Sukses

16 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Gusi bengkak adalah salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang banyak orang. Meskipun pada umumnya ini bukan merupakan permasalahan yang serius, akan tetapi gusi bengkak dapat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami.

Gusi bengkak dapat membuat mulutmu menjadi tidak nyaman dan juga terasa nyeri atau sakit. Saat bengkak, gusi juga menjadi lebih mudah berdarah. Rasa sakit dan nyeri yang dirasakan saat gusi bengkak dapat membuat orang menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi dan bahkan sulit makan. Akan tetapi, janganlah khawatir karena ada berbagai cara menyembuhkan gusi bengkak yang mudah dan sederhana yang dapat kamu lakukan di rumah.

Cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami dapat kamu lakukan dengan menggunakan berbagai bahan-bahan sederhana seperti air garam, lemon, bawang putih, dan lainnya. Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut, kamu dapat menerapkan cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami sebagai bentuk pertolongan pertama untuk mengatasi permasalahan ini.

Berikut ini dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022) cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami yang mudah dan sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Penyebab Gusi Bengkak

1. Infeksi Jamur atau Virus

Penyebab gusi bengkak yang pertama adalah infeksi jamur atau virus. Infeksi yang terjadi di mulut ini dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan membuatnya membengkak. Salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan permasalahan ini adalah virus herpes. Sementara itu, infeksi jamur di mulut dapat menyebabkan sariawan dan membuat gusi menjadi bengkak.

2. Buruknya Kebersihan Mulut

Salah satu penyebab gusi bengkak yang paling sering terjadi ialah mulut yang kotor. Saat kita makan, biasanya ada makanan yang menyelip atau terperangkap di gigi dan garis gusi. Kalau sisa makanan di mulut ini tidak dibersihkan dengan baik maka hal tersebut dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan di gusi.

3. Gigi Berlubang

Kuman dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan membuatnya berlubang. Jika gigi berlubang tidak segera ditangani dan diobati, maka permasalahan ini dapat merambat ke gusi. Hal ini akan menyebabkan gusi menjadi sakit dan bengkak.

4. Kurangnya Asupan Nutrisi

Asupan berbagai macam vitamin yang mencukupi dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, khususnya vitamin B dan C. Bila seseorang kekurangan asupan nutrisi ini, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan di gigi dan gusi, termasuk membuat gusi menjadi bengkak.

5. Abses Gigi

Saat terjadi infeksi bakteri di mulut, maka akan muncul kumpulan nanah yang terbentuk di dalam gigi dan juga struktur di sekitarnya. Kumpulan nanah ini disebut sebagai abses gigi. Abses gigi dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi dan membuat area di sekitar gigi menjadi kemerahan.

3 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak

1. Air Garam

Air Garam adalah salah satu cara menyembuhkan gigi bengkak secara alami yang mudah untuk kamu coba sendiri di rumah. Pasalnya, air garam mengandung antiseptik yang dapat membantu memusnahkan bakteri di mulut. Kamu cukup larutkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat lalu menggunakannya untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Kamu perlu melakukannya sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Kumur larutan air garam dapat membantumu untuk menyembuhkan fifi bengkak sekaligus meredakan rasa nyeri yang kamu alami.

2. Lemon

Cara menyembuhkan gusi bengkak yang selanjutnya ialah dengan menggunakan lemon. Di dalam lemon terkandung antibakteri yang dapat membantumu untuk membunuh bakteri yang menyebabkan gigimu bengkak. Selain itu, lemon adalah sumber alkali alami yang dapat membantumu untuk menyeimbangkan kadar pH di mulutmu. Sama seperti air garam, cara menyembuhkan gusi bengkak dengan menggunakan lemon adalah dengan melarutkan air perasan lemon dengan segelas air hangat dan menggunakannya untuk berkumur.

3. Teh

Di dalam teh terdapat kandungan ellagitannin, sebuah polifenol yang memiliki kemampuan antioksidan dan anti-peradangan yang kuat. Kandungan ini dapat membunuh bakteri yang mengiritasi gusi serta meredakan rasa sakit di gusi yang kamu rasakan. Cara menyembuhkan gusi bengkak dengan menggunakan teh cukup mudah. Kamu cukup merendam satu kantung teh di dalam air mendidih selama beberapa menit lalu angkat dan dinginkan sejenak. Setelah itu, oleskanlah teh tersebut ke gusi yang bengkak selama kurang lebih 5 menit.

4. Es Batu

Kamu dapat mengkompres gusimu sebagai salah satu cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami yang efektif. Dengan mengkompres gusimu yang bengkak menggunakan es, maka rasa sakit yang kamu rasakan akan reda. Caranya adalah dengan memasukkan beberapa butir es batu ke dalam kamtong plastik lalu membungkusnya dengan selembar kain bersh. Tempelkan es batu tersebut ke gusimu yang bengkak dan sakit selama kurang lebih 15 menit.

 

4 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang kaya akan kandungan antiseptik dan antiinflamasi.. Kedua kandungan ini membuat kunyit dapat digunakan sebagai salah satu cara menyembuhkan gusi sakit. Caranya adalah mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air sampai menjadi pasta. Setelah itu, gosoklah gigimu terlebih dahulu lalu oleskan pasta kunyit pada gusi yang bengkak dan diamkan selama kurang lebih 20 hingga 25 menit. Kemudian, bersihkan mulutmu dengan cara berkumur menggunakan air hangat.

