Sukses

8 Cara Menghilangkan Bau Ketiak di Baju yang Ampuh

Kumpulan cara menghilangkan bau ketiak di baju atau kain.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara menghilangkan bau ketiak di baju ini, akan membuat pemilik ketiak bau menyengat lebih percaya diri menjalani hari. Bau ketiak yang menyengat tidak hanya akan menempel di tubuh, tetapi di baju atau kain yang digunakan.

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh sangat diperlukan, karena faktanya mencucinya dengan deterjen saja tidak cukup. Melansir dari Farmers' Almanac, pada Selasa (23/8/2022) cara menghilangkan bau ketiak di baju ada delapan dan bisa pakai bahan-bahan rumahan.

Apa saja bahan yang bisa digunakan? Memahami cara menghilangkan bau ketiak di baju bisa memakai cuka, aspirin, krim tartar, soda cuci, garam, obat kumur, obat pelunak daging, dan sabun minyak. Pastikan saat melakukan cara menghilangkan bau ketiak di baju, pakai sarung tangan agar aman.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam delapan cara menghilangkan bau ketiak di baju yang dimaksudkan, Selasa (23/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bau Ketiak di Baju yang Ampuh

1. Aspirin dan Krim Tartar

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh adalah menggunakan aspirin dan krim tartar. Campurkan tiga tablet aspirin putih dicampur secangkir air hangat dan satu sendok makan krim tartar.

Kemudian cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, gosokkan larutan tersebut ke area ketiak baju dengan sikat kuku atau sikat gigi bekas.

Lalu cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, biarkan campuran tersebut menempel pada pakaian setidaknya selama 20 menit. Cuci seperti biasa dan cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, ulangi jika perlu.

2. Soda Kue

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh adalah menggunakan soda kue. Soda kue sangat bagus untuk menetralkan bau keringat yang kuat yang menempel pada kain atau baju bagian ketiak.

Buat pasta dengan baking soda dan air hangat, lalu cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh gosokkan pasta ke area yang bermasalah.

Biarkan pasta pada pakaian selama 15 menit, atau cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh biarkan semalaman. Cuci seperti biasa dan cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh bisa diulangi jika perlu.

3. Garam

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh adalah menggunakan garam. Larutkan satu cangkir garam ke dalam ember atau mangkuk besar yang berisi setengah air hangat.

Kemudian cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, rendam area yang terkena bau ketiak atau deodoran beberapa saat dan cuci seperti biasa.

4. Cuka Putih

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh adalah menggunakan cuka putih. Cuka putih dikenal sebagai penetral bau yang kuat dan bekerja sangat baik pada area ketiak kain.

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh adalah isi mesin cuci dengan air, lalu tambahkan 1/3 cangkir cuka putih. Matikan mesin, cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh biarkan pakaian terendam selama 20 menit, lalu cuci seperti biasa.

5. Soda Cuci

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh adalah menggunakan soda kue. Taburkan satu cangkir soda cuci (natrium karbonat, bukan natrium bikarbonat) ke area baju yang bau atau terkena deodoran.

Saat mempraktikkan cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, pastikan untuk memakai sarung tangan karet. Tambahkan air untuk membuat pasta dan kerjakan dengan tangan bersarung tangan. Biarkan pasta pada area yang terkena selama 30 menit. Cuci seperti biasa.

6. Obat Kumur

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh adalah menggunakan obat kumur, karena bahan ini bekerja dengan baik di baju yang bau ketiak. Cukup cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, tuangkan beberapa tutup botol di area ketiak, tunggu 30 menit, lalu cuci seperti biasa. Hati-hati menggunakannya pada baju berwarna putih, uji terlebih dahulu.

7. Sabun Minyak

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh adalah menggunakan sabun minyak. Tuangkan sabun minyak langsung pada baju di bagian ketiak yang telah dibasahi air.

Kemudian cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, gunakan sikat kuku atau sikat gigi bekas untuk menggosoknya. Diamkan selama 20 menit, lalu cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh bilas dengan air dingin, lalu cuci bersih.

8. Pelunak Daging

Cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh adalah menggunakan pelunak daging. Meski demikian, bahan sebagai cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, karena mampu memecah bahan kimia yang tertanam di baju atau kain dari bau ketiak.

Cukup cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, basahi area ketiak dengan air dan taburi dengan pelunak daging. Ratakan dengan jari-jari dan biarkan selama 20 menit. Kemudian cuci sampai benar-benar bersih.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Menyengat

Apabila sudah memahami cara menghilangkan bau ketiak di baju yang ampuh, kemudian cegah timbulnya bau ketiak ini kembali. Bau ketiak yang menyengat bisa disebabkan karena kelenjar apokrin kulit.

Kelenjar ini lebih banyak berada pada lipatan ketiak, jadi tidak heran jika ketiak bisa berbau sangat menyengat. Nah, cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan iritasi.

Ini cara menghilangkan bau ketiak menyengat yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Kecombrang

Cobalah cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan menumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya. Jika sudah, gunakan seperti sabun pada tubuh. Gunakan setiap kali mandi.

2. Temulawak

Cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat adalah dengan minum air perasan temulawak. Parut temulawak kemudian beri air sembari diperas. Tambahkan 1 sdt madu jika baunya tidak sedap dan rasanya aneh.

3. Jahe

Cobalah cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan konsumsi jahe dengan menjadikannya wedang. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau ketiak yang menyengat.

4. Mentimun

Cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan mentimun adalah dengan menggunakan ketimun sebagai masker pada ketiak. Gunakan dua kali seminggu secara rutin.

5. Cuka Apel

Cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan cuka apel adalah dengan mengoleskannya dengan kapas pada ketiak. Diamkan selama 15 menit lalu bilas. Setelah itu mandi. Gunakan setiap sebelum mandi.

6. Cengkeh

Cobalah cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan merendam cengkeh dalam air panas selama 15 menit. Bisa ditambahkan dengan madu ketika hendak meminumnya. Minum 2 kali sehari secara rutin niscaya bau ketiak menyengat akan hilang.

7. Daun Sirih

Cobalah cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat untuk mandi dengan air rebusan daun sirih. Ambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan 2 gelas air. Setelah itu campurkan pada bak air yang akan gunakan untuk mandi. Lakukan secara rutin maka bau ketiak menyengat akan segera menghilang dan bisa dicegah kedatangannya.

8. Daun Beluntas

Cobalah cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan mengkonsumsi daun beluntas. Rebus beberapa lembar daun beluntas dan konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

9. Daun Kemangi

Cobalah cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan mengonsumsinya sebagai lalapan. Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.