Sukses

11 Cara Menghilangkan Daki di Kulit, Efektif dan Aman Menggunakan Bahan Alami

Cara menghilangkan daki yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan susu dan garam.

Liputan6.com, Jakarta Kulit manusia dapat beregenerasi secara teratur, dengan proses regenerasi ini biasanya disertai pengelupasan sel kulit mati. Ada kalanya sel kulit yang sudah mati masih juga menempel di permukaan, sehingga menghasilkan lapisan berwarna keruh yang biasa disebut daki. Cara menghilangkan daki juga bisa menggunakan bahan yang tersedia di rumah, serta cukup efektif dan membantu regenerasi kulit. 

Cara menghilangkan daki yang efektif bisa menggunakan kombinasi berbagai bahan alami untuk eksfoliasi. Misalnya bubuk kopi, minyak zaitun, garam, atau kunyit. Daki yang disebabkan karena kulit yang mengalami pergantian atau regenerasi juga didukung dengan aktivitas sehari-hari saat kita beraktivitas.

Cara menghilangkan daki di kulit juga bisa dengan bahan alami serta mudah ditemukan. Selain itu, kamu hanya perlu menyiapkan bahannya kemudian campurkan di bagian tubuh tertentu atau  ke seluruh kulit kamu untuk menghilangkan daki. 

Berikut ini cara menghilangkan daki yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Daki

1. Gunakan Lulur Kunyit & Minyak Kelapa

Cara menghilangkan daki bisa menggunakan lulur kunyit dan minyak kelapa. Campurkan bubuk kunyit dengan minyak kelapa hingga menjadi pasta kental, lalu balur kulit yang berdaki tebal dengan campuran ini. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan sabun yang berformula ringan dan air hangat. Lanjutkan dengan pemakaian lotion atau body butter untuk melembutkan bagian kulit yang berkerak.

2. Eksfoliasi dengan Spons dan Yogurt

Cara menghilangkan daki juga bisa menggunakan yogurt. Cara menggunakannya adalah menggosok leher dengan yogurt menggunakan spons mandi. Kandungan lactic acids yang ada di dalam yogurt membantu proses pengelupasan serta membantu regenerasi. Gosok leher tak lebih dari 5 menit, karena kulit di bagian tubuh yang satu ini cukup sensitif.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Daki

3. Pijat dengan Minyak Esensial

Cara menghilangkan daki juga bisa dikombinasikan dengan beberapa jenis minyak esensial untuk pemijatan. Misalnya lavender oil, cinnamon oil, atau lemon oil lalu gunakan untuk memijat bagian kulit yang berdaki. Minyak alami ini akan melunakkan kulit, sehingga daku lebih mudah dikelupas.

4. Gunakan Lulur Oatmeal dan Madu

Cara menghilangkan daki juga bisa dilakukan dengan mencampurkan oatmeal dan madu hingga menjadi pasta kental. Oleskan pasta pada kulit tubuh yang berdaki lalu gosok perlahan selama beberapa menit. Biarkan mengering selama 5-10 menit berikutnya, lalu bilas dengan air hangat. Bersihkan sisa minyaknya dengan sabun berformula ringan.

5. Eksfoliasi dengan Beras dan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan daki selanjutnya bisa dicoba serta cukup efektif adalah memakai scrub beras dan minyak zaitun. Sangrai beras, kemudian tumbuk sampai halus, dan campur dengan air perasan jeruk nipis juga minyak zaitun. Gunakan campuran ini pada kulit yang berdaki, misalnya siku atau mata kaki dan gosok dengan gerakan melingkar sampai daki luruh.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Daki

6. Eksfoliasi dengan Susu dan Garam

Campurkan susu dengan garam hingga menjadi pasta kental bisa secara efektif menghilangkan daki. Rendam bola kapas pada pasta susu dan oleskan ke seluruh badan, kemudian diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

 

7. Eksfoliasi dengan Scrub Kopi dan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan daki juga bisa menggunakan kopi. Kopi adalah salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengelupas daki. Ambilah beberapa sendok bubuk kopi kemudian seduh dengan air hangat. Campur ampasnya dengan minyak kelapa lalu oleskan campuran tersebut pada kulit. Setelah itu gosok dengan gerakan melingkar, dan diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan tubuh dengan sabun untuk melunturkan pewarna alami kopi.

8. Pijat dengan Air Tajin

Cara menghilangkan daki selanjutnya ini juga bisa dilakukan di rumah serta merupakan rekomendasi situs gaya hidup Boldsky. Pijat leher dengan air tajin selama 10 menit sebelum mandi. Setelah itu bilas kulit hingga bersih.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Daki

9. Eksfoliasi dengan Bubuk Kulit Jeruk

Cara menghilangkan daki bisa dilakukan dengan bubuk kulit jeruk juga air secukupnya. Yang bisa dilakukan pertama adalah campurkan bubuk kulit jeruk dengan teh air tawar ke dalam ember, kemudian rendam bola kapas pada campuran, dan oleskan dengan lembut ke seluruh kulit badan. Diamkan masker selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

10. Gosok dengan Batu Apung

Cara menghilangkan daki berikutnya bisa menggunakan batu apung. Cara mengaplikasikannya bisa dilakukan dengan menggosok tubuh dengan batu apung, cara ini cukup efektif untuk menghilangkan daki. Pilih batu yang permukaannya cukup lembut, lalu rendam kaki atau tangan di dalam air dingin sampai kulit terasa lunak, kemudian gosok dengan batu sampai daki luruh.

11. Eksfoliasi dengan Handuk

Cara menghilangkan daki juga bisa menggunakan handuk. Handuk hangat juga cukup efektif mengelupas daki, dengan merendam handuk lembut di dalam air panas, lalu peras airnya, kemudian gunakan handuk yang telah direndam dan peras untuk menggosok kulit yang berdaki selama 5 sampai 10 menit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini