Sukses

10 Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah dan Gratis yang Paling Populer

Tempat wisata Jakarta murah meriah dan gratis yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman dan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Jakarta murah meriah yang menarik untuk dikunjungi tidak hanya Bundaran HI saat car free day dilaksanakan. Kenyataanya masih banyak terdapat tempat wisata murah dan gratis yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Tempat wisata Jakarta murah meriah yang bisa dikunjungi selama liburan tidak hanya berupa tempat nongkrong, namun juga berupa tempat wisata alam, sejarah, edukasi, budaya dan religi. Menjadi oase di tengah sibuknya keramaian ibu kota, keberadaan tempat wisata murah dan gratis ini menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

Dengan mengunjungi daftar rekomendasi tempat wisata Jakarta murah meriah, wisatawan tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak uang selama liburan. Waktu berlibur tetap bisa menjadi pengalaman yang berharga untuk dihabiskan bersama dengan keluarga dan teman-teman.

Untuk referensi liburan, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata Jakarta murah meriah dan gratis yang dapat dikunjungi selama liburan, Senin (22/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Dan Gratis

1. Masjid Istiqlal

Tempat wisata Jakarta murah meriah yang pertama adalah wisata religi ke masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Jakarta. Dibangun pada tahun 1978, Masjid Istiqlal adalah Masjid terbesar di Asia Tenggara.

Masjid Istiqlal dapat menampung hingga 200.000 orang. Halamannya juga luar biasa dengan seluruh bangunan yang memamerkan marmer desainer dan menara dekoratif yang sayang untuk dilewatkan. Interior Masjid Istiqlal memiliki desain dekoratif Islami yang megah dan mewah.

Lokasi: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

 

2. Chinatown Jakarta

Jika anda mencari tempat untuk dikunjungi pada malam hari, Chinatown Jakarta adalah tempat yang tepat untuk anda. Sejak imigran Tionghoa mencapai Jakarta pada abad ke-17, penduduk pendatang Tionghoa merupakan bagian penting dari sejarah kota Jakarta dan membuat chinatown menjadi salah satu tempat bersejarah di Indonesia.

Disini pengunjung dapat menemukan beberapa arsitektur tradisional Cina yang menakjubkan dengan unsur sejarah yang kental mulai dari pasar, kuil, dan restoran makanan lezat yang menjual makanan khas Chinatown Jakarta. Selain itu pengunjung juga dapat berbelanja hemat karena barang yang dijual bisa ditawar.

Lokasi: Jl. Pancoran, RT.2/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Dan Gratis

3. Galeri Nasional

Tempat wisata Jakarta murah meriah yang berikutnya adalah berkunjung ke Galeri Nasional. Sekalipun Galeri Nasional menyimpan banyak karya seni paling monumental dan bergengsi di Indonesia, wisatawan dapat masuk ke Galeri Nasional Indonesia secara gratis.

Galeri ini memiliki lebih dari 1.700 item dalam koleksinya untuk dinikmati semua orang. Jika anda seorang pecinta seni, lokasi ini merupakan salah satu destinasi yang harus dikunjungi selama menghabiskan waktu liburan.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

 

4. Lapangan Merdeka

Dengan luas 75 hektar, Lapangan Merdeka menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Jakarta. Disini pengunjung akan dibuat terkagum-kagum dengan luas lapangan merdeka yang diklaim menjadi lapangan terbesar di Asia Tenggara.

Pastikan untuk memakai sepatu yang nyaman saat pergi ke Lapangan Merdeka karena anda akan banyak berjalan kaki. Ini juga merupakan tempat yang sempurna untuk hangout dengan teman dan keluarga karena terdapat banyak spot untuk bersantai disini sambil menikmati pemandangan kota Jakarta dan monumen nasional.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Dan Gratis

5. Katedral Jakarta

Katedral Jakarta menjadi tempat wisata Jakarta murah meriah yang berikutnya. Dibangun pada tahun 1901, Katedral Jakarta berfungsi sebagai tempat ibadah dan menandai masuk serta berdirinya Katolik Roma di Indonesia.

Sekilas, anda akan mengira ada kemiripan Katedral Jakarta dengan Sagrada la Familia Barcelona, ​​Spanyol. Fasad gereja memiliki beberapa dekorasi Romawi yang menakjubkan dan menara putih yang menakjubkan serta interiornya memberikan gambaran sekilas tentang katedral Eropa.

Lokasi: Jl. Katedral No.7B, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

 

6. Kota Tua

Kota tua adalah lingkungan yang terdiri dari pusat kota Jakarta di mana anda dapat melihat dan mengagumi arsitektur bergaya Belanda yang berasal dari abad ke-17. Ini adalah rumah bagi sisa-sisa Oud Batavia, pemukiman Belanda bertembok di Jakarta. Berkeliling lingkungan ini pasti akan menyenangkan penggemar sejarah dan budaya.

Menampilkan arsitektur, museum, dan kuil Belanda yang fantastis, anda dapat menggali kejayaan Batavia dan mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Indonesia. Kota tua merupakan salah satu destinasi wisata gratis terbaik untuk dilakukan di kota yang gratis dan murah meriah.

Lokasi: Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Rt 07 / Rw 07, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Dan Gratis

7. Alun-alun Fatahillah

Tempat ini adalah bagian sejarah Jakarta dan terletak di kota. Alun-alun Fatahillah dibangun pada masa Kolonial Belanda pada abad ke-16 sebagai jantung kota bertembok. Selain alun-alun terdapat banyak tempat wisata seperti Museum Sejarah Jakarta dan bangunan kolonial lainnya.

Berjalan-jalanlah untuk menikmati pemandangan secara gratis dan juga nikmati banyak keberagaman para seniman dan artis yang menghibur di sini pada akhir pekan. Anda juga dapat duduk-duduk dan berwisata kuliner dengan dikelilingi budaya kuno sambil menikmati pemandangan air mancur.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

 

8. Istana Kepresidenan (Istana Negara)

Istana yang juga dikenal sebagai Istana Merdeka ini terletak di antara jalan veteran dan jalan Medan Merdeka Utara, menghadap Monumen Nasional di selatan dan Sungai Ciliwung di utara. Bangunan neo klasik asal Belanda ini digunakan sebagai kediaman resmi Presiden Indonesia.

Istana kepresidenan merupakan bangunana dengan pemandangan yang mewah dan megah, serta sering menjadi tempat untuk berbagai acara penting kenegaraan seperti upacara Hari Kemerdekaan tahunan.

Lokasi: Jalan Medan Merdeka Utara Gambir Jakarta 10160, Indonesia · Gambir, Gambir, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Dan Gratis

9. Taman Suropati

Tempat wisata Jakarta murah meriah yang berikutnya adalah pergi ke Taman Suropati. Penuh dengan pepohonan tinggi yang rindang yang akan bergoyang saat udara segar berhembus. Taman ini memiliki campuran alam, perkotaan, dan tata taman yang artistik, membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi siapa saja.

Disini pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti jalan santai, jogging, menikmati pertunjukan musik jalanan atau hanya duduk-duduk bersantai menikmati pemandangan yang dapat menjernihkan pikiran dari hiruk pikuk pekerjaan selama seminggu penuh.

Lokasi: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

 

10. Pasar Baru

Tempat wisata Jakarta murah meriah yang terakhir adalah berkunjung ke pasar baru. Pengunjung banyak datang ke sini untuk jalan-jalan gratis menyusuri jalan kenangan di Pasar Baru, serta menikmati banyaknya wisata kuliner dan permainan di sini.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pilihan makanan lokal Indonesia yang enak seperti bakmi. Perjalanan dimulai dengan berjalan dari Metro Atom di Jalan H. Samanhudi dan kemudian berjalan menuju ujung belakang yang merupakan pusat Kesenian Jakarta (Gedung Kesenian Jakarta).

Lokasi: Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.