Sukses

24 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami, Mudah dan Aman

Cara mengecilkan pori - pori wajah, salah satunya menggunakan madu dan bengkoang.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pori-pori wajah yang terlihat besar tentu membuat tingkat kepercayaan diri menurun apalagi jika hal itu terjadi pada perempuan. Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memang kerap menjaga penampilan, baik penampilan wajah maupun tubuh. Pori-pori atau titik-titik pada permukaan kulit sebenarnya merupakan folikel rambut yang terbuka dan mengandung kelenjar minyak. Agar pori-pori tidak terbuka maka perlu untuk mengetahui cara mengecilkan pori-pori secara alami. 

Perlu diketahui bahwa sebenarnya pori-pori kulit itu tidak benar-benar membesar, dan kondisi  ini merupakan hal genetik. Orang dengan kulit pucat ataupun putih memiliki pori-pori yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan orang yang berkulit lebih gelap. Orang dengan kulit berminyak pori-porinya lebih nampak dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit kering. Pori-pori yang tersumbat, terbuka, dan membesar inilah yang biasanya menjadi biang keladi dari jerawat dan komedo oleh sebab itu, cara mengecilkan pori - pori bisa menggunakan madu juga jeruk nipis. 

Terlihat besarnya pori-pori seseorang juga bisa disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Bisa juga dikarenakan kadar kolagen yang menurun yang biasanya terjadi pada orang tua. Pori-pori besar tentu akan menyebabkan debu, kotoran, dan bakteri menempel pada kulit sehingga pori-pori menjadi makin besar lagi. Salah satu cara mengecilkan pori - pori bisa dilakukan dengan langkah dibawah ini. 

Berikut ini cara mengecilkan pori-pori yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Pori - Pori

1. Es Batu

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami juga bisa menggunakan es batu. Es batu merupakan cara instan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen. Caranya juga tergolong sangat mudah yaitu dengan mengoleskan sebongkah es batu yang diselimuti dengan sapu tangan atau handuk wajah, kemudian lakukan kegiatan ini selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

2. Air rendaman beras

Ketika hendak menanak beras, jangan terburu-buru untuk membuang airnya. Beras yang mengandung asam ferullic serta allantoin, dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Cukup biarkan air beras agar mengendap, lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah secara alami.

3. Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid yang terdapat dalam minyak zaitun, membantu serta menjaga kadar air pada kulit wajah, agar kulit tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol, sehingga membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan salah satu cara mengecilkan pori-pori pada wajah yang cukup efektif. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan sebagai masker wajah.

4. Cuka apel

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini yang dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel juga berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda.

5. Madu

Pelembap alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan. Madu juga dapat mengangkat kulit mati, hanya dengan mengambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

3 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Pori - Pori

6. Putih telur

Cara mengecilkan pori - pori juga bisa menggunakan putih telur. Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah, karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur juga bisa digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa juga menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

7. Susu

Cara mengecilkan pori - pori pada wajah juga bisa menggunakan susu yang memiliki kandungan vitamin D. Dalam wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal, tidak berkerut, dan agar pori-pori wajah tidak membesar, maka dengan susu, mampu meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Cara adalah dengan mencampur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu lalu jadikan masker wajah selama 30.

8. Yogurt

Cara mengecilkan pori - pori juga bisa menggunakan yogurt. Kandungan yogurt seperti kalsium dapat berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan dalam membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang bisa menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami sehingga pori-pori terlihat tidak nampak. Yang Anda perlukan agar adalah yogurt segar tanpa rasa yang kemudian digunakan sebagai masker wajah.

9. Teh hijau

Anti-oksidan yang terkandung pada teh hijau mampu untuk menangkal radikal bebas,  agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta mengangkat sel kulit mati. Anda juga bisa menggunakan daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah. Jika Anda menggunakan daun teh, rendam dalam air panas selama 15 menit lalu oleskan air pada wajah. Jika dengan menggunakan bubuk, maka campurkan 1 sdm bubuk teh hijau tambahkan dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah.

10. Kopi dan Gula

Kopi dan gula dapat digunakan sebagai scrub wajah, agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah dapat terangkat sempurna sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Dengan tidak adanya sel kulit mati, maka pori-pori wajah mengecil. Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu campurkan sedikit air hingga berbentuk pasta lalu gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

4 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Pori - Pori

11. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine yang terkandung dalam tomat, terbukti dapat menangkal radikal bebas sehingga sel kulit tidak menumpuk dan pori-pori wajah mengecil. Tomat juga dapat menjadi tabir surya secara alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah. Setelah itu, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Kentang

Kandungan mineral pada kentang juga menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit, juga menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori mengecil.. Anti-oksidan yang alami juga berperan penting agar noda atau flek pada wajah dapat tersamarkan dan hilang secara sempurna.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus kentang yang telah direbus, kemudian campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta dan oleskan pada wajah. 

13. Mentimun

Mentimun yang kaya akan mineral dan vitamin, sangat penting untuk kesegaran wajah terjaga. Mentimun juga berguna sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami, hanya dengan mengiris mentimun tipis-tipis kemudian ditempelkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit dan basuh dengan menggunakan air bersih. 

14. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Namun tidak hanya berguna sebagai pemutih wajah, bengkoang juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori pada wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang yang kaya akan vitamin B dan C, sehingga sel kulit mati tidak menumpuk pada wajah dan mengakibatkan pori-pori wajah dapat membesar. Caranya juga cukup mudah, dengan parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air, lalu sarinya sebagai masker wajah alami

15. Lobak putih

Lobak putih tidak hanya digunakan sebagai bahan dapur, namun bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit anda. Kandungan air yang cukup banyak terdapat di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembap dan sehat.

5 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Pori - Pori

16. Lidah buaya

Dengan menggunakan lidah buaya, memiliki banyak manfaat sekaligus. Selain untuk menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, juga dapat mengecilkan pori-pori wajah. Caranya juga mudah untuk dilakukan, hanya dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

17. Pepaya

Enzim papain yang terkandung dalam pepaya dapat membantu dalam meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E juga berfungsi sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi serta melembapkan kulit. Dengan pepaya, kulit mati akan menjadi hilang, juga dapat membersihkan kotoran pada wajah serta dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya secara alami bagi kulit wajah Anda.

Hanya dengan menghaluskan pepaya lalu menjadikannya sebagai masker selama 30 menit, akan membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah.

18. Alpukat

Alpukat sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput serta  tanda-tanda dari penuaan dini. Alpukat juga banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari, sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Dengan alpukat, penyebab pori-pori membesar akan dibasmi sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya. Caranya mudah saja dengan menghaluskan alpukat laluccampur hingga rata dan oleskan pada wajah.

19. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja sangat efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Caranya mudah saja dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu, kemudian campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

20. Strawberry

Ellagic yang terkandung dalam buah strawberry, sangat bagus untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori dapat mengecil. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan strawberry adalah dengan menghaluskannya lalu campurkan dengan susu hingga mengental dan gunakan sebagai masker wajah.

6 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Pori - Pori

21. Jeruk nipis

Cara mengecilkan pori - pori bisa dilakukan dengan jeruk nipis. Jeruk nipis yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C, dapat membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, serta membantu mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa dilakukan  secara alami. 

22. Lemon

Jeruk berikutnya yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C adalah lemon. Tidak hanya itu saja, lemon yang memiliki kandungan asam alpha hidroksi, dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah. Dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah dan membiarkannya selama 15 menit, maka dapat membuat pori-pori menjadi menutup.

23. Jeruk

Jeruk yang biasa Anda makan dagingnya pun juga dapat menjadi alternatif untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Alih-alih Anda memakan dagingnya, peras air jeruk lalu oleskan pada wajah secara rutin, maka pori-pori wajah Anda akan menutup sehingga nampak lebih kecil.

24. Kulit Jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk lebih banyak mengandung vitamin C. Kulit jeruk dapat Anda gunakan sebagai masker wajah yang memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah. Cara menggunakan dilakukan dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering, kemudian tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan juga dengan air hingga berbentuk pasta. Setelahnya itu, oleskan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini