Sukses

32 Tempat Wisata Magelang, Rekomendasi Liburan Nyaman Juga Menyenangkan

Tempat wisata Magelang yang harus dikunjungi saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tempat wisata Magelang yang mungkin sudah banyak dikenal adalah Candi Borobudur. Namun, Magelang  juga memiliki destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menawan. Hal ini berkaitan erat dengan wilayahnya yang dikelilingi oleh beberapa gunung dengan berbagai potensi alam.

Bentang alam yang luar biasa membuat Magelang memiliki destinasi wisata alam yang melimpah. Tersedia tempat wisata Magelang mulai dari perbukitan yang asyik, aliran sungai yang unik, dan pastinya panorama alam yang cantik serta candi peninggalan sejarah. 

Selain itu, tempat wisata Magelang juga terdiri dari pemandangan pegunungan, sungai, air terjun dan masih banyak lagi, sehingga pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menikmati pemandangan yang indah, menyusuri sungai yang jernih, hingga menikmati air terjun yang menyejukkan saat memilih untuk liburan di Magelang. 

Berikut ini tempat wisata Magelang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/8/2022).  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata Magelang

1. Punthuk Setumbu

Tempat wisata Magelang yang wajib untuk dikunjungi adalah Punthuk Setumbu. Panorama mentari yang terbit di pagi hari bisa pengunjung temukan saat berada di Punthuk Setumbu. Bukit 400 mdpl ini dulunya adalah area persawahan penduduk setempat. Namun setelah pemandangan sunrise Borobudur tersaji cantik di berbagai sosial media, tempat ini pun mulai hits dikunjungi oleh wisatawan untuk menanti sunrise.

2. Gereja Ayam

Kamu tentunya sudah cukup familiar dengan namanya. Sejak digunakan untuk syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2, wisata Magelang ini semakin menjadi incaran para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Di basement-nya terdapat ruang-ruang untuk berdoa bagi agama apapun. Sedangkan dari tingkat kedua dan ketiganya, kamu dapat menyaksikan panorama pegunungan menoreh yang hijau juga indah. Tingkat paling atas, yang juga disebut Mahkota Ayam merupakan tempat terbuka dan yang paling keren untuk berswafoto bersama.

3. Bukit Barede

Bukit Barede merupakan salah satu tempat wisata Magelang yang berada tak jauh dari Punthuk Setumbu. Bukit ini juga menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk menyaksikan sunrise dan Candi Borobudur dari ketinggian.

4. Bukit Dagi

Bukit Dagi masih berada dalam kawasan Candi Borobudur. Untuk mengunjunginya, pengunjung cukup masuk ke kompleks Candi Borobudur dan melalui beberapa anak tangga. Di Bukit ini kamu akan menemukan beberapa pondok yang bisa digunakan sebagai tempat menginap. Udara bukit yang sejuk khas pegunungan membuat bukit ini cocok untuk tempat meditasi dan bersantai.

5. Punthuk Kendil

Tempat wisata Magelang berikutnya adalah Punthuk Kendil. Saat berada di sini, pengunjung bisa melihat pemandangan 4 gunung yang sangat menakjubkan. Keindahan gunung merbabu dan merapi yang sangat dekat tentu membuat siapa saja terpana akan keindahan alam ciptaan Tuhan. Apalagi pengunjung juga bisa melihat Candi Borobudur dari sini. Lokasinya berada di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata Magelang

6. Dewari Park

Masih seputar kebun bunga, kamu juga bisa mengunjungi Dewari Park. Tempat wisata di Magelang ini memang merupakan kebun bunga matahari yang tidak kalah instagramable. Terdapat ribuan bunga matahari yang mekar menampilkan pemandangan yang begitu menawan. Lokasinya berada di Kradenan, Baturono, Kradenan, Baturono, Salam, Magelang, Jawa Tengah.

7. Gunung Andong

Satu lagi tempat wisata Magelang yang asyik untuk menikmati panorama alam dari ketinggian, yaitu Gunung Andong. Dengan ketinggian sekitar 1.400-an mdpl, pengunjung bisa menikmati panorama alam yang luar biasa, sekaligus menghirup udara yang segar. Momen terbaik berkunjung ke puncak Gunung Andong adalah saat sunset.

8. Gunung Telomoyo

Tidak ingin repot untuk mendaki gunung, kamu juga bisa mencoba hiking ke Gunung Telomoyo. Trek menuju puncak sangat mulus, bahkan bisa didaki dengan menggunakan motor. Bonus yang didapat setelah di puncak adalah pemandangan istimewa yang tiada duanya.

9. Wana Mukti Si Guede

Tempat wisata Magelang selanjutnya yang harus dikunjungi saat liburan adalah Wana Mukti Si Guede. Lokasi wisata di Magelang yang lagi hits ini di Dusun Desa Kebonlegi, Kaliangkrik, Magelang. Saat berada di sini, pengunjung akan disuguhkan dengan gardu pandang dengan bentuk setengah lingkaran, tingginya enam meter. Lanskap pegunungan Merapi, Merbabu, Ungaran, hingga Menoreh yang bisa terlihat dengan sangat jelas.