6. Jahe

Jahe kaya akan kandungan antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat kamu membantumu sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak. Jahe juga mengandung berbagai macam senyawa aktif seperti gingerol yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Rasa hangat yang diberikan oleh jahe juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di gusi dan merangsang aliran air liur. Cara menyembuhkan gusi bengkak menggunakan jahe adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu lalu mencampurnya dengan garam hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut di gusimu yang bengkak lalu diamkanlah selama kurang lebih 10 menit sebelum membilasnya sampai bersih dengan air.

7. Lada

Lada mengandung antibakteri, anti-inflamasi, serta properti analgesik yang datap membantumu untuk mengobati gusi bengkak. Cara menyembuhkan gusi bengkak menggunakan lada adalah dengan mencampurkan lada bubuk dengan garam dan sedikit air hingga menjadi pasta lalu mengolseskannya di gusi yang bengkak selama beberapa menit. Setelah itu, bilaslah mulutmu dengan air hingga bersih.

8. Cengkeh

Cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami yang selanjutnya ialah dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh memiliki kandungan antivirus dan antioksidan yang dapat mengatasi plak serta peradangan secara efektif. Caranya adalah dengan menghaluskan satu sendok cengkeh terlebih dahulu lalu campurlah dengan sedikit air. Oleskan campuran tersebut pada gusi yang bengkak dan diamkan selama kurang lebih satu menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih. Kamu juga bisa mengobati gusi bengkak dengan mengoleskan minyak cengkeh di gusimu yang bengkak lalu diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Lidah Buaya

9. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tumbuhan yang terkenal memiliki beragam khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan, termasuk sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak. Gel yang terdapat di dalam daun lidah buaya memilii kandungan antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat membantumu untuk mengatasi permasalahan ini. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya secara langsung ke gusimu yang sakit ataupun dengan menggunakan jus gel lidah buaya untuk berkumur.

10. Minyak Serai

Cara menyembuhkan gusi bengkak berikutnya adalah dengan menggunakan minyak serai. Minyak ini dapat membantumu untuk mengurangi plak dan gingivitis yang menjadi penyebab gusi bengkak. Caranya adalah dengan melarutkan 2-3 tetes minyak serai dengan segelas air lalu gunakanlah untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Lakukan secara rutin dan teratur sebanyak 2 kali sehari supaya efektif.

11. Tea Tree Oil

Selain minyak serai, kamu dapat menggunakan tea tree oil sebagai salah satu cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami. Minyak ini dapat membantumu dalam pengobatan sakit gigi, periodontitis, dan infeksi mulut. Sama seperti minyak serai, cara menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan melarutkan 2-3 tetes tea tree oil dengan segelas air lalu menggunakannya untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Kamu juga bisa meneteskan minyak ini ke pasta gigi yang kamu gunakan untuk menggosok gigi.

12. Daun Jambu Biji

Cara menyembuhkan gusi bengkak yang selanjutnya ialah dengan menggunakan daun jambu biji. Di dalam daun ini terdapat kandungan antibakteri dan antimikroba yang dapat membantumu untuk membersihkan mulutmu dari berbagai macam bakteri, visrus, dan jamur yang dapat menyebabkan gusi bengkak. Caranya adalah dengan merebus daun jambu biji dengan air scukupnya lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk berkumur sebanyak dua kali sehari.

6 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak

13. Bawang Putih

Bawang Putih dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami yang efektif. Pasalnya, di dalam bawang putih terdapat kandungan antimikroba dan antiseptik, yang dapat membantu membersihkan mulut dan meredakan rasa sakit. Selain itu, di dalam bawang putih juga tedapat kandungan antioksidan yang kuat yang dapat membantumu untuk mengurangi rasa sakit. Cara menyembuhkan gusi bengkak dengan bawang putih adalah dengan mengunyahnya secara langsung.

14. Bawang Merah

Kamu juga dapat menggunakan bawang merah sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak. Sama seperti bawang putih, bawang merah juga mengandung antimikroba dan antiseptik yang dapat membantumu membersihkan mulut dan meredakan rasa sakit. Kamu dapat menumbuh satu butir bawang merah hingga halus lalu mencampurnya dengan satu sendok teh garam. Oleskanlah campuran tersebut ke gusimu yang sakit. Selain itu, kamu juga dapat mengiris bawang merah lalu menempelkannya di gusi yang bengkak.

15. Belimbing Wuluh

Cara menyembuhkan gusi bengkak yang selanjutnya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh mengandung antibakteri yang dapat membasmi bakteri di mulut yang menyebabkan gusi bengkak. Cara menggunakan belimbing wuluh untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan menumbuk dua buah belimbng wuluh yang belum matang sampai halus. Setelah itu, oleskanlah ke gusimu yang bengkak.

16. Asam Jawa

Asam jawa memiliki kandungan antiseptic alami. Kandungan ini dapat membantumu untuk membersihkan mulut dan juga mengobati gusi bengkak. Cara menyembuhkan gusi bengkak menggunakan asam jawa adalah dengan menyangrai bijinya terlebih dahulu lalu menempelkannya ke gusi yang sakit.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS