Sukses

Non Biner Adalah Istilah Gender Bukan Pria Ataupun Wanita, Ini Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Non biner adalah istilah identitas gender yang umumnya tidak sama dengan biner. Sedangkan, biner adalah identitas gender laki-laki dan perempuan yang telah ditentukan sejak dia lahir. Lantas apa itu non biner?

Non biner atau yang dikenal dengan genderqueer adalah sebuah spektrum identitas gender yang tak secara eksklusif maskulin atau feminin‍ ‌teridentifikasi berada di luar gender biner. Istilah lain untuk non-biner adalah enby.

Non biner adalah salah satu dari beragam identitas gender yang ada. Dengan begitu, kini untuk mengidentifikasi gender seseorang, tak hanya bisa dilakukan dengan melihat struktur biologis secara mentah. Namun juga bisa dari pengaruh pola pikir manusia.

Untuk lebih rinci, berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian non biner yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Pengertian Non Biner

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa non biner adalah istilah identitas gender yang tidak merujuk secara spesifik pada salah satu gender seperti perempuan maupun laki-laki. Dalam hal ini, orang non biner akan menentukan identitasnya berdasarkan pola pikir.

Mengutip dari Medicalnewstoday, orang yang non biner adalah seseorang yang akan mengklasifikasikan dirinya sebagai seseorang yang berbeda dengan stuktur biologisnya yang telah ditetapkan sejak lahir.

Orang non biner adalah seseorang yang akan memandang dirinya tidak dalam gender pria ataupun wanita. Dengan kata lain, kelompok non biner atau genderqueer tidak mengakui jenis kelaminnya secara spesifik, terlepas dari apa pun penampilan fisiknya.

3 dari 6 halaman

Perbedaan Antara Non Biner, Transgender dan Interseks

Ketiga jenis identitas gender ini tidaklah sama, ketiganya memiliki pengertian yang berbeda-berbeda. Pengertian non biner adalah seseorang yang tidak menggambarkan diri mereka secara khusus berdasarkan pria ataupun wanita. Sedangkan, transgender adalah orang-orang yang mengakui jenis kelamin diri mereka berlawanan dari anatomi seksualnya sejak lahir. Dengan begitu akan muncul rasa tekanan batin karena merasa berada di tubuh yang salah sehingga tidak nyaman dengan kondisi yang dialaminya.

Sementara itu, interseks adalah kondisi ketika seseorang lahir dengan dua alat kelamin sehingga membuatnya sulit dikategorikan sebagai pria atau wanita. Berbeda dengan non biner yang hanya memiliki satu jenis kelamin, namun mereka tidak mengakuinya.

4 dari 6 halaman

Cara Memanggil Seorang Non Biner

Dikutip dari Medicalnewstoday, cara memanggil seorang non biner harus dicek terlebih dahulu sikap dan pola pikirnya. Cara memanggil seorang non biner adalah mereka (they/them), jangan memanggilnya dengan sebutan dia (she/he) dalam bahasa Inggris.

Dalam hal ini anda harus berhati-hati ketika memanggil seorang non biner, sebab apabila menggunakan kata memanggil yang salah akan membuat dia/mereka marah. Tindakan ini disebut misgendering.

Istilah gender non-biner sendiri juga dikenal dengan istilah-istilah lainnya, seperti agender, bigender, genderfluid, off the binary, androgynus, boi, butch, hingga gender neutral. Semua merujuk pada definisinya masing-masing, sehingga secara spesifik mungkin terdapat perbedaan pemahaman.

5 dari 6 halaman

Istilah lain dalam Gender

1. Biner

Dikutip dari Merriam Webster, biner adalah perbedaan yang terlihat antara perempuan dan laki-laki yang dilihat dari struktur biologis dan tingkah lakunya.

2. Cisgender

Cisgender atau disebut dengan cis merupakan istilah yang digunakan bagi seseorang yang identitas gendernya selaras dengan jenis kelamin.

3. Seks (jenis kelamin)

Alat kelamin yang dimiliki seseorang sejak lahir menentukan jenis kelamin. Jenis kelamin seseorang yang ditentukan dengan mudah oleh organ genital yang dimiliki saat lahir. Perempuan terlahir dengan vagina sedangkan laki-laki terlahir dengan penis.

4. Chiset

Cisgender heteroseksual atau yang biasa dikenal dengan chiset. Istilah chiset ini menggambarkan seseorang yang terlahir dalam jenis kelamin laki-laki atau perempuan, namun dia bertransisi menjadi lawan jenis kelamin untuk menunjukan identitas gender barunya. 

5. Interseks

Istilah interseks adalah kondisi ketika seseorang lahir dengan dua alat kelamin sehingga membuatnya sulit dikategorikan sebagai pria atau wanita. Misalnya terlahir dengan anatomi vagina, namun anatomi internalnya adalah laki-laki. Dengan demikian, kesadaran orang tersebut terhadap identitas gender yang sesungguhnya menjadi sangat penting.

6 dari 6 halaman

Istilah lain dalam Gender

6. Genderfluid

Genderfluid merupakan istilah untuk seseorang yang merasa dirinya memiliki berbagai identitas gender dan sering berganti-ganti seiring waktu.

7. Orientasi Seksual

Orientasi seksual memiliki arti berbeda dengan identitas gender. Misalnya, seseorang yang merasa non-binary atau trans, sering disebut gay atau biseksual. Padahal identitas gender yang beragam juga bisa disebut heteroseksual.

8. Biseksual

Biseksual seringkali diartikan sebagai seseorang yang tertarik secara emosional dan seksual pada pria dan wanita. Padahal, biseksual merupakan kondisi seseorang tertarik kepada lebih dari satu gender secara emosional dan seksual.

9. Sapioseksual

Istilah sapioseksual digunakan untuk seseorang yang tertarik pada kecerdasan atau cara berpikir seseorang daripada penampilannya. 

10. Panseksual

Istilah ini menggambarkan ketertarikan seseorang secara emosi dan seksual tanpa memandang gender. Orang panseksual bisa tertarik dengan orang yang memiliki gender yang sama atau berbeda. Dengan kata lain, panseksual merupakan ketertarikan tanpa memandang pada jenis kelamin, gender, dan orientasi seksual apapun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.