Sukses

17 Cara Menghilangkan Cegukan, Hubungi Dokter Jika Cegukan Bersifat Kronis

Berikut adalah sejumlah cara menghilangkan cegukan mulai dari yang biasa hingga cegukan kronis.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai cara menghilangkan cegukan yang bisa Anda coba. Beberapa cara menghilangkan cegukan bisa dengan mudah dan menunjukkan hasil yang cepat.

Tentu saja, cara menghilangkan cegukan yang perlu dilakukan harus sesuai dengan penyebabnya. Cegukan biasanya berlangsung hanya sementara. Namun ada pula cegukan yang bersifat kronis, bahkan terjadi hingga berhari-hari.

Jika cegukan bersifat kronis, maka cara menghilangkan cegukan yang bisa dilakukan hanyalah menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Cegukan kronis biasanya terkait dengan kondisi penyakit tertentu, sehingga penanganan medis sangat diperlukan.

Sebelum lebih jauh membahas cara menghilangkan cegukan, penting juga untuk diketahui mengenai penyebab cegukan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Cegukan

Cegukan merupakan suatu kondisi di mana terjadi kontraksi diafragma yang berulang dan tidak terkendali. Ini terjadi pada struktur otot tepat di bawah paru-paru kita. Secara normal, diafragma akan menandai batas antara dada dan perut, serta mengatur pernapasan. Ketika diafragma berkontraksi, paru-paru akan mengambil oksigen. Saat diafragma rileks, maka paru-paru dapat melepaskan karbon dioksida.

Diafragma yang berkontraksi di luar ritme atau tidak bekerja normal inilah yang menyebabkan cegukan. Setiap spasme diafragma membuat laring atau kotak suara, sedangkan pita suara menutup secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan aliran udara masuk ke dalam paru-paru secara mendadak. Ketika itu, tubuh Anda akan mengalami reaksi terkejut yang menciptakan karakteristik suara cegukan.

Sebagian besar kasus cegukan dimulai dan diakhiri secara tiba-tiba, tanpa alasan jelas. Reaksi spontan diafragma ini biasanya menimbulkan kejang dan sedikit pengencangan di area dada dan tenggorokan. kondisi cegukan yang tidak mampu diantisipasi ini bisa menyebabkan seseorang frustasi hingga kelelahan akut.

Selain itu, penyebab cegukan juga sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti GERD, infeksi telinga, gangguan sistem pencernaan, gangguan saraf, bahkan kanker.

Namun, Anda tidak perlu langsung merasa khawatir dan cemas. Sebab, kebanyakan kasus cegukan biasanya hanya berlangsung sebentar. Bahkan ada banyak cara menghilangkan cegukan yang bisa Anda lakukan.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan

1. Tekan Hidung dan Menelan

Cara menghilangkan cegukan adalah dengan menutup hidung dan menelang. Hal ini dapat membantu otot diafragma untuk relaksasi.

2. Membungkuk ke Depan

Cara menghilangkan cegukan lainnya adalah menekan bagian diafragma atau dada dengan membungkuk ke depan selama beberapa saat agar bisa menekan dada. Lakukan secara perlahan hingga cegukan hilang dengan sendirinya.

3. Lakukan Manuver Valsalva

Melakukan manuver valsalva juga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan. Manuver Valsalva merupakan suatu teknik dengan mengeluarkan nafas secara paksa, namun hidung dan mulut dalam keadaan tertutup. Teknik ini akan mendesak udara mengalir ke saluran tuba Esutachius. Tuba Eustachius adalah saluran yang menghubungkan antara hidung dan telinga.

Manuver ini dilakukan dengan menutup mulut, mencubit hidung dan mengeluarkan udara sampai pipi menggembung seperti balon. Sebenarnya, manuver Valsava adalah pemeriksaan medis untuk tes fungsi jantung, kontrol saraf otonom jantung, membersihkan telinga dan sinus. Tetapi, kadang bekerja dengan baik untuk mengatasi cegukan.

4. Membalik Posisi Tubuh

Membalik posisi tubuh dengan berbaring lalu meletakkan kaki pada dinding juga dapat anda lakukan sebagai salah satu cara menghilangkan cegukan. Sehingga, posisi tubuh akan terbalik yakni kepala di bawah dan kaki di atas, yang dapat mengatasi masalah cegukan anda.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat

5. Memijat Telapak Tangan

Memijat telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk juga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan. Caranya, tekan telapak tangan menggunakan ibu jari tangan lainnya. Anda juga bisa menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Jika tekanan di telapak tangan tersebut menimbulkan sedikit rasa sakit, ini berarti adanya gangguan yang memengaruhi sistem saraf. Lakukan beberapa kali agar cegukan dapat hilang sepenuhnya.

