Sukses

12 Tempat Wisata di Jakarta Barat Paling Populer, Lengkap Dengan Harga Tiket

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jakarta Barat memang tidak ada habisnya, terus berkembang dan menampilkan berbagai macam destinasi wisata baru, area Jakarta Barat menjadi salah satu area di Jakarta yang banyak dikunjungi oleh warganya untuk mengisi waktu berlibur selama akhir pekan.

Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia, merupakan tempat peleburan berbagai budaya, kebangsaan, juga ekonomi yang paling berkembang di seluruh Indonesia. Secara umum anda akan melihat Jakarta sebagai hutan pencakar langit, namun dibalik itu terdapat banyak tempat wisata di Jakarta Barat yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Jakarta Barat juga terbilang sangat beragam, mulai dari wisata alam, sejarah, edukasi, budaya, kuliner hingga hiburan ada disini. Mulai dari situs budaya bersejarah hingga area dengan spot foto kekinian bisa anda temui dengan berkunjung ke tempat wisata di Jakarta Barat.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata di Jakarta Barat yang wajib dikunjungi lengkap dengan harga tiketnya, Jumat (19/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Di Jakarta Barat Paling Populer

1. Taman Cattleya

Tempat wisata di Jakarta Barat yang pertama adalah Taman Cattleya. Beralamat di Jalan S. Parman, Tomang, Jakarta Barat. Pengunjung dapat menikmati segarnya udara pagi di taman ini. Taman ini adalah tempat yang bagus untuk jogging atau jika anda membutuhkan tempat yang tenang untuk menyegarkan pikiran anda.

Dengan berbagai macam tanaman, dan sebuah danau di tengah kota seluas 3 hektar, Taman Cattleya berfungsi sebagai kawasan hijau khusus untuk Jakarta Barat. Selain itu juga terdapat beberapa spot bagus untuk berfoto di sini.

Tiket Masuk: Gratis

  

2. Batavia Lama (Kota Tua)

Selain namanya yang populer saat ini sebagai Batavia Lama, ia disebut Permata Asia dan Ratu Timur. Batavia Lama dianggap sebagai pusat perdagangan di luar benua Asia karena letaknya yang strategis dan sumber daya alam yang melimpah. Batavia Lama menawarkan beberapa museum yang tidak boleh anda lewatkan saat mengunjungi daerah tersebut.

Pusat kota tua Batavia adalah Alun-alun Fatahillah atau yang sebelumnya dikenal sebagai stadhuis (Balai Kota), struktur bangunannya dibangun berdasarkan desain Dam Palace Amsterdam, dengan gaya Barok klasik yang kental dari abad ke- 17. Kantor, pengadilan dan penjara bawah tanah adalah beberapa bagian di dalam gedung ini.

Tiket Masuk: Rp 2.500

 

3. Museum Sejarah Jakarta

Tempat wisata di Jakarta Barat yang berikutnya adalah museum sejarah Jakarta. Museum ini menampilkan sejarah perkembangan Jakarta dari prasejarah hingga sekarang, diresmikan pada tanggal 30 Maret 1974 telah menjadi pusat pelestarian kekayaan budaya yang terkait dengan kota Jakarta.

Terletak di Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Karena aksesnya yang mudah, anda bisa berkunjung kesana menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum.

Tiket Masuk: Rp 5.000

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Di Jakarta Barat Paling Populer

4. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan sunda kelapa adalah sebuah pelabuhan tua dan tempat perdagangan bersejarah yang masih berdiri sampai hari ini. Sunda Kelapa juga menjadi pasar ikan terbesar di Jakarta dari dulu hingga sekarang. Pelabuhan ini juga memiliki peran penting dan masih aktif mengangkut barang ke seluruh Indonesia.

Terletak di Jalan Maritim I, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Saat ini, anda dapat datang dan mengagumi perahu Pinisi yang semarak dengan taman di sepanjang pantai, memberikan pemandangan yang luar biasa untuk kontras dengan debu dan area pelabuhan yang kusam.

Tiket Masuk: Rp 2.500

 

5. Museum Wayang

Tempat wisata di Jakarta Barat yang selanjutnya adalah Museum Wayang. Museum Wayang memamerkan berbagai macam wayang Jawa serta koleksi wayang dari berbagai tempat di seluruh Indonesia bahkan dari negara lain pada hari-hari tertentu.

Terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Selain belajar tentang budaya wayang di Indonesia, anda juga bisa menikmati pertunjukan Wayang Golek, Wayang Kulit Betawi atau Wayang kulit Purwa.

Tiket Masuk: Rp 5.000

 

6. Pantai Tanjung Kait

Pantai Tanjung Kait adalah desa nelayan tradisional yang terletak di Tangerang. Orang-orang tidak datang ke Pantai Tanjung Kait untuk berenang, lebih cenderung untuk menyaksikan aktivitas sehari-hari para nelayan setempat.

Anda akan menemukan rumah kayu tradisional yang dibangun di atas air di sepanjang pantai. Anda juga akan menemukan pelabuhan kayu tradisional yang terbuat dari bambu. Nikmati makanan laut segar hari ini, dan mereka juga akan memasaknya dengan cara tradisional. Selain itu, Anda juga bisa menyewa perahu tradisional dan berlayar ke pulau terdekat.

Tiket Masuk: Gratis

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Di Jakarta Barat Paling Populer

7. Museum Seni Rupa dan Keramik

Selanjutnya ada Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini dibangun pada tahun 1870. Pada awalnya bangunan ini digunakan sebagai Lembaga Peradilan Belanda. Memamerkan berbagai jenis seni rupa dengan teknik dan bahan yang berbeda.

Terletak di Jl. Pos Kota No.2, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Di Museum ini anda juga bisa menikmati berbagai lukisan karena mereka juga menghadirkan Lukisan dari banyak pelukis ternama Indonesia.

Tiket Masuk: Rp 5.000

 

8. Curug Leuwi Hejo

Lokasi Curug Leuwi Hejo cukup mudah dijangkau dari Jakarta dengan kendaraan pribadi. Anda cukup mengambil jalan tol Jagorawi dan ambil exit Sentul City. Lokasi tepatnya di Kampung Wangun Cileungsi Desa Karang Tengah Babakan Madang, Sentul.

Dari area parkir Curug Leuwi Hejo, anda perlu mendaki sekitar 15 menit, melalui jalan kecil. Terkenal dengan air terjunnya dan kolam dengan warga hijau zamrud yang jernih, anda dapat berenang dan melakukan beberapa aktivitas bersantai di area sekitar curug. Air terjun kecil yang terletak di hutan ini berasal dari Sungai Cileungsi.

Tiket Masuk: Rp 10.000

 

9. Sky Rink

Satu lagi destinasi tempat wisata di Jakarta Barat yang berbeda adalah area ice skating yang berada di Mall Taman Anggrek, Sky Rink. Sky Rink adalah arena ice skating Jakarta yang memiliki luas 1.248 meter persegi, dan merupakan arena ice skating pertama di Indonesia.

Tepatnya terletak di Mall Taman Anggrek lantai 3, Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Anda dapat merasakan sensasi berseluncur diatas es dan tidak perlu khawatir jika tidak memiliki perlengkapan yang cukup, karena anda dapat meminjam sepatu luncur di tempat ini.

Tiket Masuk: Rp 65.000

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Di Jakarta Barat Paling Populer

10. Jakarta Aquarium dan Safari

Jakarta Aquarium dan Safari adalah akuarium indoor terbesar yang ada di Indonesia. Disini anda bisa melihat lebih dari 3.500 spesies hewan akuatik dan nonakuatik, serta dapat berinteraksi dengan hewan-hewan disini dengan menyentuh, membelai, dan memberi mereka makan.

Terletak di Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Disini juga terdapat banyak penjaga hewan yang siap memandu pengunjung selama berada di Jakarta Aquarium dan Safari serta belajar beragam informasi menarik tentang hewan-hewan yang ada di kawasan konservasi ini.

Tiket Masuk: Rp 150.000

 

11. Taman Bunga Nusantara

Taman bunga nusantara merupakan taman besar yang terletak di Kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur dengan luas total 35 hektar. Taman Bunga Nusantara memiliki keanekaragaman bunga dari seluruh dunia, tidak hanya tanaman tropis, mereka juga menanam tanaman dari negara-negara beriklim dingin.

Disini anda dapat berjalan-jalan di sekitar taman dan lihat dari dekat setiap taman tematik di dalam Taman Bunga Nusantara. Seperti taman air, Taman Perancis, taman rahasia, taman Mediterania, dan taman Jepang. Fasilitas pendukung juga lengkap seperti green house, lake geese, mini theater, gazebo, kereta datto disediakan untuk membuat kunjungan Anda menjadi lebih nyaman dan berkesan.

Tiket Masuk: Rp 40.000

 

12. Taman Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar terletak di desa Citeureup, Bogor. Anda akan menemukan hutan pinus yang indah saat memasuki area tersebut. Wangi pohon pinus yang harum akan menyegarkan anda ketika berjalan melewati hutan. Selain itu, area ini sangat cocok untuk piknik keluarga, bersepeda gunung, dan berkemah.

Selain itu di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar juga terdapat sumber air panas alami Pancar. Bagi yang ingin berendam di pemandian air panas, anda juga bisa mengunjungi pemandian air panas tersebut.

Tiket Masuk: Rp 100.000

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS