Sukses

11 Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet, Menular pada Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Ada sebelas hewan yang berisiko mengalami cacar monyet, dari hewan pengerat sampai hewan peliharaan. Sejatinya virus penyebab cacar monyet Monkeypox yang berasal dari genus Orthopoxvirus memang ditularkan dari hewan ke manusia (Zoonosis). Ini bukan tidak mungkin akan menular antar manusia.

Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dalam keterangan resminya, menjelaskan cacar monyet yang dialami hewan, mulanya menginfeksi manusia ketika manusia berburu, menjebak, dan memproses hewan yang sudah terinfeksi pada bagian tubuh serta cairan hewan yang terinfeksi.

Akan tetapi kini tak hanya dari hewan liar, cacar monyet berisiko ditularkan dari hewan peliharaan seperti anjing. Hewan yang terinfeki Monkeypox bukan berarti mendapatkannya dari manusia, karena ini sulit terjadi. Hanya hewanlah yang paling berisiko menularkannya pada manusia, tidak bisa sebaliknya.

CDC mengungkap hanya baru ada satu laporan tentang orang sakit yang menularkan virus Monkeypox ke hewan (anjing). Penularan cacar monyet berisiko terjadi dengan kontak mengelus, mencium, menjilat, berbagi area tidur, dan berbagi makanan. Tidak semua hewan mengalami ruam ketika mereka menderita cacar monyet.

Sejauh ini, CDC masih mempelajari mamalia mana saja yang rentan terhadap infeksi Monkeypox dan mengalami cacar monyet, penelitian lebih mendalam masih perlu dilakukan. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam daftar hewan yang berisiko mengalami cacar monyet dan bisa menularkannya pada manusia, Jumat (19/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Daftar Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet

Berdasarkan pada daftar hewan yang berisiko mengalami cacar monyet oleh virus Monkeypox jumlahnya ada 11 dan hewan yang berisiko terinfeksi Orthopoxvirus ada 20. Ini daftar hewan yang berisiko mengalami cacar monyet dan bisa menularkannya pada manusia versi CDC:

1. Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet Tipe Pengerat

- Anjing padang rumput adalah hewan yang berisiko mengalami cacar monyet karena bisa terinfeksi Monkeypox dan Orthopoxvirus tipe lainnya.

- Tupai adalah hewan yang berisiko mengalami cacar monyet karena bisa terinfeksi Monkeypox dan Orthopoxvirus tipe lainnya.

- Marmut dan babi tanah adalah hewan yang berisiko mengalami cacar monyet karena bisa terinfeksi Monkeypox dan Orthopoxvirus tipe lainnya.

- Chinchilla adalah hewan yang berisiko mengalami cacar monyet karena bisa terinfeksi Monkeypox dan belum diketahui apakah bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Tikus berkantung raksasa adalah hewan yang berisiko mengalami cacar monyet karena bisa terinfeksi Monkeypox dan belum diketahui apakah bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Gerbil adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Marmut adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Hamster adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Tikus adalah hewan yang mungkin berisiko mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian pasti tentang tentang virus Monkeypox menginfeksinya (tetapi bisa), selain itu hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

2. Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet Tipe Karnivora

- Anjing adalah hewan yang berisiko mengalami cacar monyet karena bisa terinfeksi Monkeypox dan Orthopoxvirus tipe lainnya.

- Kucing adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

3. Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet Tipe Insektivora

- Landak adalah hewan yang berisiko mengalami cacar monyet karena bisa terinfeksi Monkeypox dan belum diketahui apakah bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

4. Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet Tipe Primata Non-Manusia

- Monyet adalah hewan yang berisiko mengalami cacar monyet karena bisa terinfeksi Monkeypox dan Orthopoxvirus tipe lainnya.

- Kera adalah hewan yang berisiko mengalami cacar monyet karena bisa terinfeksi Monkeypox dan Orthopoxvirus tipe lainnya.

3 dari 4 halaman

Daftar Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet Selanjutnya

5. Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet Tipe Peliharaan dan Ternak

- Sapi adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Unta adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Kambing adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox dan tipe Orthopoxvirus lain menginfeksinya.

- Domba adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox dan tipe Orthopoxvirus lain menginfeksinya.

- Babi adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox dan tipe Orthopoxvirus lain menginfeksinya.

6. Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet Tipe Satwa Liar

- Rakun adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Sigung adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Voles adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Luak adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Coyote adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

- Rubah adalah hewan yang belum diketahui risikonya mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian tentang virus Monkeypox menginfeksinya, tetapi hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

7. Hewan yang Berisiko Mengalami Cacar Monyet Tipe Lagomorph

- Kelinci domestik adalah hewan yang mungkin berisiko mengalami cacar monyet, karena belum ada penelitian pasti tentang tentang virus Monkeypox menginfeksinya (tetapi kelinci domestik dewasa bisa), selain itu hewan ini bisa terinfeksi Orthopoxvirus tipe lain.

4 dari 4 halaman

Gejala Cacar Monyet pada Manusia dan Penjelasannya

Risiko kematian pada seseorang dengan gejala cacar monyet mencapai 11 persen. Ini penjelasan gejala cacar monyet pada manusia yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Mengalami Demam 38 Derajat Celcius

Memahami gejala cacar monyet adalah penderitanya akan mengalami demam dengan suhu lebih dari 38 derajat Celcius. Ruam pada gejala cacar monyet akan muncul setelah 1-3 hari kemudian.

Demam yang menjadi gejala cacar monyet akan disertai letih, lemas, mengigil, sakit kepala, nyeri otot, serta pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan.

2. Ruam dari Kepala sampai Kaki

Memahami gejala cacar monyet adalah penderitanya akan mengalami distribusi ruam mulai dari kepala, padat di muka dan lengan, kemudian di telapak tangan, dan telapak kaki.

3. Ruam Berkembang 3-4 Minggu

Memahami gejala cacar monyet dari perkembangan ruam adalah paling tambat terjadi selama 3-4 minggu. Ruam dari gejala cacar monyet adalah akan berkembang dari bintil berisi cairan hingga berisi nanah, pecah dan berkerak, terakhir bisa menyebabkan borok di permukaan kulit.

4. Ruam dari Makula sampai Pustula

Memahami gejala cacar monyet dari penampakan ruam secara sederhana tampak seperti makula (perubahan warna kulit), papula (tonjolan yang padat dan nyeri tanpa nanah), vesikel (lepuhan dengan cairan pada epidermis), dan pustula (peradangan).

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS