Sukses

6 Cara Memasarkan Produk Secara Efektif, Mudah dan Gratis

cara memasarkan produk dan layanan bisa dilakukan secara efektif, mudah dan gratis dengan mengikuti strategi pemasaran sebagai berikut.

Liputan6.com, Jakarta Cara memasarkan produk dan layanan saat ini banyak dilakukan secara online. Menjadi salah satu tahapan penting dalam menjalankan bisnis, pemasaran produk secara online merupakan salah satu kunci dari kesuksesan dalam proses untuk memperoleh keuntungan, apalagi di zaman sekarang dengan perkembangan teknologi yang kian terintegrasi.

Terdapat beberapa cara memasarkan produk dan layanan secara online yang mudah untuk diterapkan, dan bisa dilakukan oleh siapapun baik pelaku usaha besar maupun pelaku usaha kecil. Strategi berupa riset pasar hingga memilih platform yang sesuai dengan target pasar menjadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Apalagi di zaman serba internet saat ini, cara memasarkan produk dan layanan juga dipermudah dengan banyaknya fitur atau fasilitas berbasis internet yang bisa digunakan untuk pemasaran secara gratis atau berbayar sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/8/2022). Tentang cara memasarkan produk dan layanan secara online dengan menggunakan berbagai strategi yang bisa dicoba siapa saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memasarkan Produk Secara Efektif

1. Tawarkan penawaran khusus kepada pelanggan setia

Cara memasarkan produk yang pertama adalah dengan memberi penawaran khusus kepada pelanggan setia anda. Hal ini karena pelanggan setia anda adalah bagian penting dari cara mempromosikan produk anda, karena kemungkinan besar mereka tidak hanya membelinya, tetapi juga mempromosikannya ke jaringan mereka.

Strategi ini dapat berupa pesta pra-peluncuran barang terbaru secara pribadi, tur online, pratinjau produk terbaru atau demo spesial. Anda juga bisa memberikan undangan khusus untuk pengujian produk dan meminta umpan balik untuk sesi evaluasi serta masukan.

Penawaran eksklusif ini bukan hanya strategi pemasaran melalui pelanggan setia, tetapi juga menunjukan seberapa besar anda menghargai pelanggan anda dan keterlibatan serta loyalitas sangat penting untuk strategi pemasaran pertumbuhan yang sukses.

 

2. Gunakan penawaran khusus

Daripada hanya mengumumkan produk atau layanan baru, anda dapat membuatnya tersedia sebagai bagian dari kesepakatan khusus yang hanya terjadi dalam waktu tertentu. Strategi ini dapat dilakukan dengan banyak bentuk, termasuk:

- Harga diskon.

- Bundel atau paket dengan tarif lebih rendah.

- Voucher atau kupon dengan pembelian nominal tertentu.

- Beli satu gratis satu.

- Hadiah gratis untuk setiap referensi.

Apapun promosi andaa, pastikan untuk menekankan bahwa itu tidak akan bertahan selamanya. Pelanggan yang daya belinya terbatas, baik oleh waktu maupun persediaan, akan merasakan rasa urgensi yang lebih mendesak untuk membeli.

3 dari 4 halaman

Cara Memasarkan Produk Secara Mudah

3. Jalankan kontes media sosial

Kontes media sosial adalah cara yang menyenangkan dan mudah untuk terhubung dengan pelanggan dan mendatangkan lebih banyak penggemar atau pengikut dan prospek untuk bisnis anda menjadi lebih besar.

Sebagai contoh pemenang giveaway Facebook atau Instagram anda akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi yang pertama mendapatkan penawaran baru Anda, dan mendapatkannya secara gratis atau dengan harga diskon.

Pastikan untuk mengumumkan konten di semua saluran pemasaran anda, dan bukan hanya platform sosial yang anda gunakan untuk menjalankan kampanye utama. Ini termasuk saluran media sosial anda yang lain, situs web anda, buletin email, dan bahkan iklan berbayar.

Selain menghasilkan lebih banyak pembeli untuk penawaran baru anda, peningkatan keterlibatan dengan akun media sosial anda kemungkinan akan mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs web anda hingga akhirnya menempatkan bisnis anda di depan pelanggan baru melalui google pencarian.

 

4. Sebarkan berita melalui email

Cara memasarkan produk yang selanjutnya adalah dengan melalui email. Hal ini berdasarkan riset pasar yang menunjukan bahwa 82% konsumen membuka email dari bisnis, dan bahwa 76% pelanggan email telah melakukan pembelian dari pesan pemasaran email. Email adalah saluran yang pasti untuk menyebarkan berita tentang produkatay layanan baru anda.

Anda dapat menjalankan kampanye email secara khusus tentang penawaran baru atau  sebagai rangkaian email yang dibuat hingga hari peluncuran. Atau anda mungkin ingin mengumumkannya sebagai fokus dari buletin email berikutnya. Email ini bisa dikirim ke audiens umum atau pelanggan setia.

Beberapa tips untuk cara memasarkan produk melalui email:

- Lebih fokus pada manfaat atau nilai akhir dari produk baru daripada fitur-fiturnya

- Soroti penawaran di baris subjek anda

- Gunakan teks preheader untuk lebih meningkatkan tarif terbuka

4 dari 4 halaman

Cara Memasarkan Produk Secara Gratis

5. Izinkan tukar tambah

Cara memasarkan produk yang berikutnya adalah dengan trategi tukar tambah. Jika produk baru anda sebenarnya merupakan peningkatan dari produk lama, pertimbangkan program atau strategi pemasaran tukar tambah.

Promosi tukar tambah efektif karena konsumen lebih cenderung membeli produk baru menggunakan token atau kredit yang sudah mereka miliki atau dalam hal ini produk yang telah mereka beli sebelumnya. Anda juga dapat menjual kembali produk tukar tambah lama dengan syarat masih dalam kondisi yang baik atau gunakan untuk hadiah di masa mendatang untuk calon pelanggan atau pelanggan setia anda.

 

6. Bagikan ulasan pelanggan

Salah satu cara memasarkan produk atau layanan baru adalah dengan membiarkan pelanggan anda mempromosikannya untuk anda. Jika anda memanfaatkan beberapa ide yang disebutkan sebelumnya seperti menawarkan peningkatan atau uji coba gratis.

Anda dapat meminta mereka untuk menulis ulasan online tentang layanan baru atau memberikan testimoni. Ulasan dan testimoni akan sangat berharga saat meluncurkan produk ke audiens anda yang lebih umum. Dimana riset juga menunjukan 84% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.