Sukses

16 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif

Cara mengatasi rambut rontok parah perlu diketahui supaya dapat mencegah kebotakan dan kerusakan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi rambut rontok parah dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang tentunya tidak menimbulkan efek samping. Rambut rontok merupakan kondisi yang umum terjadi kepada siapapun terutama ketika sedang menyisir rambut maupun mencuci rambut.

Cara mengatasi rambut rontok parah perlu diketahui supaya dapat mencegah kebotakan dan kerusakan rambut. Rambut rontok sendiri dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti faktor genetik, perubahan kadar hormon, atau sebagai bagian dari proses alami.

Rambut rontok parah apabila  tidak segera diatasi akan menyebabkan rambut terlihat tipis bahkan kebotakan, untuk itu cara mengatasi rambut rontok parah perlu dilakukan. Cara mengatasi rambut rontok parah bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan bahan alami.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi rambut rontok parah dengan bahan alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dengan Bahan Alami

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok parah yang efektif adalah dengan menggunakan lidah buaya. penggunaan lidah buaya akan menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan meremas pulpa dari daun lidah buaya atau tangkai dan pijat perlahan kulit kepala selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

2. Teh Hijau

Cara mengatasi rambut rontok parah dengan teh hijau yaitu dengan merebus tiga kantong teh hijau lalu gunakan untuk membilas rambut. Cara ini akan membantu mengurangi kerontokan rambut. Praktikkan dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

3. Minyak Kemiri

Selain lidah buaya, penggunaan minyak kemiri juga mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Minyak kemiri akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, minyak kemiri bisa merangsang rambut untuk tumbuh. Penggunaan minyak kemiri ini cukup mudah. Cukup oles rata minyak kemiri, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas bersih dengan sampo.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dengan Bahan Alami

4. Alpukat

Selain nikmat untuk dikonsumsi, alpukat juga bisa mengatasi kerontokan rambut. Kandungan protein pada alpukat sangat efektif untuk menguatkan rambut. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral lain dalam buah alpukat juga mampu menutrisi rambut.

Cara mengatasi rambut rontoh parah dengan alpukat yaitu cukup dengan menghaluskan buah alpukat dan balurkan ke seluruh area rambut dan kulit kepala. Diamkan 20 menit kemudian bilas dengan sampo agar bersih.

5. Minyak Rosemary

Minyak rosemary ampuh meningkatkan metabolisme sel dan menstimulasi pertumbuhan pada rambut. Hal tersebut akan sangat berguna untuk membuat rambut menjadi lebih tebal. Cara aplikasinya yang pertama dengan menguji reaksi alergi minyak tersebut terlebih dahulu. Coba tes alergi dengan meneteskan sedikit minyak di lengan ataupun belakang telinga. Apabila dalam 23 jam kulit tidak menunjukkan reaksi alergi seperti kemerahan dan gatal-gatal, maka lanjutkan dengan menggunakannya di kulit kepala. Kemudian pijat kulit kepala dengan lembut, supaya minyak rosemary dapat merata keseluruh permukaan kulit kepala.

6. Daun Ketumbar

Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang ternyata efektif mencegah kerontokan rambut. Cara mengatasi rambut rontok dengan daun ketumbar adalah membuat pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, lalu saring dan simpan jusnya. Setelah itu, oles jus ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama satu jam dan gunakan sampo untuk mencucinya.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dengan Bahan Alami

7. Yogurt

Salah satu olahan susu ini bisa juga menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara menggunakannya yaitu dengan mengolesnya ke kulit kepala dan biarkan 10-15 menit. Gunakan 2-3 kali seminggu agar hasilnya semakin maksimal.

8. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik bagi tubuh. Selain ampuh mengatasi ketombe, penggunaan jeruk nipis juga berguna untuk mengatasi rambut rontok yang parah. Maka dari itu tidak ada salahnya mencoba menggunakan jeruk nipis agar rambut tetap sehat. Cara aplikasinya dengan iris buah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Usapkan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

9. Minyak Kelapa

Cara mengatasi rambut rontok parah yang berikutnya adalah dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut. Minyak kelapa adalah produk pelembap yang sangat baik untuk rambut. Kandungan lemak yang tinggi di dalamnya juga dapat membantu meredakan iritasi kulit kepala, pengelupasan, dan gatal-gatal.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dengan Bahan Alami

10. Urang Aring

Urang aring sudah lama dikenal sebagai herbal alami untuk rambut. Urang aring juga mengandung vitamin E yang dikenal dapat melawan radikal bebas yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Urang aring juga membantu memperkuat rambut, mencegah uban dan ketombe. Urang aring dapat ditemukan dalam produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, atau minyak rambut. Ekstrak daun urang aring juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi rambut rontok parah.

11. Kentang

Kentang bisa membantu mengatasi kekurangan kalium yang menyebabkan kerontokan rambut. Tak heran jika banyak yang mengandalkannya sebagai cara mengatasi rambut rontok parah. Penerapannya pun sangat mudah yaitu kupas kentang, haluskan, dan peras untuk mengumpulkan jusnya. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut serta biarkan selama 15 menit. Bilas dengan sampo ringan. Lakukan perawatan ini seminggu sekali dan lihat perubahannya.

12. Jambu Biji

Buah jambu biji bisa dijadikan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B3, B5 dan B6 yang dimilikinya. Kandungan ini mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan menghentikan rambut rontok.

Caranya hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur. Aduk kedua bahan ini sampai rata lalu langsung aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan 40 menit lalu pijat kulit kepala pelan-pelan, setelah itu bilas bersih menggunakan sampo.

13. Jus Bawang Bombay

Jus bawang bombay telah terbukti berhasil mengobati alopecia areata yang tidak merata dengan meningkatkan pertumbuhan rambut. Jus bawang bombay juga dianggap dapat meningkatkan sirkulasi di kulit kepala. Anda bisa memblender beberapa bawang bombai dan memeras sarinya. Kemudian oleskan jus bawang bombay ke kulit kepala dan rambut, setelah itu biarkan selama setidaknya 15 menit. Lalu keramas seperti biasa.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami

14. Konsumsi Minyak Ikan

Cara mengatasi rambut rontok parah yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi minyak ikan. Mengkonsumsi asam lemak omega seperti minyak ikan, dapat membantu memperbaiki rambut dari dalam. Minyak ikan menyediakan protein dan nutrisi penting untuk folikel rambut dan kulit. Minyak ikan mencegah peradangan folikel rambut, faktor yang secara langsung berkontribusi pada kerontokan rambut. Minyak ikan juga meningkatkan sirkulasi di kulit kepala yang dapat memicu pertumbuhan rambut.

15. Ginseng

Ginseng mengandung fitokimia tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala. Ginseng tidak hanya mendorong pertumbuhan rambut baru tetapi juga mencegah penipisan dan kerusakan rambut. Ginseng bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau digunakan dalam bentuk produk perawatan rambut.

16. Minum Cukup Air

Cara mengatasi rambut rontok parah yang berikutnya adalah minum cukup air. Selain protein, rambut juga terbentuk dari air. Jadi memenuhi kebutuhan cairan sangat penting untuk kesehatan rambut. Rambut yang kering akan mudah patah dan rontok. Tetap terhidrasi akan mencegah rambut dari kekeringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.