Sukses

5 Fakta Kecelakaan Hermanto Dardak, Ayah Emil Dardak yang Juga Mertua Arumi Bachsin

Liputan6.com, Jakarta Berita duka datang dari keluarga Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. Ayahanda Emil yang juga mertua artis Arumi Bachsin, Achmad Hermanto Dardak, meninggal dunia di usia 65 tahun dalam sebuah kecelakaan di Pekalongan, Jawa Tengah.

Kecelakaan tersebut terjadi di Ruas Pemalang Batang pada Sabtu (20/8/2022) pada pukul 03.25 WIB. Ayah Emil meninggal setelah dirujuk di rumah sakit. Kabar tersebut dikabarkan oleh Emil Dardak melalui Instagram pribadinya. Ia menuliskan ucapan selamat tinggal di foto mendiang sang ayah yang diunggah di Insta Story.

"Selamat tinggal inspirasi sepanjang hidupku. Aku sangat bangga memilikimu sebagai ayahku," tulis Emil, seperti dikutip Liputan6.com pada Sabtu (20/8).

Sama seperti sang suami, Arumi juga mengunggah foto mendiang ayah mertuanya. Ia menuliskan kalimat pujian untuk salah satu pria hebat dalam hidupnya itu. Tak lupa, wanita 28 tahun itu meminta doa pada warganet agar mertuanya mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, beberapa fakta terkait kecelakaan yang menewaskan Hermanto Dardak ayah dari Emil Dardak, Sabtu (20/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Kronologi kecelakaan

Bersamaan dengan berita duka tersebut, beredar pesan berisi laporan kejadian kecelakaan di Ruas Pemalang Batang. Dari pesan tersebut, diketahui bahwa ayah Emil Dardak berada dalam sebuah mobil Innova yang melaju ke arah Jakarta.

"Terjadi kecelakaan 33K Tabrak Belakang di KM 341+400 B terjadi pada pagi hari saat cuaca cerah dengan kondisi arus lalu lintas landai alinyemen menikung kanan dan mendatar. Melibatkan KR Innova nopol B.2739.UFZ yang menempuh perjalanan masuk dari GT Kalikangkung dengan tujuan Jakarta yang melaju dilajur 2 dengan kecepatan 100Km/Jam," tulisan dalam laporan kejadian, dikutip dari Showbiz Liputan6.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Sopir mengantuk

Melansir KapanLagi, mobil yang dikendarai ayah Emil dikemudikan oleh Angga Saputra. Angga sendiri mengalami luka ringan dan sedang menjalani rawat inap di RS Aro.

Menurut laporan yang disampaikan oleh pihak kepolisian, Angga mengantuk ketika mengemudi yang mengakibatkan mobil Innova yang dikendaraianya menabrak truk Hino. Mobil Innova naas ini mengalami kerusakan berat sedangkan truk Hino hanya mengalami kerusakan ringan di bagian belakang.

"Sesampainya di TKP pengemudi KR Innova mengalami mengantuk sehingga menabrak bagian belakang KR Truk Hino yang berada di depanya. Posisi akhir KR Innova berada diantara di lajur 2 dan lajur 1 berdiri normal menghadap ke selatan mengalami kerusakan berat dibagian depan dan samping kiri," sambung pesan dalam laporan kejadian, dikutip dari Showbiz Liputan6.

4 dari 6 halaman

3. Rencana pemakaman

Meninggalnya ayah Emil Dardak ini pun menimbulkan duka mendalam untuk keluarga dan rekan. Tak terkecuali Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ia pun mengucapkan turut berduka cita dan mendoakan almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Turut berduka cita atas berpulangnya, Bapak Ir. A. Hermanto Dardak, ayahanda Bapak Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim. Semoga amal ibadah, pengabdian, dan perjuangan beliau diterima oleh Allah SWT," kata Khofifah saat dikonfirmasi, dikutip dari News Liputa6.com.

Orang nomor satu di Jawa Timur itu juga menyebutkan kalau jenazah masih di RS Pekalongan. "Persisnya langsung ke keluarga. Posisi jenazah saat ini masih di RS di Pekalongan," lanjutnya.

Sementara itu, melansir KapanLagi, jenazah mendiang Hermanto Dardak rencananya akan dikebumikan di Pemakaman Kalibata, besok Minggu (20/8/2022).

5 dari 6 halaman

4. Profil singkat Hermanto Dardak

Hermanto Dardak merupakan ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Dardak sekaligus ayah mertua dari artis Arumi Bachsin. Mendiang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum Kabinet Indonesia Bersatu II mendampingi Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, periode 2010−2014. Ia dilantik pada 11 November 2011.

Hermanto Dardak merupakan lulusan Teknik Sipil ITB di tahun 1980 dan kemudian lulus Master Teknik Sipil dari Universitas New South Wales, Australia pada 1985. Ia kemudian mendapat gelar Doktor Transport Economy dari Universitas New South Wales Australia pada 1990.

Pria bernama lengkap Achmad Hermanto Dardak itu lahir di Trenggalek, Jawa Timur, pada 6 Januari 1957. Dia menikah dengan Sri Widayanti, dan dikaruniai empat orang anak. 

 

6 dari 6 halaman

5. Kenangan bersama ayahanda

Dalam unggahan di laman Instagram Emil Dardak, ia sempat mengunggah kenangan indah kebersamaan bareng sang ayah. Diunggah pada 28 Februari, tampak Emil dan mendiang ayah sedang merayakan ulang tahun sang ibunda. Mereka tampak diselimuti kebahagiaan.

"Senang bisa berkumpul dengan keluarga mendoakan ibunda tercinta di hari ultah. Kebetulan juga beda sehari dengan keponakan tercinta, Parasayu. Semoga mereka berdua selalu dalam perlindungan dan rahmat Allah SWT," tulis Emil dalam keterangan unggahan Instagram seperti dikutip Liputan6.com, Sabtu (20/8/2022).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS