Sukses

Simak Love Language Test, Ketahui Bahasa Cintamu

Berikut adalah love language test untuk mengetahui bahasa cinta Anda.

Liputan6.com, Jakarta Love language test adalah sebuah metode untuk mengetahui apa love language seseorang. dengan love language test tipe bahasa cinta seseorang akan diketahui, apakah itu physical touch, words of affirmation, receiving gifts, quality time, atau act of service.

Love language test biasanya berisi sejumlah pertanyaan tentang hal-hal yang membuat seseorang merasa terkesan atau dicintai. Berdasarkan jawaban dari pertanyaan tersebut, akan diketahui tipe love language seseorang.

Namun sebelum lebih jauh mengenai love language test, penting untuk mengetahui apa itu love language dan pengertian dari tipe-tipe love language. Yang pasti, dengan mengetahui tipe love language, akan membantu seseorang untuk menjalani hubungan dengan pasangannya.

Berikut adalah pengertian love language, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Love Language?

Konsep love language dikembangkan oleh Gary Chapman, Ph.D., dalam bukunya The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts. Dalam buku tersebut Chapman menjelaskan bahwa lima gaya unik dalam mengekspresikan perasaan cinta. Hal itu dia rumuskan dari pengalamannya dalam konseling pernikahan.

Secara sederhana, love language merupakan cara seseorang dalam mengekspresikan cinta, salah satunya dengan physical touch. Love language sendiri ada lima macam, jadi selain physical touch ada empat jenis love language lain. Ini meliputi words of affirmation, acts of service, receiving gifts, dan quality time.

Dilansir dari MBG, mengetahui jenis love language akan membantu dalam memahami tentang kebutuhan pasangan dan mendukung pertumbuhan satu sama lain. Sebab, jenis love language seseorang akan menentukan bagaimana seseorang ingin diperlakukan agar merasa dicintai.

3 dari 4 halaman

5 Tipe Love Language

1. Words of Affirmation

Orang-orang yang memiliki love language berupa words of affirmation akan menghargai kata-kata sebagai bentuk ekspresi kasih sayang, termasuk kata-kata seperti "Aku cinta kamu," pujian, kata-kata penghargaan, dan kata-kata penyemangat.

Orang yang memiliki love language berupa words of affirmation juga akan senang dengan berbagai macam obrolan, termasuk komunikasi melalui layanan pesan singkat dan media sosial.

2. Quality Time

Orang yang memiliki love language berupa quality time akan merasa dicintai ketika pasangannya meluangkan waktu untuk bersamanya, entah itu hanya sekadar mengobrol, nonton film, atau melakukan aktivitas bersama.

Anda yang memiliki pasangan dengan love language berupa words of affirmation, harus siap sedia untuk meluangkan waktu bersamanya.

3. Acts of Service

Seseorang yang memiliki love language berupa acts of service akan merasa dicintai ketika mendapatkan layanan atau bantuan sekecil apapun itu. Tindakan seperti membantu memakaikan helm ketikan akan naik sepeda motor, membukakan pintu, membawakan barang bawaan, akan membuat orang yang memiliki love language jenis ini merasa begitu dihargai.

4. Receiving Gifts

Hadiah adalah bahasa cinta yang cukup sederhana. Seseorang yang memiliki love language berupa receiving gifts akan merasa dicintai ketika seseorang memberi hadiah.

Hadiah ini bukan tentang seberapa besar jika dinilai dengan uang, namun lebih ke pemikiran simbolis di balik barang tersebut.

Orang dengan love language ini menghargai proses pemberian hadiah: refleksi yang cermat, pemilihan hadiah untuk mewakili hubungan, dan manfaat emosional dari menerima hadiah.

5. Physical Touch

Orang dengan love language berupa physical touch akan merasa dicintai ketika mereka menerima sentuhan fisik, termasuk berciuman, berpegangan tangan, dan berpelukan di sofa.

Keintiman dan sentuhan fisik bisa sangat meneguhkan dan berfungsi sebagai penghubung emosional yang kuat bagi orang-orang dengan love language physical touch.

4 dari 4 halaman

Love Language Test

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui tipe love language macam apa yang Anda miliki. Bahkan ada sejumlah aplikasi berbasis android yang bisa anda install, yang memungkinkan Anda untuk menjawab sejumlah pertanyaan, lalu menganalisis jawaban dari pertanyaan tersebut untuk menentukan tipe love language Anda.

Namun love language test yang lebih mudah. Anda bisa menjawab tiga pertanyaan berikut. Jawaban dari pertanyaat berikut ini akan memberi tahu, apakah anda memiliki love language berupa physical touch, words of affirmation, receiving gifts, quality time, atau act of service.

Tentu saja, kita semua akan merasa senang untuk menerima perlakuan apa pun yang menunjukkan rasa cinta pada diri kita. Hanya saja, tidak setiap tindakan akan membuat hati kita merasa berkesan.

Hanya tindakan yang membuat hati kita berkesanlah yang menunjukkan tipe love language yang kita miliki. Berikut adalah tiga pertanyaan yang akan membantu Anda untuk mengetahui tipe love language Anda.

1. Tindakan apa yang paling sering Anda lakukan untuk mengekspresikan cinta dan penghargaan kepada orang lain? Apakah itu sentuhan, pujian, menghabiskan waktu bersama, memberikan hadiah, atau memberikan bantuan?

2. Apa yang paling sering Anda keluhkan? Keluhan Anda menunjukkan apa tipe love language Anda.

3. Apa yang paling sering Anda tanyakan? Jika Anda sering bertanya, “Bisakah Anda membantu saya?” love language Anda kemungkinan besar adalah act of service. Jika Anda sering meminta pendapat tentang penampilan, atau banyak memberikan pujian, kemungkinan besar tipe love language Anda adalah words of affirmation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.