Sukses

8 Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi, dari Istirahat Hingga Minum Banyak Air Hangat

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati amandel perlu diketahui oleh setiap orang. Penyakit yang sering menyerang anak-anak ini membuat penderitanya merasakan kesulitan saat menelan makanan dan merasakan sakit pada tenggorokan.

Amandel adalah salah satu pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Namun, saat kondisi kesehatan kamu sedang menurun, kuman penyakit bisa menyebabkan radang amandel.

Penyebab amandel adalah infeksi virus dan bakteri. Namun penyebab amandel yang paling sering terjadi adalah infeksi virus. Beberapa virus yang menyebabkan amandel ini merupakan virus yang juga menyebabkan batuk pilek (rhinovirus) atau flu (influenza type A virus).

Cara mengobati amandel bisa dilakukan dengan memperhatikan pola hidup sehat. Walaupun sering dialami atau menyerang anak kecil, amandel juga tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa, karena hal ini bergantung pada lingkungan dan gaya hidup seseorang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (20/8/2022) tentang cara mengobati amandel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Amandel

Banyak istirahat

Cara mengobati amandel yang pertama adalah dengan banyak istirahat. Penderita radang amandel harus beristirahat sebanyak mungkin. Beristirahat akan memungkinkan tubuh melawan infeksi virus atau bakteri. Terus pergi bekerja atau sekolah tidak hanya meningkatkan kemungkinan seseorang sakit lebih lama, tetapi juga dapat membuat orang lain berisiko terkena infeksi yang sama.

Beristirahat memungkinkan tubuh menghemat energi untuk melawan infeksi. Menghindari iritasi, seperti tembakau dan lokasi berasap, dapat membantu mengurangi gejala amandel. Jika berbicara terasa menyakitkan, kamu harus berusaha mengistirahatkan suara sebanyak mungkin.

Minum air hangat yang banyak

Cara mengobati amandel berikutnya yaitu minum air hangat yang banyak. Hidrasi sangat penting ketika menderita radang amandel. Cairan yang cukup akan menjaga tingkat energi stabil dan menghindari terjadinya dehidrasi. Cairan hangat adalah cara terbaik mengatasi radang amandel. Minum cairan hangat, termasuk sup, kaldu, dan teh, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat amandel.

Minuman hangat membantu membentuk lapisan pelindung di atas selaput lendir di mulut dan tenggorokan yang mampu meringankan iritasi. Hindari minuman yang terlalu panas atau dingin karena dapat memicu peradangan bertambah parah. Air yang bersifat asam seperti jeruk atau soda juga perlu dihindari.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Amandel

Hindari makanan keras

Bagi penderita radang amandel, makan makanan keras atau tajam bisa membuat tidak nyaman dan bahkan menyakitkan. Makanan keras dapat menggores tenggorokan, menyebabkan iritasi dan peradangan lebih lanjut. Saat mengalami radang amandel, kamu perlu mencoba makan makanan yang lebih lembut yang lebih mudah ditelan. Makanan keras yang perlu dihindari adalah keripik, biskuit, sereal kering, roti panggang, dan sayur atau buah mentah. Selain itu, cara mengobati amandel juga bisa dilakukan dengan menjauhi makanan pedas, renyah, atau kasar.

Konsumsi makanan lembut

Saat mengalami radang amandel, konsumsi makanan lunak dan lebut seperti puding, saus apel, atau yogurt. Zat kental mudah ditelan tanpa banyak rasa sakit. Buah dan sayuran yang dipanggang, seperti apel yang dipanggang, pir yang dipanggang, dan wortel panggang adalah pilihan yang baik untuk makanan sampingan.

Kentang tumbuk, labu kukus, pasta, dan bubur juga merupakan makanan lunak yang ideal sebagai cara mengobati amandel. Selain itu, sup yang mengandung sayuran atau potongan daging yang lembut adalah pilihan sehat bagi pasien dengan radang amandel. Pastikan untuk tidak menambahkan banyak bumbu ke dalam makanan ini, karena bumbu tertentu dapat mengiritasi lapisan tenggorokan.

Konsumsi obat pereda nyeri

Kalau kamu sudah merasakan tenggorokan semakin sakit, kamu bisa mencoba mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Bagi penderita amandel di bawah lima tahun, kamu perlu terlebih dahulu untuk berkonsultasi ke dokter anak. Hal ini berguna untuk mengetahui anjuran dari dokter mengenai obat pereda nyeri seperti apa yang aman dikonsumsinya. Cara mengobati amandel ini tentunya lebih praktis.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Amandel

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam untuk sementara bisa meredakan rasa sakit atau gatal di belakang tenggorokan. Kamu apat membuat campuran air asin dengan menambahkan seperempat sendok teh garam ke 8 ons air hangat dan mengaduk larutan sampai garam larut.

Kamu bisa berkumur dengan air garam selama beberapa detik sebelum meludahkannya. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan nyeri yang disebabkan oleh radang amandel. Cara mengobati amandel ini efektif mengatasi rasa sakit yang kamu alami.

Teh hangat dengan madu mentah

Minuman hangat seperti teh dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang dapat terjadi akibat radang amandel. Madu mentah yang ditambahkan ke teh, memiliki sifat antibakteri yang kuat dan dapat membantu mengobati infeksi sebagai cara mengobati amandel. Teh tertentu dapat memperkuat manfaat obat rumah ini. Teh jahe, misalnya, adalah anti-inflamasi kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan.

Humidifier

Humidifier dapat membantu meredakan sakit tenggorokan jika udara kering, atau mengalami mulut kering akibat radang amandel. Udara kering dapat mengiritasi tenggorokan, dan humidifier dapat membantu meredakan ketidaknyamanan di tenggorokan dan amandel dengan menambahkan kelembapan kembali ke udara.

Perangkat ini melepaskan kelembapan kembali ke udara, membantu meringankan ketidaknyamanan tenggorokan. Cool-mist humidifier paling menguntungkan, terutama ketika virus adalah penyebab tonsilitis. Jika tidak punya humidifier, kamu bisa duduk di ruangan yang dipenuhi uap dari pancuran, atau mencoba menguapkan wajah ke baskom yang berisi air hangat sebagai cara mengobati amandel.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS