Sukses

22 Tempat Wisata di Aceh Paling Populer, Cuilan Surga di Ujung Barat Indonesia

Tempat wisata di Aceh yang populer terdiri dari pulau, pantai, bukit, hingga air terjun, semua tentu memiliki daya tarik tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Aceh wajib untuk dikunjungi bagi anda yang sedang berlibur. Aceh adalah provinsi di ujung Pulau Sumatera yang memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata bahari sampai wisata alam. Aceh memiliki julukan bumi Serambi Mekkah.

Tempat wisata di Aceh ada beragam dan sayang untuk dilewatkan. Keindahan alam yang memesona  dan memikat membuat kota ini menjadi destinasi wisata yang populer dikalangan wisatawan lokal hingga mancanegara.

Tempat wisata di Aceh yang populer terdiri dari pulau, pantai, bukit, hingga air terjun, semua tentu memiliki daya tarik tersendiri. Tempat wisata di Aceh akan memberikan kamu pengalaman seru yang tidak akan pernah terlupakan. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Aceh paling populer yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Aceh Paling Populer

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman ini adalah ikon utama dari Banda Aceh. Letak dari masjid ini ada di pusat kota Provinsi Aceh. Selain menjadi tempat ibadah bagi umat muslim, masjid ini merupakan saksi bisu dari perlawanan masyarakat Aceh terhadap para penjajah serta sebuah symbol dari masa kejayaan kesultanan Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman ini dibangun pada tahun 1612 dan menjadi benteng pertempuran untuk masyarakat Aceh dalam melawan penjajah Belanda. Namun bangunan masjid yang pertama kali dibangun sempat hancur pada tahun 1879. Pada tahun 2004, masjid ini menjadi salah satu bangunan yang masih kokoh berdiri walau diterjang tsunami yang sangat hebat pada waktu itu, dan masih bertahan hingga sekarang.

2. Pulo Aceh

Di Kecamatan Pulo Aceh, kamu bisa menemukan berbagai tempat wisata di Aceh berupa pantai yang indah dan eksotis. Banyak pantai di Kecamatan ini seperti Pantai Nipah, Pantai Deumit, Pantai Dudap, Pantai Alue Reuyeng, Pantai Pasi Raya, Pantai Meulingge, Pantai Balu, Pantai Alue Raya, Pantai Pasi Lambaro, Pantai Mata-ie, Pantai Krisek, Pantai Lapeng dan masih banyak lagi. Tentunya satu hari tidak cukup untuk mengunjungi semua pantai yang ada di Kecamatan Pulo Aceh. Di pantai-pantai ini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut dengan snorkeling. Terumbu karang dan biota laut ini masih terjaga dan beragam.

3. Kapal Apung Lampulo

Tempat wisata di Aceh selanjutnya yaitu Kapal Apung Lampulo.  Kapal Apung Lampulo merupakan salah satu jejak dahsyatnya tsunami yang menimpa Aceh pada tahun 2004 silam, dan merupakan  monumen PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Apung 1. Kapal apung PLTD dengan berat 2.600 ton ini terseret ombak tsunami dari wilayah perairan Ulee Lheue yang memiliki jarak sejauh lima kilometer hingga akhirnya terdampar di pusat Kota Banda Aceh.

4. Museum Tsunami

Museum Tsunami di pusat Kota Banda Aceh menjadi pengingat sekaligus monumen penghargaan bagi orang-orang yang telah berjuang untuk bertahan hidup dan berjuang melawan tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004. Museum ini dibuka gratis untuk umum. Tempat wisata di Aceh ini bisa melihat foto-foto serta kisah warga yang selamat dan keadaan tsunami pada waktu itu. Di sini juga terdapat daftar nama-nama korban dari bencana ini.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Aceh Paling Populer

5. Air Terjun Peukan Biluy

Tempat wisata di Aceh juga ada yang berupa air terjun. Lokasinya berada di hulu sungai Seunong Bate Doeng. Dalam perjalanan dari Banda Aceh ke air terjun ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan desa, sawah, hingga bukit barisan yang sangat menakjubkan. Jadi, selain menikmati kesegaran air terjunnya, kamu juga bisa memancing di area hilir air terjun. Bahkan, ada spot menarik di atas air terjun yang dipenuhi padang rumput kecil yang sangat indah.

