Sukses

Mengenal Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta yang Mendunia, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta terkenal dengan berbagai objek wisata yang memesona dan selalu bisa menarik wisatawan untuk terus berkunjung. Namun, apabila anda bosan berlibur ke pantai ataupun Malioboro, anda dapat memilih desa wisata Pentingsari sebagai solusinya.

Berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta akan mendapatkan pengalaman yang seru dan juga bisa belajar hal baru. Desa Wisata Pentingsari yang berlokasi di Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman sudah terkenal ke mancanegara.

Desa wisata Pentingsari terkenal dengan desa wisata yang memiliki segudang penghargaan. Bagi anda yang berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari, akan disajikan pilihan destinasi yang beragam, mulai dari berlatih mengolah kebun dan peternakan, memahami kesenian tari sampai wayang, hingga membuat kerajinan tangan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Latar Belakang Desa Wisata Pentingsari di Yogykarta

Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf,  Desa Wisata Pentingsari adalah salah satu dari sekian banyak desa wisata yang berkembang di wilayah Yogyakarta. Desa Wisata Pentingsari mengangkat tema Desa Wisata, Budaya, dan Pertanian yang Berwawasan Lingkungan. Sesuai dengan tema tersebut, pengunjung bakal mendapatkan pengalaman mengesankan. Sebab, dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat, alam, hingga seni budaya. Desa Wisata Pentingsari tepatnya berlokasi di Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa Wisata Pentingsari yang kawasannya seluas 103 hektare dihuni oleh sekitar 1.255 kepala keluarga. Dulunya desa ini termasuk ke dalam desa termiskin di antara desa-desa yang ada di lereng Gunung Merapi. Berada di dalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) membuat masyarakat desa bergegas mencari keunikan lain dan tidak hanya mengandalkan lokasi wisata. Dengan semangat dan kegigihan yang kuat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sejak 13 tahun yang lalu, desa wisata ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Desa tersebut membuat potensi wisatanya sendiri berupa menjadikan aktivitas sehari-hari di desa sebagai daya tarik wisata. Itulah yang membuat Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta ini unik dan berbeda dengan desa wisata lainnya.

Karena kegigihan menjual aktivitas masyarakat desa, berbagai penghargaan bergengsi pun diraih oleh Desa Wisata Pentingsari, di antaranya Green Bronze Indonesian Sustainable Tourism Award (ISTA) dalam kategori ekonomi pada 2017, Juara II Festival Desa Wisata Kabupaten Sleman Yogyakarta Kategori Mandiri pada 2018, dan masuk ke dalam 100 besar destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia menurut Global Green Destinations Days (GGDD) pada 2019.

3 dari 4 halaman

Wisata Edukasi yang Ditawarkan di Desa Wisata Pentingsari

Berada di Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta ini, wisatawan akan diajak berkegiatan dan mendapat pengalaman baru yang menyenangkan dan seru. Wisatawan bisa melihat dan belajar tentang alam, lingkungan, pertanian, perkebunan, kewirausahaan, kehidupan sosial budaya, dan beragam seni tradisional.

Selain itu, wisatawan juga akan melihat kearifan lokal yang masih mengakar di masyarakat Pentingsari. Ada beberapa program wisata desa, seperti live in, kemah, trekking, atau outbound yang bisa dinikmati. Ketika pertama kali datang ke Desa Wisata Pentingsari, anda akan disambut dengan tari tradisional Jawa, salah satunya Tari Punakawan. Dalam budaya Jawa, Punakawan merupakan pengikut kesatrian dalam tokoh pewayangan. Penarinya ada empat orang, sesuai dengan tokoh Punakawan. Mereka berperawakan layaknya Gareng, Petruk, Semar, dan Bagong. 

Kemudian untuk kegiatan wisata budaya, wisatawan bisa mengikuti kegiatan, seperti belajar gamelan, menari, membatik, membuat wayang rumput, dan membuat janur. Tak hanya itu, anda juga akan belajar hal baru seperti menangkap ikan, membajak sawah, hingga menenam padi. Aktivitas ini sangat cocok untuk sarana belajar bagi anak-anak.

Setelah mengenal pertanian, peternakan, dan seni budayanya, anda juga bisa mengeksplorasi ekonomi Desa Wisata Pentingsari. Salah satu aktivitas seru, yakni pembuatan tempe. Selain tempe, bagi anda pencinta kopi, bisa berlajar untuk mengolahnya secara langsung.

Jika jiwa sosial anda tinggi, bisa turut berpartisipasi untuk kegiatan penghijauan, taman bacaan, hingga penataan fasilitas umum. Selain melakukan beragam aktivitas seru, ternyata desa wisata ini memiliki Pancuran Suci Sedang Sari yang dipercaya sebagai tempat bertemunya Dewi Nawang Wulan dan Jaka Tarup.

4 dari 4 halaman

Fasilitas di Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta

Tak hanya memiliki pilihan destinasi wisata yang bisa dieksplore, Desa Wisata Pentingsari ternyata juga memiliki penginapan yang dapat anda sewa. Sehingga wisatawan tak perlu jauh-jauh pulang pergi dari pusat kota Yogyakarta ke Desa Pentingsari, karena di sini juga telah disediakan beragam tempat bermalam, mulai dari area berkemah sampai homestay. Yang mau bermalam di rumah warga juga silakan.

Untuk homestaynya sendiri hanya berjumlah 60 unit, untuk itu bagi yang ingin menginap di homestay disarankan untuk memesan terlebih dahulu. Anda bisa menginap sehari semalam sampai mengambil paket kegiatan selama 4 hari 3 malam. Dijamin berlibur di Desa Wisata Pentingsari bakal bikin anda makin puas merasakan suasana pedesaan ala Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.