10. Curug Silawe

Tempat wisata Magelang yang harus dikunjungi saat liburan adalah Curug Silawe. Di sini, pengunjung bisa melihat indahnya air terjun yang turun dari atas ketinggian 50 meter. Di sekitar air terjun, terdapat tebing tinggi menjulang yang dipenuhi oleh lumut dan tumbuhan hijau. Tumbuhan yang ada di sekitar air terjun ini menambah suasana semakin sejuk dan asri. Untuk sampai di lokasi air terjun, harus melewati jalan setapak dan alur tangga yang telah dibuat oleh pengelola.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata Magelang

11. Dusun Butuh Kaliangkrik

Dusun Butuh Kaliangkrik merupakan salah satu tempat wisata Magelang yang baru-baru ini viral serta banyak dikunjungi oleh wisatawan. Wisata Magelang ini terletak pada ketinggian 1620 mdpl, di kaki gunung. Panorama pegunungan yang indah serta udara yang sejuk membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi wisata alam pegunungan satu ini.

12. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong memang kurang familiar di telinga kamu bila disandingkan dengan destinasi lainnya. Namun panorama cantik yang tersedia di Magelang ini tidak akan mengecewakanmu. Bukit dengan ketinggian 624 Mdpl ini tidak kalah indah dengan Punthuk Setumbu. Berada di atas puncak, kamu akan disuguhi pemandangan cantik gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur. 

13. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur adalah salah satu tempat wisata Magelang yang baru dibuka sekitar pertengahan 2017, tepatnya ini berada di kaki Gunung Sumbing. Saat berada di Gardu Pandang Silancur, kamu bisa menikmati panorama alam sekitar dengan latar Gunung Sumbing.

14. Mangli Sky View

Mangli Sky View merupakan salah satu tempat wisata Magelang yang berada pada ketinggian 1570 mdpl. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang menawan, berupa hamparan awan yang membentang di langit. Pengunjung  juga bisa menikmati pemandangan hamparan perkebunan sayur dan latar belakang beberapa gunung yang begitu indah.

15. Air Terjun Grenjengan Kembar

Tempat wisata di Magelang selanjutnya merupakan Air Terjun Grenjengan Kembar. Air terjun di lereng Gunung Merbabu ini sangat pas untuk kamu yang ingin menyatu dengan alam. Lokasi tepatnya berada di Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Di destinasi wisata ini, kamu bisa menikmati udara yang segar, panorama alam yang indah dan hijau, air terjun dengan debit air yang cukup deras, serta kualitas air yang dingin dan bersih.

16. Air Terjun Kedung Kayang

Tempat wisata Magelang yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Air terjun Kedung Kayang. Sebagai salah satu tempat wisata di Magelang yang menyuguhkan pemandangan yang cantik serta nuansa alami yang begitu segar membuat siapapun betah berlama-lama berada di tempat ini. Terdapat spot selfie yang unik dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata.

17. Air Terjun Goa Slandak

Tempat wisata Magelang yang satu ini, juga menawarkan dua wisata sekaligus yaitu air terjun dan goa yang letaknya berdampingan. Kalau masih ingin berpetualang, di sebelah atasnya ada juga tersedia air terjun yang lebih kecil tapi tidak kalah jernihnya, bernama Kedung Sembrani.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata Magelang

18. Candi Borobudur

Candi Borobudur telah lama menjadi kebanggaan Indonesia sebagai salah satu wisata Magelang. Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar yang ada di dunia.  Sebuah situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Borobudur dibangun pada abad ke-9, dalam pemerintahan dinasti Syailendra. Candi Borobudur dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur serta batu candi ini tidak ada bandingannya. Tempat wisata Magelang ini menjadi salah satu wisata terbaik di Indonesia, serta dihiasi dengan ukiran batu di relief yang mewakili gambar dari kehidupan Buddha. 

19. Candi Selogriyo

Tempat wisata Magelang berikutnya merupakan Candi Selogriyo. Candi satu ini memiliki keunikan tersendiri dan tentunya sangat menarik untuk kamu yang suka bertualang. Bagaimana tidak, agar mencapai candi ini, kamu perlu menyusuri jalur trekking sepanjang 2 km dengan melintasi persawahan dan bukit hijau yang menawarkan keindahan alam. Candi Selogriyo juga memiliki pelataran yang cukup luas dan panorama pegunungan yang memukau dengan udara yang sejuk.

20. Candi Mendut

Tempat wisata Magelang tidak hanya Candi Borobudur sebagai peninggalan sejarah, namun sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur, kamu bisa menemukan Candi Mendut yang juga bercorak Buddha. Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Candi ini juga masih digunakan untuk acara peribadatan seperti Waisak.

21. Candi Pawon

Candi Pawon berada di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut atau sekitar 2,5 kilometer dari Borobudur. Candi ini juga juga bercorak Buddha yang kemungkinan dibangun oleh Dinasti Syailendra antara abad ke 8 hingga 9 Masehi. Candi Pawon terbuat dari batu andesit. Candi ini berdenah bujur sangkar, dengan panjang sisi-sisinya 10 m, dan mempunyai tinggi 13,3 m.

