Sukses

Arti Dirgahayu dan Penggunaannya yang Benar di Hari Kemerdekaan

Liputan6.com, Jakarta Arti dirgahayu mungkin membuat penasaran sebagian orang. Pasalnya, istilah ini merupakan salah satu kata yang sering disebutkan di hari kemerdekaan Indonesia. Ucapan selamat hari kemerdekaan setiap 17 Agustus tidak lepas dari kata “dirgahayu” ini.

Dirgahayu merupakan istilah yang tentunya tidak selalu disebutkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu mungkin hanya mendengarkannya saat hari kemerdekaan saja. Hal ini menyebabkan banyak orang masih salah dalam menggunakannya.

Arti dirgahayu berkaitan dengan doa atau harapan untuk negara atau sebuah organisasi. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan hari jadi atau ulang tahun dari negara atau organisasi tersebut. Hal inilah yang membuat banyak orang menggunakannya setiap memperingati hari kemerdekaan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022) tentang arti dirgahayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Arti Dirgahayu

Sebagian orang mungkin masih menganggap atau memahami kalau arti dirgahayu adalah selamat hari ulang tahun”. Padahal arti dirgahayu bukanlah “selamat ulang tahun” seperti yang sebagian orang asumsikan tersebut. Tidak mengherankan banyak orang yang salah dalam penulisan dirgahayu saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Contoh kesalahan penggunaan kata dirgahayu seperti “Dirgahayu Republik Indonesia ke-71”, seakan-akan menganggap bahwa arti dirgahayu menjadi selamat ulang tahun.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, arti dirgahayu berkaitan dengan doa atau harapan serta ucapan selamat di hari ulang tahun. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dirgahayu adalah berumur panjang (biasanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadinya). Arti dirgahayu ini merujuk pada ungkapan doa dan harapan supaya bangsa Indonesia berumur panjang dan selalu sejahtera .

Jadi, dari KBBI kamu bisa melihat bahwa arti dirgahayu lebih ditujukan pada negara atau organisasi yang sedang berulang tahun atau memperingati hari terbentuknya. Hal inilah yang menyebabkan arti dirgahayu tidak begitu sering atau bahkan sangat jarang digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada seorang individu.

Selain itu, mengutip bkd.cilacapkab.go.id, menurut W.J.S. Poerwadarminta dirgahayu berasal dari sastra lama yang artinya (mudah-mudahan) berumur panjang, hidup!. Jadi, arti dirgahayu ini tidak seharusnya diikuti dengan angka. Penggunaan "Dirgahayu Republik Indonesia" lebih tepat dan pas digunakan daripada "Dirgahayu Republik Indonesia ke-71". Penulisan dirgahayu juga harus menghindari "HUT" atau "Hari Ulang Tahun" dan kata lain yang bisa membuatnya menjadi ambigu.

3 dari 4 halaman

Contoh Penulisan Dirgahayu yang Benar

Melansir bkd.cilacapkab.go.id, berikut contoh penulisan dirgahayu dan selamat HUT (Hari Ulang Tahun) bagi bangsa Indonesia yang benar:

1. “Dirgahayu Indonesia” atau “Dirgahayu Indonesiaku”

2. Dirgahayu RI

3. “Dirgahayu Republik Indonesia” atau “Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia”

4. “Selamat HUT ke-72 Republik Indonesia” atau “Selamat HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia”

5. “Selamat Hari Ulang Tahun ke-72 RI” atau “Selamat Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan RI”

6. "Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia” atau "Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia”

7. "Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 RI” atau "Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan RI”

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia

Berikut kata-kata dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia:

1. “Kemerdekaan bukanlah tanda untuk berhenti berjuang, tetapi tanda untuk berjuang lebih keras. Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia.”

2. "Mari kita ingat semua pahlawan masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita. Dirgahayu Republik Indonesia."

3. “Untuk setiap tetes darah yang tumpah, untuk setiap keringat yang mengalir, dan perjuangan yang telah dilakukan. Kemerdekaan kita bukan sesuatu yang kita terima begitu saja. Dirgahayu Indonesiaku!”

4. "Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

5. “Kita semua berbeda tetapi kita berada di tanah dan bangsa yang sama, Indonesia. Hari ini adalah hari kita. Hari ini kita rayakan kemerdekaan. Dirgahayu Republik Indonesia!”

6. “Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya di masa lalu. Hari ini, esok, dan selamanya perjuangan kita belum berakhir. Dirgahayu Indonesia.”

7. “Mari kita rayakan hari yang memberi kita kemerdekaan berpikir, bertindak, beriman, dan berbicara! Dirgahayu negeriku!”

8. "Keindahan hidup itu bukan terletak pada puncak sebuah tujuan melainkan ketika kita berjuang untuk mewujudkan tujuan." Dirgahayu RI!

9. "Merah Putih dalam dada berkibar terhempas kibasan sayap burung garuda, untukmu Indonesia tercinta bukti perjuangan para pahlawan bangsa. Dirgahayu Indonesiaku."

10. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir. Putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh."

11. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

12. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku."

13. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita. Dirgahayu, Republik Indonesia."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS