Pulau Samolana. Tempat ini terletak di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Destinasi wisata di Makassar ini terkenal dengan alamnya yang eksotism, khususnya keindahan bawah lautnya. Pemandangan bawah laut Pulau Samalona bahkan sudah terkenal hingga mancanegara.

14. Bendungan Parigi

Tempat wisata di Makassar selanjutnya adalah Bendungan Parigi. Bendungan Parigi bisa pengunjung temui saat berada di Desa Asana, Parigi, Tinggi Moncong, Gowa.  Kucuran air yang mengalir dengan bentuk bangunan bertingkat bisa menjadi spot foto khas pengunjung Bendungan Parigi. Selain foto-foto, pengunjung juga bisa berendam sambil bermain air. Di samping bendungan, terdapat bukit hijau yang mengelilingi membuat suasana tempat ini asri dan rindang. 

15. Benteng Somba Opu

Salah satu lagi benteng yang menjadi tempat wisata di Makassar yang wajib untuk dikunjungi adalah Benteng Somba Opu. Benteng ini merupakan benteng peninggalan Kerajaan Gowa yang berlokasi di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dulunya tempat wisata ini berfungsi sebagai pusat perdagangan. Namun hingga kini Benteng Somba Opu menjadi objek wisata bersejarah dengan beberapa bangunan rumah adat Sulawesi Selatan.

16. Pulau Kadingareng Keke

Pulau Kadingareng Keke merupakan salah satu wisata di Makassar yang cukup populer, dan banyak orang menyebut tempat ini sebagai surga tersembunyi di Makassar. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Pantai Losari. Hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 14 km, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah dengan hamparan air laut biru yang jernih. Jika ingin berlibur di pulau ini, kamu perlu menyiapkan bekal makanan dan minuman karena tidak ada orang yang berjualan di pulau tak berpenghuni ini.

17. Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang merupakan salah satu tempat yang wajib untuk para wisatawan kunjungi, ketika menghabiskan waktu liburan di Makassar.  Salah satu daya tarik pulau ini yakni spot diving, sehingga pengunjung bisa snorkeling sambil melihat keindahan bawah laut Pulau Kapoposang. Apabila pengunjung ingin bermalam di Pulau Kapoposang, ada penginapan yang hanya dibandrol dengan harga Rp 150.000 per malam. 

18. Air Terjun Bissappu, Bantaeng

Air Terjun Bissappu, Bantaeng adalah tempat wisata di Makassar yang juga tidak boleh dilewatkan. Jika Kamu menyukai pemandangan curug atau air terjun yang menyegarkan, ini bisa menjadi pilihan ketika sedang berkunjung ke kota Makassar. Kamu bisa menikmati keasrian lingkungan yang masih terjaga di tempat wisata ini. Terdapat juga banyak bebatuan sungai yang ada di sekeliling air terjun, juga memiliki suasana asri yang semakin menambah kenyamanan tersendiri.

19. Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala merupakan salah satu wisata di Makassar, dengan lokasi di Bonto Lerung, Tinggimoncong, Gowa. Bermodal Rp 3.000,- pengunjung sudah bisa menikmati suasana juga bermain air sepuasnya disini. Jika lupa membawa makanan, tersedia deretan warung yang menjual makanan-makanan ringan dan juga minuman segar. Air yang jernih dengan derasnya air terjun dari ketinggian 109 meter, bisa menjadi spot foto pengunjung. 

5 dari 5 halaman

Wisata di Makassar

20. Pantai Seruni

Wisata di Makassar selanjutnya yang wajib dikunjungi oleh pengunjung adalah Pantai Seruni yang berada di Kabupaten Bantaeng. Tempat wisata ini menjadi destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan, serta merupakan hasil reklamasi sepanjang 1,5 kilometer.

Nama Seruni juga diambil dari nama sebuah bunga, yaitu bunga seruni yang memiliki arti emas. Tempat wisata di Makassar ini memiliki pemandangan yang cukup indah juga suasana pantai yang tenang dan eksotis. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur tanpa keramaian. Pengunjung juga bisa menikmati  hamparan pasir putih serta air laut yang tenang.

21. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira merupakan wisata di Makassar yang terkenal dengan pasir putih yang halus dengan air laut yang biru. Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba, sekitar 200 km dari Kota Makassar. Destinasi wisata di Makassar ini telah dilengkapi fasilitas berupa penginapan seperti villa, hotel, bungalow dan restoran. Di sini pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, kalian juga dapat melihat keindahan dua pulau yang ada di depannya yaitu pulau Liukang Loe dan pulau yang tidak berpenghuni.

22. Pantai Punaga

Pantai Punaga merupakan salah satu wisata di Makassar yang terletak di Desa Barugaya, Kabupaten Takalar. Pantai ini merupakan tempat wisata yang cukup indah, karena memiliki air yang sangat jernih. Pantai ini juga cocok bagi pengunjung yang suka dengan kegiatan snorkeling, berenang, juga memancing. Pantai ini memiliki tebing yang mirip dengan Pantai Tanah Lot yang berada di bali, namun pengunjung harus waspada, karena di sini memiliki batu karang yang sangat tajam juga licin.

23. Pantai Tete Tonra

Pantai Tete adalah wisata di Makassar yang terletak di Kabupaten Bone. Pantai berpasir putih ini tidak pernah sepi dari wisatawan. Pantai Tete merupakan saksi bisu peristiwa bersejarah angkatan bersenjata di Sulawesi Selatan. Pesona pasir putih ini semakin sempurna saat air laut akan mulai surut, karena akan terlihat sebuah jalan setapak selebar 3-6 meter sepanjang 1 kilometer terbuka menghubungkan bibir pantai dengan pulau tak berpenghuni di timur Pantai Tete.

24. Air Terjun Tamalulua

Air terjun selanjutnya merupakan Tama'lulua yang begitu populer di Sulawesi Selatan. Debit air yang besar dan jatuh dari atas ketinggian di atas rata-rata membuat air terjun ini terlihat sangat istimewa. Air terjun ini terletak di Bontomanai, Rumbia, Kabupaten Jeneponto. Alamnya yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang ke tempat wisata di Makassar ini. Tempat ini juga memiliki pepohonan yang hijau serta rimbun, sehingga membuat perjalanan ke lokasi akan terasa sangat mengasyikan dan membuat pikiran menjadi segar.

25. Pantai Panrang Luhu

Wisata di Makassar selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Panrang Luhu. Pantai ini terletak di Kabupaten Bulukumba, serta memiliki jarak dari pusat kota sekitar 37 km. Pesona keindahan tempat wisata di Makassar ini tak kalah dari Tanjung Bira apalagi dikunjungi sore hari saat matahari terbenam. Terlepas dari namanya yang sedikit seram, pantai ini menawarkan nuansa alami yang memanjakan mata. Pohon kelapa yang berjejer rapi di pesisir pantai menambah kesan alami pada pantai ini. Pantai ini juga dikenal sebagai  tempat penghasil kapal phinisi. 

26. Pantai Apparalang

Pantai Apparalang merupakan salah satu objek wisata di Tanjung Bira dengan memiliki tebing karang yang sangat unik. Banyak orang mengatakan pantai ini mirip dengan Raja Ampat Papua. Saat berada di sini pengunjung bisa menikmati pantai, juga menaiki menara biru yang menjulang tinggi agar bisa menikmati keindahan air laut yang biru dan karang yang berada di antara air laut dan bebatuan. Pantai ini berada di balik tebing bebatuan yang menjulang tinggi, sehingga akan sangat indah jika kamu bisa mengabadikan momen saat berada di sini. 

27. Pantai Marumasa

Bicara tentang pantai di Kabupaten Bulukumba, tidak ada habisnya. Wisata di Makassar dengan nuansa pantai ini,  memiliki keindahan karang yang mengarah ke laut. Tempat wisata di Makassar ini memiliki panjang kurang lebih 150 meter, serta memiliki banyak spot foto menarik, mulai dari spot yang berbentuk hati, bunga matahari, ayunan, sepeda ontel, rumah adat, dan masih banyak lagi spot foto dengan latar birunya air laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.