22. Ketep Pass Magelang

Ketep Pass merupakan tempat wisata Magelang yang menawarkan keindahan alam indah dan menakjubkan, karena menjadikan gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya. Saat berada di sini, pengunjung bisa menikmati Pelataran Panca Arga sepuasnya menggunakan Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass. 

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata Magelang

23. Rafting Sungai Elo

Tidak hanya menelusuri sejarah dan kebudayaan masa lampau, di wisata dekat Candi Borobudur pengunjung juga bisa merasakan pengalaman rafting sambil menyusuri Sungai Elo, Magelang. Wisata yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini menawarkan paket wisata arung jeram lengkap dengan alat dan pemandu. Panjang rafting di sungai ini sekitar 10 – 11 kilometer dan ditempuh sekitar 2 – 2,5 jam.

24. Sungai Progo Atas

Pencinta olahraga arung jeram bisa mencoba tempat wisata Magelang satu ini, yaitu Sungai Progo Atas. Tempat wisata ini memiliki aliran sungai hingga mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas juga merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah. Terdapat juga beberapa rute arung jeram di Sungai Progo, yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Ketiga lokasi arung jeram ini ketinggiannya menawarkan sensasi yang berbeda-beda.

25. Jembatan Gantung Mangunsuko

Tempat wisata Magelang selanjutnya yang wajib dikunjungi saat musim liburan adalah Jembatan Mangunsuko. Jembatan ini merupakan jembatan gantung dengan pemandangan yang luar biasa. Tempat wisata Magelang ini tidak hanya memiliki jembatan dengan struktur bangunan yang unik, namun panorama alam di sekitarnya juga istimewa.

26. Top Selfie Pinusan Kragilan

Tempat wisata Magelang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Hutan pinus di lereng Gunung Merbabu. Tempat ini memang sudah disulap untuk menjadi pemuas dahaga bagi para pecinta selfie dan mereka yang ingin senantiasa eksis di media sosial. Hasilnya berupa berbagai titik berswafoto keren, seperti tempat tidur gantung (hammock) beraneka warna, ayunan, panggung di atas pohon, menara bambu, sepeda pohon, jembatan gantung, rumah kayu, kursi santai, dan sarang burung.

27. Desa Wisata Wanurejo

Selanjutnya, destinasi wisata magelang yang cocok untuk liburan keluarga adalah Desa Wisata Wanurejo. Tempat ini berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur. Desa ini menawarkan wisata budaya dan kriya, sehingga pengunjung akan menemukan berbagai aktivitas seperti membatik, membuat kerajinan, wisata andong, bersepeda, menikmati atraksi seni setempat, hingga membeli kerajinan dari warga.

28. Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa merupakan tempat wisata yang masih berada di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Pengunjung perlu sekitar 280 meter berjalan kaki dari Candi Borobudur. Di dalam museum ini terdapat rekonstruksi Kapal Borobudur dalam ukuran sesungguhnya yang dinamai Kapal Samudra Raksa. Kapal Borobudur berasal dari masa Dinasti Syailendra abad ke-8 yang digambarkan dalam beberapa relief Candi Borobudur. Dalam sejarah dunia, Kapal Borobudur termasuk kapal modern pertama di dunia, karena memiliki struktur ganda dengan dayung yang banyak dan lambung kapal yang luas.

 

 

 

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata Magelang

29. Museum Borobudur

Di sebelah Museum Kapal Samudraraksa terdapat sebuah museum Karmawibhangga atau juga disebut Museum Borobudur. Museum ini menampilkan gambar relief Karmawibhangga yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, terdapat beberapa blok batu Borobudur yang terlepas, serta temuan artefak arkeologi yang ditemukan di sekitar Borobudur dan lokasi lain di Jawa Tengah.

30. Junkyard Autopark & Cafe

Tempat wisata di Magelang berikutnya adalah Junkyard Autopark & Cafe. saat berada di sini, kamu akan disuguhkan dengan barang-barang rongsokan yang ternyata sangat instagramable. Lokasinya berada di Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Berbagai mobil dan motor rongsokan menjadi spot menarik untuk mengambil foto yang instagramable.

31. Rumah Kamera

Sesuai dengan namanya, bangunan ini memiliki bentuk menyerupai kamera DSLR. Rumah Kamera berlokasi sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur tepatnya di Desa Majaksingim, Kecamatan Borobudur, Magelang. Rumah ini dibangun oleh Tanggol Angien Jatikusumo Seorang pelukis profesional di Indonesia. Bangunan ini memiliki 4 lantai dengan pintu masuk berbentuk lampu flash pada kamera DSLR Bagian mode dan LCD dijadikan sebagai jendela. Selain itu, lensa kamera merupakan bangunan bertingkat berbentuk silinder untuk melihat pemandangan desa dari atas.

32. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu adalah salah satu tempat wisata Magelang yang Instagramable, serta menyuguhkan  pemandangan bunga warna-warni hingga spot kincir angin. Udara sejuk Magelang akan menemanimu menjelajahi taman bunga ini. Lokasinya berada di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.