Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Kerjasama Internasional? Ketahui Bentuk dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan kerjasama internasional adalah suatu hubungan atau interaksi, baik antara negara dengan negara, atau suatu lembaga di suatu negara dengan negara lain untuk mencapai tujuan tertentu.

Setiap negara tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan pemerintah dan warganya sendiri. Karena itulah setiap negara terdorong untuk melakukan kerjasama internasional agar masyarakatnya sejahtera.

Apa yang dimaksud dengan kerjasama internasional tentunya harus memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh negara yang saling bekerja sama. Selain itu, kerjasama internasional diharapkan dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi pihak-pihak yang terlibat.

Apa yang dimaksud dengan kerjasama internasional akan dibahas lebih lanjut mulai dari prinsip, tujuan, dan manfaatnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Prinsip dan Tujuan Kerjasama Internasional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kerjasama internasional harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati masing-masing pihak. Dengan begitu apa yang dimaksud dengan kerjasama internasional pat mencapai tujuan dan memberikan manfaat bersama.

Berikut adalah prinsip-prinsip kerjasama internasional:

1. Tidak mencampuri adanya urusan pribadi dari negara lain.

2. Guna mewujudkan tatanan dunia baru dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

3. Berlandaskan politik luar negeri bebas aktif. Saling menguntungkan.

4. Ditujukan untuk kepentingan nasional.

Adapun tujuan dari kerja sama internasional adalah sebagai berikut:

1. Mempererat hubungan persahabatan

Menjalin hubungan kerjasama internasional nantinya akan berdampak pada eratnya persahabatan antara negara-negara yang saling melakukan kerja sama. Hal ini mampu menghindari permusuhan antar negara-negara yang mengikuti kerjasama.

2. Menciptakan perdamaian dunia

Satu di antara dampak kerja sama internasional adalah terciptanya perdamaian dunia. Dengan begitu, kekerasan dan peperangan antarnegara yang melakukan kerjasama tidak akan terjadi. Jadi, kerjasama internasional ini bertujuan agar semua negara di seluruh dunia dapat mencapai perdamaian.

3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi setiap negara

Satu di antara tujuan menjalin kerjasama internasional adalah untuk menunjang serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Diharapkan dengan adanya kerja sama internasional, negara di dunia akan maju secara merata dalam berbagai bidang, mulai teknologi, ekonomi, pendidikan, dan masih banyak lagi.

4. Melengkapi kebutuhan negara

Tujuan kerjasama internasional lainnya adalah guna melengkapi kebutuhan negara. Seperti diketahui, tiap negara mempunyai iklim serta keadaan alam yang berbeda-beda. Hal ini termasuk kondisi geografisnya, yang akan mengakibatkan kebutuhan pada setiap negara juga berbeda.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kerjasama Internasional

Adapun yang dimaksud dengan kerjasama internasional tentunya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masing-masing pihak yang terlibat.

Berikut adalah manfaat kerjasama internasional yang didapat oleh pihak yang terlibat:

1. Bidang Ideologi. Memunculkan rasa saling menghormati, meski tetap memiliki perbedaan pada bagian landasan atau falsafahnya.

2. Bidang politik. Di dalam politik, kerjasama internasional akan membuat negara bersama-sama saling berorientasi pada kepentingan nasionalnya masing-masing.

3. Bidang ekonomi. Kerjasama internasional yang terjalin akan membuat negara saling menguntungkan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui proses ekspor serta impor.

4. Bidang sosial budaya. Dapat membuat antarnegara menjadi saling melengkapi. Akan tetapi, tetap berpedoman pada kepribadian yang sudah dimiliki oleh masing-masing negara.

5. Bidang pertahanan dan keamanan. Dapat melakukan pelatihan militer bersama guna meningkatkan kualitas keamanan serta pertahanan suatu negara.

6. Bidang pendidikan. Dapat dilakukan pertukaran pelajar dan mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk menimba ilmu sehingga pada nantinya akan membawa dampak positif bagi negara.

4 dari 4 halaman

Bentuk Kerjasama Internasional

Bentuk-bentuk kerjasama internasional pun dibedakan berdasarkan pihak yang terlibat dan cakupan wilayahnya.

Kerjasama bilateral

Kerjasama bilateral adalah kerja sama yang dijalin oleh dua negara atau lebih, biasanya didasari oleh hubungan baik dan manfaat yang saling menguntungkan. Misalnya kerjasama pada sektor ekonomi atau pariwisata.

Kerjasama regional

Sedikit berbeda dengan kerjasama bilateral, kerja sama regional adalah suatu bentuk kerjasama antarnegara di mana negara-negara tersebut berada dalam satu wilayah atau satu kawasan saja.

Misalnya negara-negara yang ada di Asia Tenggara, yang tergabung dalam kelompok ASEAN. Sektor kerja sama yang dilakukan biasanya pada sektor pertahanan, politik, dan ekonomi.

Kerjasama multilateral

Kerjasama ini merupakan kerjasama yang dilakukan oleh lebih dari dua negara dan tidak terbatas pada status negara serta wilayah negara tersebut.

Anggota yang mengikuti kerjasama ini dibagi menjadi dua tipe, yaitu anggota aktif dan anggota utama. Contoh kerjasama pada hal ini adalah Organisasi Konferensi Islam yang sering kita sebut dengan OKI.

Bentuk kerja sama yang berbeda-beda juga memberikan manfaat yang baik dalam kerjasama internasional.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS