Sukses

15 Cara Menumbuhkan Jenggot Secara Alami, Efektif dan Aman untuk Kamu Coba di Rumah

Berikut ini beberapa cara menumbuhkan jenggot secara alami yang efektif dan aman.

Liputan6.com, Jakarta Cara menumbuhkan jenggot dapat dilakukan secara alami dengan memanfaatkan beragam jenis bahan alami yang mudah untuk ditemui dan didapatkan. Tidak sedikit orang yang ingin menumbuhkan jenggotnya untuk alasan penampilan. Sebab, jenggot dipandang sebagai simbol kejantanan bagi sebagian orang atau kelompok.

Pertumbuhan jenggot pada seseorang banyak dipengaruhi oleh faktor hormon dan juga genetik. Itu sebabnya, tidak semua orang bisa memiliki jenggot tebal. Akan tetapi, cara menumbuhkan jenggot secara alami dapat membantumu untuk mengatasi permasalahan ini.

Ada berbagai cara menumbuhkan jenggot secara alami yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Cara-cara tersebut menggunakan berbagai bahan alami yang dapat dengan mudah kamu temukan dan juga kamu buat. Selain itu, cara menumbuhkan jenggot secara alami juga lebih aman untuk kamu gunakan.

Berikut ini adalah beberapa cara menumbuhkan jenggot secara alami yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menumbuhkan Jenggot Secara Alami

1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki beragam khasiat, khususnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Oleh sebab itu, lidah buaya juga banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit yang ada di pasaran. Lidah buaya sendiri bukan tanaman yang langka. Kamu dapat dengan mudah membelinya di pasaran. Kamu juga dapat menanamnya di halaman rumahmu untuk menghemat pengeluaran sekaligus mempercantik halamanmu.

Lidah buaya tidak hanya baik untuk merawat kecantikan kulit saja. Tanaman ini juga dapat kamu gunakan untuk menumbuhkan jenggot. Berikut ini adalah cara menumbuhkan jenggot secara alami menggunakan lidah buaya:

- Bersihkan daun lidah buaya yang telah kamu siapkan terlebih dahulu, lalu kupaslah daun tersebut hingga kamu melihat gel yang terdapat di dalamnya.

- Ambillah gel lidah buaya yang ada di dalam daun tersebut.

- Oleskan gel lidah buaya ke bagian wajah Anda yang ingin ditumbuhi jenggot secara merata.

- Setelah itu, diamkan sejenak hingga gel mengering, kurang lebih selama 2 jam.

- Setelah gel lidah buaya tersebut mengering, bersihkanlah wajahmu dengan air bersih.

2. Mentega

Mentega adalah salah satu bahan yang banyak digunakan di dapur. Kamu dapat menggunakan mentega sebagai salah satu cara menumbuhkan jenggot secara alami dan natural. Akan tetapi, janganlah keliru antara mentega dengan margarin. Merk mentega yang umum kamu temukan di pasaran ialah Wijsman, Orchid, ataupun Elle. Harga mentega cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan margarin, akan tetapi mentega dapat membantumu untuk menumbuhkan jenggot secara alami dengan cukup efektif.

Berikut ini adalah cara menumbuhkan jenggot secara alami menggunakan mentega:

- Pertama-tama, cucilah terlebih dahulu wajahmu menggunakan facial wash atau sabun muka hingga bersih.

- Setelah wajahmu bersih, oleskanlah mentega yang telah kamu siapkan di bagian wajah yang diinginkan untuk ditumbuhi jenggot.

- Setelah itu, diamkanlah sejenak selama kurang lebih 30 menit

- Kemudian, bersihkanlah wajahmu menggunakan sabun muka sampai benar-benar bersih dan lemak mentega luntur.

- Terakhir keringkanlah wajahmu menggunakan handuk bersih.

Selain itu, cara menumbuhkan jenggot secara alami menggunakan mentega juga dapat kamu lakukan sebelum tidur. Caranya adalah dengan mengoleskan mentega tipis saja di bagian wajah yang ingin ditumbuhi jenggot sebelum tidur lalu biarkan semalaman. Saat bangung, bilaslah wajahmu sampai bersih menggunakan sabun muka.

3. Minyak Kemiri

Minyak kemiri telah lama dikenal memiliki khasiat untuk menumbuhkan dan menebalkan rambut pada orang dewasa. Selain itu, minyak ini juga dapat mengatasi masalah rambut rontok dan memperkuat rambut. Akan tetapi, minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menumbuhkan jenggot secara alami yang efektif.

Membuat minyak kemiri sendiri mungkin cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, kamu dapat menemukan minyak kemiri di toko-toko ataupun apotek terdekat. Minyak kemiri juga banyak dijual di toko-toko online sehingga kamu dapat dengan mudah membelinya.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menumbuhkan jenggot secara alami menggunakan minyak kemiri:

- Pertama, bersihkan wajahmu terlebih dahulu menggunakan sabun muka.

- Kemudian, oleskanlah minyak kemiri di bagian wajah yang kamu inginkan secara merata

- Setelah itu, pijat-pijat terlebih dahulu bagian wajah yang kamu olesi dengan minyak kemiri supaya meresap ke dalam kulit lalu diamkan sejenak selama kurang lebih 30 menit.

- Sehabis itu, bilaslah wajahmu menggunakan sabun muka hingga bersih dan tidak ada minyak kemiri yang tersisa.

3 dari 6 halaman

Cara Menumbuhkan Jenggot Secara Alami

4. Minyak Tarantula

Nama minyak tarantula mungkin terdengar sedikit menyeramkan. Akan tetapi, minyak ini merupakan salah satu cara menumbuhkan jenggot secara alami yang efektif. Minyak tarantula sendiri merupakan sebuah ramuan tradisional yang dibuat untuk menumbuhkan rambut dan jenggot.

Minyak tarantula terbuat dari cairan yang diambil dari laba-laba dan dicampur dengan berbagai bahan alami lainnya. Cairan dalam tubuh laba-laba tersebut dipercaya sangat ampuh dan efektif untuk menumbuhkan jenggot dan rambut. Kamu dapat dengan mudah membeli minyak ini di toko online.

Berikut ini adalah cara menumbuhkan jenggot menggunakan minyak tarantula:

- Pertama, oleskanlah minyak tarantula di daerah jambang tumbuh.

- Biarkan dan tunggu sejenak selama kurang lebih 30 menit

- Setelah itu, bilaslah dengan air bersih.

5. Minyak Amla

Selain minyak kemiri dan tarantula, kamu juga dapat menggunakan minyak amla untuk membantu menumbuhkan jenggot. Minyak amla mungkin terdengar sedikit asing, akan tetapi minyak ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko online.

Minyak amla sendiri merupakan minyak alami yang terbuat dari potongan amla kering yang dimasukan ke dalam minyak kelapa mendidih. Minyak ini telah lama dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan rambut dan jenggot.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menumbuhkan jenggot menggunakan minyak amla:

- Pertama cukurlah jenggot dan jambangmu terlebh dahulu.

- Setelah itu, oleskan minyak amla sambil memijat-mijatnya supaya minyak tersebut meresap ke dalam kulit.

- Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 hingga 20 menit sebelum membilas wajahmu hingga benar-benar bersih menggunakan air dingin.

6. Telur Udang

Cara menumbuhkan jenggot secara alami yang berikutnya ialah dengan menggunakan telur udang. Kamu sebaiknya menggunakan telur udang yang masih menempel di udang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menumbuhkan jenggot menggunakan telur udang:

- Oleskan air yang diambil dari telur udang ke daerah tumbuhnya jambang

- Diamkan sejenak selama kurang lebih 4 jam

- Bilaslah wajahmu dengan air bersih.

4 dari 6 halaman

Cara Menumbuhkan Jenggot Secara Alami

7. Campuran Minyak Kayu Putih dengan Minyak Zaitun atau Minyak Wijen

Minyak kayu putih telah lama dikenal dapat menyuburkan pertumbuhan rambut. Oleh sebab itu, minyak ini dapat digunakan sebagai salah satu cara menumbuhkan jenggot secara alami yang efektif. Akan tetapi, minyak kayu putih dapat menyebabkan iritasi kulit karena kuatnya kandungan minyak tersebut. Oleh sebab itu, kamu perlu mencampurnya dengan minyak lain sebagai pendingin seperti minyak wijen ataupun minyak zaitun.

Cara menumbuhkan jenggot menggunakan minyak kayu putih juga cukup mudah. Kamu perlu mencampur setengah cangkir minyak zaitun atau minyak wijen dengan 20 tetes minyak kayu putih. Oleskanlah campuran minyak tersebut ke wajah sambil memijat-mijat kulit wajah anda supaya meresap. Biarkan sejenak selama kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya menggunakan air dingin dan sabun yang lembut sampai bersih.

8. Lemon dan Kayu Manis

Campuran lemon dan kayu manis dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara menumbuhkan jenggot secara alami yang efektif. Lemon adalah buah yang kaya dengan kandungan asam sitrat, kalsium, dan Vitamin C. Kandungan tersebut dapat membantu untuk mengurangi ketombe pada jenggot. Sementara itu, kayu manis dapat membantumu untuk meningkatkan aliran darah yang kaya nutrisi ke folikel rambut.

Cara menumbuhkan jenggot secara alami menggunakan lemon dan kayu manis adalah dengan mencampur bubuk kayu manis dan beberapa sendok air perasan lemon terlebih dahulu. Setelah mengaduknya hingga rata, oleskan ke jenggot dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bilaslah wajahmu sampai bersih menggunakan air dingin.

9. Minyak Kelapa

Cara menumbuhkan jenggot secara alami yang efektif berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak rosemary supaya cara ini lebih efektif.

Cara menumbuhkan jenggot menggunakan minyak kelapa adalah dengan menghangatkan sedikit minyak kelapa terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan minyak tersebut ke wajah dengan bantuan kapas dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Supaya efektif, lakukan ini secara rutin sebanyak tiga kali seminggu.

5 dari 6 halaman

Cara Menumbuhkan Jenggot Secara Alami

10. Mengkonsumsi Telur

Telur adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein. Telur mentah sendiri banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin membangun ototnya. Akan tetapi, telur juga dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara menumbuhkan jenggot secara alami. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kandungan vitamin B di dalam telur. Vitamin B adalah salah satu nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Selain itu, kandungan biotin di dalam telur juga dipercaya dapat membantu untuk menumbuhkan jenggot.

11. Sarden

Sarden adalah salah satu bahan makanan yang mudah untuk ditemui Sarden sendiri sering ditemukan dalam bentuk kalengan. Sarden merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan protein. Tingginya kandungan protein di dalam ikan ini dapat membantumu sebagai salah satu cara menumbuhkan jenggot secara alami yang cukup efektif.

12. Hati

Hati, khususnya hati sapi, adalah bahan makanan yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi, mulai dari vitamin A, hingga vitamin B kompleks yang melibatkan B2, B12, biotin, dan asam folat. Selain itu, hati juga kaya akan kandungan berbagai macam mineral seperti zat besi dan zinc. Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam hati penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Oleh sebab itu, mengkonsumsi hati, khususnya hati sapi, merupakan cara menumbuhkan jenggot secara alami yang dapat kamu coba di rumah.

6 dari 6 halaman

Cara Menumbuhkan Jenggot Secara Alami

13. Biji-Bijian

Cara menumbuhkan jenggot secara alami dapat dilakukan dengan cara memperhatikan makanan yang dikonsumsi serta asupan nutrisinya. Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi dan dapat membantu untuk menumbuhkan jenggot ialah beragam biji-bijian. Biji-bijian mengandung zat besi, silica, dan zat seng yang bisa mempercepat pertumbuhan brewok serta rambut. Selain itu, biji-bijian juga kaya akan kandungan vitamin B7 yang dapat mencegah rambut rontok.

14. Pasta Gigi

Selain efektif untuk menjaga kebersihan gigi, pasta gigi juga dipercaya dapat membantu untuk menumbuhkan jenggot. Akan tetapi, sampai saat ini masih belum ada penelitian yang dapat mendukung klaim ini. Hal yang perlu kamu catat, cara menumbuhkan jenggot menggunakan pasta gigi dapat menimbulkan rasa gatal di kulit wajah, khususnya bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

15. Berhenti Merokok

Cara menumbuhkan jenggot secara alami yang berikutnya ialah dengan berhenti merokok. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan rambut rontok karena kandungan zat kimia yang terdapat di dalamnya. Bahan kimia yang terkandung dalam asap rokok dapat  menyebabkan peradangan dan kerusakan DNA pada pembuluh darah yang menyuburkan folikel rambut. Dengan demikian, berhenti merokok memungkinkan jenggot anda untuk tumbuh lebih sehat dan subur karena berkurangnya kerusakan pembuluh darah dan peradangan di kulit wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.