6. Menutup Kedua Telinga

Cara menghilangkan cegukan bisa juga dilakukan dengan menutup telinga menggunakan jari tangan selama 20-30 detik. Selain itu, Anda juga bisa menekan area lunak di belakang cuping telinga, tepat di bawah pangkal tengkorak. Cara ini diyakini dapat mengirimkan sinyal “rileks” melalui saraf vagus, yang terhubung ke diafragma, sehingga cegukan akan hilang.

7. Menarik Lidah

Jika cara menghilangkan cegukan sebelumnya tidak kunjung berhasil, cobalah menarik lidah. Menarik lidah dapat membantu merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Caranya, pegang ujung lidah menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih, kemudian tarik lidah secara perlahan ke depan sebanyak 1-2 kali.

8. Menahan Napas

Menahan napas menjadi salah satu cara menghilangkan cegukan yang paling populer. Berikut adalah cara menahan napas untuk menghilangkan cegukan ketika puasa, adalah:

a. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung, lalu tahan napas kira-kira selama 10 detik.

b. Kemudian, hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai 3-4 kali.

c. Ulangi langkah-langkah ini setiap 20 menit apabila cegukan yang Anda alami tak kunjung hilang.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan

9. Bernapas Dalam Kantong Kertas

Cara menghilangkan cegukan juga bisa dilakukan dengan menggunakan kantong kertas. Anda bisa menggunakan kantong kertas kosong yang cukup tebal, seperti paper bag. Lalu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

a. Tempelkan leher kantong kertas ke area mulut dan hidung, jangan ke seluruh wajah.

b. Pastikan seluruh area mulut dan hidung tertutupi oleh kantong kertas.

c. Bernapaslah dalam kantong kertas tersebut.

Bernapas dalam kantong kertas membuat Anda lama kelamaan akan menghirup karbon dioksida. Akibatnya, otot-otot diafragma yang sebelumnya berkontraksi akan melemas kembali. Sebaiknya tidak menggunakan kantong plastik karena justru akan menempel di mulut dan hidung saat mengambil napas.

10. Duduk Memeluk Lutut

Duduk memeluk lutut juga menjadi cara menghilangkan cegukan dicoba. Caranya:

a. Duduklah dengan posisi kedua kaki ditekuk ke atas.

b. Kemudian, peluk lutut seraya mencondongkan badan ke depan, seperti mau meringkuk.

c. Tahan posisi tersebut selama kira-kira 2 menit. Posisi ini akan memberikan tekanan pada area diafragma sehingga udara yang terjebak di dalamnya bisa keluar.

11. Memijat Area Ulu Hati

Cara menghilangkan cegukan lainnya adalah dengan memijat area ulu hati. Cobalah memijat area ulu hati karena otot-otot diafragma letaknya tepat di bawah ulu hati atau di atas perut. Beri tekanan lembut pada area tersebut menggunakan ujung jari-jari selama 20-30 detik.

12. Minum Air Hangat

Mengonsumsi air hangat bisa melancarkan peredaran darah dan oksigen, sehingga oksigen yang dibutuhkan tubuh cepat terpenuhi. Anda cukup meminum air hangat, lalu tahan napas dengan posisi tubuh sedikit membungkuk selama yang Anda bisa.

Kemudian kembalikan posisi tubuh ke posisi tegap, tapi masih dengan menahan napas. Lalu telan air dan Anda bisa mulai bernapas seperti biasa.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan Kronis

13. Atur Pernapasan

Cara menghilangkan cegukan bisa dilakukan dengan bernapas dengan teratur dan benar. Tujuannya agar oksigen dan karbondioksida bisa bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat.

14. Headstand

Cara menghilangkan cegukan ini cukup sulit dilakukan. Namun, cara ini dipercaya dapat mengatasi cegukan dengan cepat. Gerakan headstand membuat aliran darah menuju otak bisa lebih cepat, kemudian oksigen akan mengalir ke seluruh tubuh karena gaya gravitasi yang mengalirkan darah.

15. Jeruk nipis

Anda bisa menggunakan bantuan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan cegukan. Jeruk nipis selain punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, bisa juga meredakan cegukan.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu meminum langsung air perasan jeruk nipis. Adanya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis yang tinggi berfungsi menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

16. Menjulurkan lidah

Selain cara menghilangkan cegukan di atas, menjulurkan lidah juga dipercaya bisa merangsang nasofaring dan saraf vagus. Kedua jenis saraf ini sangat berpengaruh pada otot-otot mulut dan tenggorokan. Selain itu, saraf tersebut bisa mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

17. Hubungi Dokter

Beberapa kasus cegukan bisa berlangsung sangat lama, bahkan hingga berhari-hari. Cegukan kronis seperti ini biasanya terkait dengan kondisi kesehatan tertentu. Jika hal ini terjadi, cara-cara sebelumnya yang telah disebutkan kemungkinan tidak akan berhasil.

Satu-satunya cara menghilangkan cegukan kronis adalah menghubungi dokter. Hal ini penting untuk dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan seperti apa yang memicu terjadinya cegukan. Dengan begitu, cegukan bisa diatasi berdasarkan penyebabnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.