6. Masjid Kupiah Meukotop

Masjid Kupiah Meukotop merupakan tempat ibadah umat Islam yang terletak di Jalan Teuku Umar. Masjid ini memiliki nama resmi Masjid Besar Baitul Musyahadah. Namun, karena bentuk atapnya yang mirip kupiah, banyak masyarakat yang menyebutnya Masjid Kupiah Meukotop.

Selain itu, karena lokasinya yang berada di Jalan Teuku Umar maka sebagian masyarakat pun menyebutnya Masjid Teuku Umar. Keunikan utama masjid yang juga wisata religi di aceh ini memang bentuk atapnya yang menyerupai Kupiah Meukotop, topi tradisional aceh. Tidak cuma atap masjid, namun pagar pintu masjid juga dilengkapi dengan bentuk Kupiah Meukotop.

7. Bukit Lamreh Ujung Kelindu

Ujung Kelindu menyajikan pemandangan tebing berpantai yang indah. Tempat wisata di Aceh ini juga berada tidak jauh dari Pantai Lhok Mee. Selain bagian tebing, kamu juga bisa menghampiri bagian Tanjung Ujung Kelindu yang tidak kalah indahnya. Pesona air laut hijau yang berpadu dengan bukit savanna yang memukau memberikan warna kontras yang cantik. Meski kamu perlu menghabiskan waktu lebih dari satu jam dalam perjalanan, rasa lelah yang kamu alami akan terbayar saat kamu berhasil mencapai tempat ini.

8. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga merupakan salah satu tempat wisata d Aceh berupa pantai yang tidak boleh dilewatkan. Pantai ini terkenal sebagai lokasi surfing dan memancing yang menyenangkan. Bahkan, ombak Pantai Lhoknga memang lebih besar dan telah dikenal luas di kalangan komunitas selancar internasional. Pantai ini juga menjadi salah satu spot favorit untuk menikmati sunset di Aceh.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Aceh Paling Populer

9. Museum Rumah Cut Nyak Dien

Tempat wisata di Aceh selanjutnya yaitu Museum Rumah Cut Nyak Dien. Lokasi dari Rumah Cut Nyak Dien ini berada sekitar 10 kilometer dari Banda Aceh, tepatnya di Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Museum rumah ini hanya sebuah replica dari bentuk asli rumah Cut Nyak Dien, karena rumah yang benar-benar asli sudah dibakar habis oleh pihak penjajah belanda pada tahun 1896. Lalu, rumah tersebut dibangun kembali pada tahun 1987 dan menjadi musem.

10. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan untuk melepas lelah. Tempat wisata di Aceh ini memiliki arus yang tenang dan menyediakan fasilitas hiburan yang lengkap. Kamu juga bisa menikmati menu jagung bakar yang banyak dijual di sepanjang pantai sambil menikmati senja yang indah.

11. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Danau ini memiliki luas sekitar 5.400 hektar dan panjangnya kurang lebih 3.219 kilometer. Di tempat wisata di Aceh ini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan juga menikmati berbagai fasilitas yang disediakan di sana. Kamu bisa bermain air, menaiki kapal, memancing, dan masih banyak lagi.

12. Pantai Lhokmee

Pantai Lhokmee merupakan salah satu tempat wisata di Aceh berupa pantai dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Ciri khas pantai ini yaitu pepohonan yang tumbuh dari dalam air yang dikenal dengan nama pohon Geurumbang. Menikmati udara pantai di atas pohon tentunya sangat menenangkan. Di pantai Lhokmee kamu juga bisa snorkeling, karena airnya yang jernih.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Aceh Paling Populer

13. Bukit Lhok Eumpe

Tidak hanya pantai, kamu juga bisa menikmati area perbukitan di pinggiran Kota Banda Aceh. Bukit Lhok Eumpe merupakan tempat wisata di Aceh yang terletak di Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar, kurang lebih 10 km dari Banda Aceh. Di puncak bukit kamu akan disuguhkan padang savana serta pemandangan bukit barisan yang indah.

14. Museum Aceh

Tempat wisata di Aceh selanjutnya berbau sejarah, yaitu Museum Aceh. Museum Aceh telah didirikan sejak tahun 1915 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Bangunan utama dari museum ini berbentuk seperti Rumoh Aceh atau rumah adat Aceh yang penuh dengan nilai-nilai filosofi Islam. Di tempat wisata di Aceh ini kamu juga akan menemukan banyak peninggalan-peninggalan bersejarah dan juga artefak-artefak kuno.

15. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk merupakan jenis pantai pasir putih yang memiliki pepohonan pinus cukup rindang. Salah satu yang membuat wisatawan tertarik mengunjungi pantai ini karena adanya ombak yang bagus. Ombak di Pantai Lampuuk bahkan dijadikan spot turis domestik dan mancanegara untuk surfing. Selain itu, pantai ini juga memiliki wahana permainan air seperti banana boat dan juga terdapat konservasi penyu.

16. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer adalah salah satu tempat wisata di Aceh paling populer. Ini merupakan titik terujung Indonesia, atau yang biasa disebut juga dengan titik nol Indonesia. Biasanya wisatawan akan berfoto mengabdikan kenangan mereka karena pernah menginjakkan diri di tempat terujung Indonesia. Lokasinya berada di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.

17. Pucok Krueng Raba

Pucok Krueng Raba lokasinya tidak jauh dari Banda Aceh, namun kamu perlu mengajak pemandu wisata untuk bisa ke sini. Pucoek Krueng merupakan sebuah kawasan di hulu sungai yang asri dengan tanaman yang tertata rapi. Sepanjang jalan menuju Pucok Krueng kamu akan menyaksikan pemandangan sawah yang meneduhkan.  Kamu juga bisa menyusuri Sungai Raba dari hilir ke hulu di tempat wisata di Aceh satu ini.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Aceh Paling Populer

18. Taman Ratu Safiatuddin

Taman Ratu Safiatuddin merupakan sebuah komplek rumah adat dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Aceh. Taman ini memiliki 23 rumah adat yang disertai dengan berbagai baju tradisionalnya. Oleh karena itu, taman ini memiliki julukan sebagai 'Taman Mininya Aceh'.

Lokasi dari taman ini ada di sebelah dari Kantor Gubernur Aceh, tepatnya di Jalan Teuku Nyak Arief Desa Lampriek, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Untuk bisa mengunjungi museum ini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

19. Benteng Indra Patra

Benteng Indra Patra merupakan salah satu wisata di Aceh berupa benteng peninggalan kerajaan Hindu Buddha di bumi serambi Mekah ini. Benteng ini bahkan telah dibangun sebelum Islam mewarnai tanah Rencong, yaitu diperkirakan pada abad ke-7 Masehi. Benteng yang paling besar memiliki bentuk kubah di atasnya, dan jika masuk ke dalam, kamu bisa menemukan sebuah sumur yang dulu digunakan untuk ritual keagamaan.

20. Monumen Seulawah

Monumen ini letaknya berada di Kota Banda Aceh, lebih tepatnya ada di Lapangan Blang Padang, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Untuk mencapai monumen ini dari pusat kota akan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Monumen ini adalah sebuah monumen yang menampilkan replika Pesawat Seulawah RI 001.

Pesawat tersebut merupakan pesawat terbang pertama milik Indonesia. Sedangkan pesawat yang asli berada di Taman Mini Indonesia Indah. Alasan mengapa pesawat ini menjadi salah satu monumen di Aceh yaitu, karena sumber pembuatan pesawat ini diperoleh dari sumbangan warga Aceh.

21. Masjid Keuchik Leumik

Selain Masjid Raya Baiturrahman juga terdapat Masjid Keuchik Leumik yang memukau. Bergaya Timur Tengah, Masjid Keuchik Leumik bahkan dilengkapi dengan pohon kurma di halaman depannya. Sesuai namanya, masjid ini dibangun oleh seorang wartawan, budayawan, sekaligus saudagar emas yaitu H. Harun Keuchik Leumik. Tempat ibadah umat Islam yang sudah menjadi wisata religi di Aceh ini berlokasi di Desa Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh.

22. Pulau Keluang

Tempat wisata di Aceh yang berikutnya adalah Pulau Keluang. Pulau ini berhadapan langsung dengan Gunung Gurute, Kecamatan Jaya, sekitar 78 km dari Banda Aceh ke Lamno. Untuk sampai ke lokasi, wisatawan bisa menyewa kapal nelayan milik warga sekitar. Wisatawan bisa menikmati keindahan pulau hingga bermalam di pulau ini. Terdapat dua rumah kayu yang bisa dijadikan tempat singgah. Pengunjung bisa juga membawa tenda pribadi. Pasir putih dan air biru sangat indah dinikmati bersama keluarga ataupun kerabat terdekat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.