Sukses

10 Manfaat Daging Ayam yang Jarang Disadari, Redakan Stres hingga Turunkan Berat Badan

Berikut manfaat daging ayam, mulai dari meredakan stres sampai menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Selain menjadi lauk yang cukup populer, manfaat daging ayam ternyata bisa dibilang cukup banyak. Bahkan, manfaat daging ayam tidak hanya untuk kesehatan saja. Manfaat daging ayam bahkan bisa meredakan stres.

Hal yang mungkin tidak disadari banyak orang, manfaat daging ayam juga bisa membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Tentu saja, hanya daging ayam bagian tertentu saja yang rendah lemak dan kaya protein.

Manfaat daging ayam ini tentu saja tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang kaya. Salah satu manfaat daging ayam yang paling penting adalah sebagai sumber protein yang baik untuk otot. Bahkan, menurut data U.S. Department of Agriculture, dada ayam merupakan salah satu makanan sumber protein terbaik.

Dalam 100 gram dada ayam terdapat kandungan 14,8 gram protein. Sedangkan pada umumnya, kebutuhan protein manusia adalah 1 gram per 1 kilogram berat badan. Tentu dengan mengonsumsi 100 gram dada ayam saja sudah memenuhi seperempat kebutuhan protein harian orang dengan berat sekitar 60 kilogram.

Maka tidak mengherankan jika manfaat daging ayam banyak sekali, selain sebagai lauk yang enak. Berikut adalah sejumlah manfaat daging ayam, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jaga Kesehatan Gigi dan Kontrol Tekanan Darah

1. Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan Gigi dan Otak

Selain sebagai sumber protein, daging ayam ternyata juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Manfaat daging ayam dari vitamin B berperan penting untuk membentuk sel darah merah.

Daging ayam juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. Selain itu, vitamin A yang ada di dalamnya pun menyehatkan untuk penglihatan dan berperan penting dalam sistem imun.

Manfaat daging ayam juga bisa didapatkan dari kandungan mineral seperti zat besi yang bisa mencegah anemia. Selain itu, kalium dan natrium yang ada di dalamnya pun baik untuk kesehatan gigi hingga otak.

2. Manfaat Daging Ayam untuk Mengontrol Tekanan Darah

Penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa mengonsumsi ayam dapat bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah. Hal ini terjadi karena ayam mengandung vitamin B3 atau niacin yang terbukti memiliki efek penurunan kadar kolesterol.

Manfaat daging ayam ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah. Sehingga ayam menjadi salah satu asupan yang direkomendasikan untuk orang hipertensi. Namun perlu dicatat, sebaiknya konsumsi ayam bagian dada yang rendah kalori dan lemak.

3 dari 6 halaman

Turunkan Kolesterol dan Lancarkan Metabolisme

3. Manfaat Daging Ayam untuk Menurunkan Kolesterol

Manfaat daging ayam selanjutnya didapatkan karena mengandung vitamin B3 yang bertugas menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan mengonsumsi daging ayam secara rutin, kamu dapat mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Kamu dapat mengonsumsi daging ayam dengan berbagai cara. Namun, yang paling baik agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal adalah dengan cara direbus atau membuatnya sebagai sup.

4. Manfaat Daging Ayam untuk Melancarkan Metabolisme

Manfaat daging ayam berikutnya adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Memiliki metabolisme yang kuat dapat menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit.

Mengonsumsi daging ayam dapat membantu upaya meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada ayam cukup efektif dalam mendorong enzim yang dapat menguatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

4 dari 6 halaman

Redakan Stres dan Obat Flu

5. Manfaat Daging Ayam untuk Meredakan Stres

Manfaat daging ayam dapat dapat membantu menghilangkan stres. Hal ini karena dalam daging ayam terkandung vitamin B5 dan tryptophan, yang efektif untuk meredakan stres.

Asam amino triptophan dalam daging ayam berfungsi seperti obat anti Depresi, mampu meningkatkan kadar serotonin di otak, membantu melepaskan stres sehingga bisa meningkatkan suasana hati.

Kandungan tersebut dapat memberikan efek tenang dan meredakan ketegangan pada otot, sehingga dapat membantu menghilangkan stres. Saat kamu stres atau memiliki suasana hati yang tidak baik, kamu dapat mengonsumsi sup ayam untuk meredakannya.

6. Manfaat Daging Ayam untuk Obat Flu

Manfaat daging ayam juga dapat mengobati flu. Mengonsumsi semangkuk sup ayam saat sedang flu dapat meredakan masalah tersebut. Selain itu, ketika hidung tersumbat atau sedang sakit tenggorokan kamu juga bisa mengonsumsi sup ayam untuk meredakannya.

Hal ini karena daging ayam mengandung asam amino sistein yang membantu memecah lendir. Tak hanya melancarkan lendir, kehangatan dari sup ayam juga akan memberikan perasaan nyaman pada tubuh.

5 dari 6 halaman

Cegah Kanker dan Bangun Otot

7. Manfaat Daging Ayam untuk Turunkan Risiko Kanker

Daging ayam mengandung sifat antioksidan yang disebut selenium, yang efektif dalam membantu tubuh untuk menghindari paparan radikal bebas. Manfaat daging ayam ini cukup penting bagi tubuh karena paparan radikal bebas yang terlalu sering ke dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit, khususnya kanker.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel di dalam tubuh dan dapat menumbuhkan sel kanker, yang dapat menimbulkan munculnya berbagai macam jenis kanker.

8. Manfaat Daging Ayam untuk Menguatkan Tulang dan Otot

Protein tanpa lemak dalam ayam adalah sumber asam amino yang sangat baik. Tubuh kita menggunakan asam amino untuk membangun jaringan otot.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan protein yang lebih tinggi membantu menjaga kepadatan mineral tulang. Dengan kata lain, manfaat daging ayam juga dapat membantu membangun otot yang lebih kuat dan meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko cedera dan penyakit seperti osteoporosis.

6 dari 6 halaman

Turunkan Berat Badan dan Cegah Penyakit Jantung

9. Manfaat Daging Ayam untuk Turunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa 25-30 gram protein per makanan dapat membantu kita merasa lebih kenyang. Makanan kaya protein dapat membuat kita merasa lebih kenyang meskipun kita makan lebih sedikit. Dengan Kata lain, manfaat daging ayam juga dapat membantu menurunkan berat badan bagi yang sedang menjalani program diet.

10. Manfaat Daging Ayamt untuk Cegah Penyakit Jantung

Seperti yang dibahas sebelumnya, salah satu manfaat daging ayam adalah dapat menurunkan dan menjaga berat badan. Berat badan yang lebih sehat mengarah pada perbaikan faktor risiko masalah jantung seperti kadar trigliserida tinggi dan tekanan darah tinggi. Sebagai makanan kaya protein, ayam dapat membantu mengatur berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.