Sukses

6 Penyebab Bau Kaki yang Tidak Sedap, Lengkap Cara Menghilangkannya

Penyebab bau kaki yang tidak sedap sering kali terjadi karena kebersihan yang kurang terjaga.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab bau kaki yang tidak sedap perlu untuk diketahui supaya dapat menghilangkan baunya dengan tepat. Bau kaki yang tidak sedap membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Dikutip dari Healthline, masalah bau kaki dikenal dengan istilah medis bromodosis. Bromodosis adalah kondisi di mana kaki Anda memproduksi keringat berlebihan dan kaki menjadi lembap sehingga muncul aroma tidak sedap.

Penyebab bau kaki yang tidak sedap sering kali terjadi karena kebersihan yang kurang terjaga. Selain itu, masih banyak faktor yang menjadi penyebab bau kaki tidak sedap. Untuk mengembalikan rasa percaya diri dan kenyamanan, maka anda juga harus mengetahui cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai penyebab bau kaki tidak sedap dan cara menghilangkannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Bau Kaki yang Tidak Sedap

1. Jarang Mengganti Kaus Kaki dan Sepatu

Jarang mengganti kaus kaki atau sepatu dan sering memakai sepatu yang pengap atau basah bisa membuat kaki menjadi lembap. Area kaki yang lembap itulah dapat memicu terjadinya pertumbuhan bakteri lebih banyak. Bakteri dan keringat yang menumpuk dapat menjadi penyebab bau kaki yang tidak sedap. 

Mengutip NCBI, pada kasus tertentu kondisi ini juga bisa memicu pitted keratolysis akibat Corynebacterium, Dermatophilus congolensis, atau Streptomyces. Adapun gejalanya berupa kulit telapak kaki berlubang kecil-kecil yang terkadang menyatu dan disertai nyeri, sensasi terbakar, serta berbau.

2. Kutu air

Kutu air, atau yang dikenal juga dengan nama athlete’s foot, disebabkan oleh infeksi jamur. Tak hanya para atlet, kondisi ini bisa menyerang siapa saja. Kutu air biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Anda pun jadi rentan mengalami berbagai masalah kaki lainnya, termasuk bau kaki.

3. Hiperhidrosis

Penyebab bau kaki yang tidak sedap yang lainnya adalah hiperhidrosis. Hiperhidrosis adalah kondisi ketika seseorang berkeringat secara berlebihan, bahkan terkadang tak berkaitan dengan aktivitas fisik maupun suhu panas. Kaki penderita hiperhidrosis pun bisa sangat basah dan lembap oleh keringat sehingga memicu timbulnya, terutama saat mengenakan sepatu.

3 dari 5 halaman

Penyebab Bau Kaki yang Tidak Sedap

4. Perubahan Hormon

Perubahan hormonal bisa menyebabkan bertambahnya produksi keringat. Kondisi ini umumnya terjadi pada masa pubertas maupun kehamilan. Tak heran, jika remaja dan ibu hamil lebih rentan mengalami bau kaki karena keringat yang berlebih.

5. Gangguan Stres

Setiap orang memiliki respons terhadap stres yang berbeda-beda. Mulai dari gatal-gatal, munculnya jerawat, pusing, hingga mual. Sebagian orang justru berkeringat secara berlebihan pada telapak tangan dan kakinya saat sedang stres. Hal tersebut disebabkan oleh pelepasan hormon kortisol yang memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat secara berlebihan. Banyaknya keringat tentu bisa menjadi penyebab bau kaki yang tak sedap.

6. Kuku yang Dipotong Terlalu Pendek

Selain masalah infeksi jamur dan gangguan kesehatan tertentu, penyebab bau kaki yang lainnya adalah kuku yang dipotong terlalu pendek atau dibiarkan terlalu panjang. Bau kaki juga bisa bersumber dari sepatu dan kaus kaki kotor serta lembap.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap

Melansir dari Health Liputan6, berikut terdapat beberapa cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap, yakni:

1. Rajin Mencuci Kaki dan Keringkan

Cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap adalah dengan rajin mencuci kaki dengan air dan sabun anti bakteri sekali dalam sehari. Gosok telapak kaki sampai kulit matinya hilang. Bisa dilakukan saat mandi pagi atau sore hari. Setelah selesai dicuci, pastikan mengeringkan dengan benar setiap bagiannya, termasuk sela jari-jari kaki. Bisa gunakan handuk khusus untuk keringkan kaki yang basah.

2. Potong Kuku Secara Rutin

Cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap selanjutnya adalah potong kuku kaki dengan benar, jangan terlalu pendek. Bersihkan secara rutin, jangan sampai ada kotoran yang masuk ke sela-sela kuku. Membiarkan kotoran sama bisa memicu bakteri berkembang.

3. Ganti Kaus Kaki Bersih Setiap Hari

Cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap selanjutnya adalah ganti kaus kaki bersih setiap hari. Pastikan selalu mengganti kaus kaki yang digunakan setiap hari. Bila sedang berada di lingkungan yang panas sehingga produksi keringat meningkat, sebaiknya ganti kaus kaki beberapa kali dalam sehari. Selain itu, pilihlah kaus kaki yang bahannya menyerap keringat dan memiliki kemampuan antibakteri.

4. Rendam Kaki dengan Air Garam

Cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap selanjutnya adalah dengan rendam kaki dengan air garam. Merendam kaki di air garam dapat membantu proses pembuangan sel-sel lama dan kotoran di kaki. Oleh karena itu, tindakan ini dapat membantu mengatasi bau kaki. Caranya, larutkan setengah cangkir garam dalam semangkuk air. Pastikan ukuran mangkuk sesuai untuk ukuran kaki. Rendam kaki dalam air garam selama 10–20 menit.

Apabila cara ini masih belum mampu mengatasi bau kaki yang anda alami, sebaiknya segera berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Ada kemungkinan bahwa bau kaki yang anda alami disebabkan oleh masalah kesehatan lain, yang membutuhkan penanganan medis.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap

5. Batasi Penggunaan Sepatu dalam Sehari 

Bila memungkinkan batasi penggunaan satu sepatu yang sama dalam sehari. Misalnya, anda dapat melepas sepatu sementara dan menggunakan sandal. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi kaki Anda untuk mengering, sehingga kemungkinan timbul bau kaki juga lebih kecil.

6. Gunakan Sepatu yang Tepat dan Ganti Secara Berkala

Cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap selanjutnya adalah menggunakan sepatu yang tepat dan menggatinya secara berkala. Gunakan sepatu dengan ukuran yang tidak terlalu ketat. Pastikan sepatu anda memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga menjaga kelembapan kaki. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan sepatu yang sama dua atau tiga hari berturut-turut. Hal ini agar sepatu yang sebelumnya dipakai bisa mengering dan bebas dari kelembapan tinggi. Pada proses ini, anda bisa mengeluarkan alas sepatu bagian dalam agar proses pengeringan berlangsung sempurna.

7. Cuci Sepatu secara Berkala

Cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap selanjutnya adalah mencuci sepatu secara berkala. Sepatu yang tepat dan nyaman saja tak cukup, anda juga perlu memastikan bahwa sepatu telah dicuci bersih secara berkala. Supaya kuman dan bakteri untuk menumpuk dan berkembangbiak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.