Sukses

10 Manfaat Lemon dan Madu untuk Kesehatan Tubuh, Konsumsi Secara Rutin

Manfaat lemon dan madu dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lemon dan madu perlu dikenali oleh setiap orang. Pasalnya, lemon dan madu merupakan campuran minuman yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini tentunya tidak terlapas dari kandungan nutrisi keduanya.

Lemon dan madu bahkan masing-masingnya memiliki manfaat walaupun dikonsumsi secara terpisah. Lemon yang memiliki rasa asam dicampur dengan madu yang manis tentunya membuat campuran minuman ini menjadi enak dikonsumsi.

Manfaat lemon dan madu dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Lemon dan madu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (20/8/2022) tentang manfaat lemon dan madu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lemon dan Madu

Baik untuk Kulit

Manfaat lemon dan madu yang pertama yaitu baik untuk kulit atau kecantikan. Vitamin C dalam lemon yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun kolagen agar kulit tetap terawat dan tampak lebih muda. Semantara itu, madu memiliki banyak senyawa yang membantu melembabkan kulit dari dalam.

Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan seperti kembung, mules, dan sembelit merupakan masalah yang cukup serius. Minum lemon dan madu adalah salah satu obat paling sederhana. Manfaat lemon dan madu ini tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisinya. Lemon kaya akan pektin yang berfungsi seperti scrubber di dalam usus. Membantu membersihkan dan mendorong kotoran dalam tubuh secara efektif.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian di dunia dan merupakan ancaman utama bagi kesehatan manusia. Ramuan sederhana madu dan lemon ini juga bisa membantu mencegah penyakit jantung. Hal ini karena lemon dan madu kaya akan kalium, yang bisa menurunkan kadar tekanan darah dan mencegah risiko serangan jantung. Antioksidan dan sifat anti-inflamasi membuat manfaat lemon dan madu dapat membantu melindungi otot jantung dari peradangan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lemon dan Madu

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lemon dan madu berikutnya yaitu dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Kurang tidur, stres, dan diet yang buruk bisa mendatangkan penyakit yang cukup serius bagi tubuh kamu. Vitamin C pada lemon dan kayanya mineral dalam madu, membantu memperkuat kekebalan tubuh dan melawan bakteri yang menyerang tubuh. Madu juga memiliki sifat antimikroba alami untuk menjaga kamu tetap sehat.

Menghilangkan Racun Tubuh

Udara yang kamu hirup serta makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari, terkadang sudah terkena berbagai macam jenis bahan kimia dan racun. Pada umumnya tubuh kita sudah memiliki pertahanan alami. Tapi, ada baiknya jika memberikan pertahanan dari luar. Manfaat lemon dan madu dapat meningkatkan fungsi hati untuk membantu detoksifikasi tubuh.

Bantu Penurunan Berat Badan

Manfaat lemon dan madu berikutnya adalah untuk membantu proses penurunan berat badan. Air madu lemon adalah minuman yang sempurna untuk memulai hari. Menambahkan beberapa tetes madu dan 1 sdt jus lemon ke dalam air hangat dapat meningkatkan aktivitas metabolisme yang pada gilirannya membantu membakar lemak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lemon dan Madu

Cegah Batu Ginjal

Manfaat lemon dan madu juga dapat membantu mencegah batu ginjal. Urin yang pekat dan asam dapat menyebabkan sensasi terbakar pada saluran kemih saat buang air kecil dan juga dapat menyebabkan kencing batu.

Sifat antimikroba dari madu dan efek diuretik dari lemon bekerja sama untuk membuang bakteri dan zat berbahaya lain yang tidak diinginkan dari sistem yang menyebabkan batu ginjal. Selain itu, banyaknya asam sitrat dalam lemon dan madu bersama-sama menjadi basa di alam dan secara efektif dapat membantu mencegah pembentukan batu di ginjal untuk sebagian besar.

Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Manfaat lemon dan madu juga baik untuk mencegah infeksi saluran kencing. Madu berperan sebagai antibakteri yang ampuh dalam membunuh kuman yang menyebabkan infeksi. Sementara itu, buah lemon memiliki kandungan baik lainnya untuk tubuh. Jadi, kombinasi antara lemon dan madu sangat cocok untuk kesehatan, terutama dalam membersihkan saluran kencing.

Obat Edema

Manfaat lemon dan madu juga dapat digunakan sebagai obat edema. Retensi air dalam tubuh sering kali dapat menyebabkan pembengkakan kaki dan bahkan memberi tekanan pada jantung dan darah yang pada akhirnya menyebabkan edema dan hipertensi. Minuman lemon dan madu berfungsi sebagai diuretik yang luar biasa dan membantu dalam produksi urin. Jadi, meminum segelas air madu lemon di pagi hari saat perut kosong tidak hanya mengobati edema tetapi juga mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Mengendalikan Tekanan Darah

Untuk mengendalikan tekanan darah kamu bisa juga menggunakan manfaat lemon dan madu ini. Lemon memiliki kandungan kalium yang tinggi dan membuat kamu bisa tidur lebih mudah di malam hari dan meredakan stres. Pada akhirnya hal ini juga berpengaruh pada tekanan darah yang menjadi normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.