Sukses

19 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Aman

Cara menambah berat badan dengan cepat ini mengandalkan konsumsi makanan tinggi kalori dan protein.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik badan kurus atau berat badan rendah wajib tahu cara menambah berat badan dengan cepat dan aman. Seseorang yang kekurangan berat badan memiliki indeks massa tubuh di bawah 18.5. Apa penyebab kekurangan berat badan?

Faktor penyebab kekurangan berat badan paling sering terjadi adalah kekurangan nutrisi, gangguan kekebalan tubuh, dan masalah hormon. Selain itu, bisa karena kemandulan, keterlambatan perkembangan, dan osteoporosis.

Ahli nutrisi Natalie Olsen, R.D., L.D., ACSM EP-C dalam reviewnya, melansir dari Medical News Today pada Senin (22/8/2022), mengungkap ada sembilan belas cara menambah berat badan dengan cepat dan aman. Cara menambah berat badan dengan cepat ini mengandalkan konsumsi makanan tinggi kalori dan protein.

Mulai dari buah-buahan, telur, pati, telur, hingga suplemen protein. Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman ini sangat efektif untuk menambah massa otot, termasuk bagi para atlet. Perhatikan! Hindari makanan yang tinggi gula dalam proses menaikkan berat badan yang sehat.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sembilan belas cara menambah berat badan dengan cepat dan aman, Senin (22/8/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Aman

1. Susu

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi susu. Susu bisa diandalkan karena menawarkan campuran lemak, karbohidrat, dan protein. Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman dengan susu, menjadi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk kalsium.

Kandungan protein susu menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang mencoba membangun otot. Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman ini dibuktikan dalam satu studi. Bahwa setelah latihan ketahanan, minum susu skim membantu membangun otot lebih efektif daripada produk berbasis kedelai.

Sebuah studi serupa tentang cara menambah berat badan dengan cepat dan aman, yang melibatkan wanita dalam pelatihan ketahanan menunjukkan hasil yang lebih baik pada mereka yang minum susu setelah berolahraga. Bagi siapa saja yang ingin menambah berat badan, susu dapat ditambahkan ke dalam makanan sepanjang hari.

2. Protein Shake

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi protein shake. Protein shake dapat membantu seseorang untuk menambah berat badan dengan mudah dan efisien.

Shake adalah cara menambah berat badan dengan cepat, aman, dan paling efektif membantu pembentukan otot jika diminum sesaat setelah berolahraga. Catat, shake premade sering kali mengandung tambahan gula dan aditif lain yang harus dihindari.

Periksa label dengan hati-hati sebelum mengonsumsinya.

3. Nasi

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi nasi. Secangkir atau semangkuk nasi mengandung sekitar 200 kalori, dan ini sumber karbohidrat yang baik, yang berkontribusi pada penambahan berat badan. Banyak orang merasa mudah memasukkan nasi ke dalam makanan yang mengandung protein dan sayuran.

4. Daging Merah

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi daging merah. Mengkonsumsi daging merah telah terbukti membantu membangun otot dan menambah berat badan dengan efektif.

Steak mengandung leusin dan creatine, nutrisi yang memainkan peran penting dalam meningkatkan massa otot. Steak dan daging merah lainnya mengandung protein dan lemak, ini efektif sebagai cara menambah berat badan dengan cepat.

Agar cara menambah berat badan dengan cepat lebih aman dilakukan, disarankan untuk membatasi asupannya, potongan daging merah yang lebih ramping atau kecil membuatnya lebih sehat untuk jantung daripada potongan yang lebih berlemak.

Satu studi tentang cara menambah berat badan dengan cepat dan aman ini, menemukan menambahkan daging merah tanpa lemak ke dalam makanan 100 wanita berusia 60-90 tahun membantu mereka menambah berat badan dan meningkatkan kekuatan sebesar 18 persen saat menjalani pelatihan ketahanan.

5. Kacang dan Mentega Kacang

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi kacang dan mentega kacang. Mengkonsumsi kacang secara teratur dapat membantu seseorang untuk menambah berat badan dengan aman.

Kacang adalah camilan yang enak dan dapat ditambahkan ke banyak makanan, termasuk salad. Kacang panggang mentah atau kering memiliki manfaat kesehatan paling banyak, termasuk sebagai cara menambah berat badan dengan cepat dan aman.

Selai kacang yang dibuat tanpa tambahan gula atau minyak terhidrogenasi juga dapat membantu cara menambah berat badan dengan cepat dan aman. Kemudian, satu-satunya bahan dalam mentega ini adalah kacang itu sendiri.

6. Roti Gandum Utuh

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi roti gandum utuh. Roti ini mengandung karbohidrat kompleks, yang dapat meningkatkan berat badan. Beberapa juga mengandung biji, yang memberikan manfaat tambahan.

7. Pati Lainnya

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi jenis pati lainnya. Makanan yang mengandung pati, sudah terdaftar untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan penambahan berat badan.

Mereka menambahkan jumlah besar ke makanan dan meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi. Makanan lain yang kaya pati sebagai cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah:

- Kentang

- Jagung

- Biji gandum

- Soba

- Kacang polong

- Labu

- Gandum

- Kacang-kacangan

- Sayuran akar musim dingin

- Ubi jalar

- Semacam spageti

- Sereal gandum utuh

- Roti gandum utuh

- Batangan sereal

Selain menambah kalori, pati sebagai cara menambah berat badan dengan cepat dan aman, mampu menyediakan energi dalam bentuk glukosa. Glukosa disimpan dalam tubuh sebagai glikogen. Penelitian menunjukkan bahwa glikogen dapat meningkatkan kinerja dan energi selama berolahraga.

3 dari 3 halaman

Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Aman

8. Suplemen Protein

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi suplemen protein. Atlet yang ingin menambah berat badan sering menggunakan suplemen protein untuk meningkatkan massa otot.

Mereka mengombinasikannya dengan latihan ketahanan. Suplemen protein tersedia untuk dibeli secara online. Mereka mungkin cara yang murah untuk mengkonsumsi lebih banyak kalori dan menambah berat badan.

9. Salmon

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi salmon. Enam ons salmon mengandung sekitar 240 kalori dan salmon juga kaya akan lemak sehat.

Inilah yang menjadikannya pilihan yang baik untuk cara menambah berat badan dengan cepat dan aman. Salmon juga mengandung banyak nutrisi, termasuk omega-3 dan protein.

10. Buah-buahan Kering

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi buah-buahan kering. Buah kering kaya akan nutrisi dan kalori, dengan seperempat cangkir cranberry kering mengandung sekitar 130 kalori.

Tertarik mencoba cara menambah berat badan dengan cepat dan aman ini? Banyak orang lebih suka nanas kering, ceri, atau apel. Buah kering banyak tersedia secara online, atau seseorang dapat mengeringkan buah segar di rumah.

11. Alpukat

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi alpukat. Alpukat kaya akan kalori dan lemak, serta beberapa vitamin dan mineral.

12. Cokelat Hitam

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi cokelat hitam. Cokelat hitam disebut sebagai makanan tinggi lemak dan berkalori tinggi.

Makanan sebagai cara menambah berat badan dengan cepat dan aman ini pun mengandung antioksidan. Seseorang yang ingin menambah berat badan harus memilih cokelat yang memiliki kandungan kakao setidaknya 70 persen.

13. Sereal Bar

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi sereal bar. Batangan sereal dapat menawarkan kandungan vitamin dan mineral sereal dalam bentuk yang lebih nyaman.

Seseorang harus mencari batangan yang mengandung biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Hindari yang mengandung gula dalam jumlah berlebihan. Ini menjadikan cara menambah berat badan menjadi tidak aman.

14. Sereal Gandum Utuh

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi sereal gandum utuh. Banyak sereal yang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Namun, beberapa mengandung banyak gula dan sedikit karbohidrat kompleks. Ini harus dihindari.

Sebaliknya, cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah pilih sereal yang mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan. Ini mengandung kadar karbohidrat dan kalori yang sehat, serta nutrisi seperti serat dan antioksidan.

15. Telur

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi telur. Telur adalah sumber protein, lemak sehat, dan nutrisi lainnya yang baik. Sebagian besar nutrisi terkandung dalam kuning telur.

16. Lemak dan Minyak

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi lemak dan minyak. Minyak seperti yang berasal dari buah zaitun dan alpukat, memiliki kandungan kalori dan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung. Satu sendok makan minyak zaitun akan mengandung sekitar 120 kalori.

17. Keju

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi keju. Keju adalah sumber lemak, protein, kalsium, dan kalori yang baik. Seseorang yang ingin menambah berat badan harus memilih keju penuh lemak.

18. Yoghurt

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi yoghurt. Yoghurt penuh lemak juga dapat memberikan protein dan nutrisi.

Hindari yogurt beraroma dan yang memiliki kandungan lemak lebih rendah, karena sering kali mengandung gula tambahan. Cobalah menambah yogurt dengan buah atau kacang.

19. Pasta

Cara menambah berat badan dengan cepat dan aman adalah mengonsumsi pasta. Pasta dapat memberikan jalur padat kalori dan kaya karbohidrat untuk mendapatkan berat badan yang sehat. Hindari pasta yang diputihkan, dan pilih yang dibuat dengan biji-bijian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.