Sukses

15 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tumbuh dan Berlubang, Ringankan Rasa Nyerinya

Cara menghilangkan sakit gigi bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mengonsumsi pereda nyeri, berkumur, dan mengompres.

Liputan6.com, Jakarta Sakit akibat gigi tumbuh dan berlubang merupakan kondisi yang menimbulkan rasa nyeri yang menyiksa, sehingga membuat aktivitas terganggu. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, anda perlu mengetahui cara menghilangkan sakit gigi.

Cara menghilangkan sakit gigi akibat gigi tumbuh hingga berlubang yang paling ampuh dengan pergi ke dokter gigi. Tetapi, tidak semua orang berani melakukan cara menghilangkan sakit gigi tersebut, mereka lebih memilih meredakan rasa nyeri dengan bahan alami.

Cara menghilangkan sakit gigi bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mengonsumsi pereda nyeri, berkumur, dan mengompres. Tetapi cara menghilangkan sakit gigi ini hanya bersifat sementara. Apabila, rasa nyeri tidak kunjung mereda, segera lakukan pemeriksaan menyeluruh. 

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan sakit gigi akibat gigi tumbuh dan berlubang yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tumbuh dan Berlubang

1. Obat Pereda Rasa Sakit

Obat yang dijual bebas, seperti acetaminophen, paracetamol dan ibuprofen, dapat meredakan nyeri sementara untuk sakit gigi. Beberapa salep obat juga dapat membantu mengurangi nyeri sakit gigi. Gel dan salep mati rasa OTC yang mengandung bahan-bahan seperti benzokain dapat membuat area tersebut mati rasa.

2. Obat Kumur

Cara menghilangkan sakit gigi selanjutnya menggunakan obat kumur yang punya kandungan formula pereda nyeri. Namun memilih obat kumur tersebut usahakan yang memiliki kandungan benzydamine HCl yang sangat berguna untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut.

Untuk mendapatkan obat ini bisa kamu dapatkan di apotek atau toko obat lainnya. Cara pakainya juga cukup mudah, yaitu dengan berkumur sebanyak 1½ sendok makan selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

3. Kompres Dingin

Penggunaan kompres dingin juga bermanfaat dalam menghilangkan sakit gigi. Kompres dingin tersebut akan menyempitkan pembuluh darah dan dapat memperlambat aliran darah yang menuju daerah yang sedang sakit.

Caranya dengan mengambil beberapa bongkah es batu. Kemudian lilit es batu dengan kain bersih dan tahan di samping pipi minimal 20 menit. Cara menghilangkan sakit gigi ini mungkin paling umum digunakan sebab memiliki efek yang cukup ampuh.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tumbuh dan Berlubang dengan Bahan Alami

4. Larutan Air Garam Hangat

Cara menghilangkan sakit gigi dengan menggunakan bantuan dari larutan air garam hangat juga cukup ampuh. Larutan tersebut digunakan untuk berkumur, dan akan sangat berguna untuk membantu kurangi pembengkakan serta rasa sakit.

5. Kantong Teh Peppermint

Memakai kantong teh peppermint juga efektif sebagai cara menghilangkan sakit gigi dan membuat gusi yang sensitif bisa semakin tenang. Cara pemakaiannya cukup dengan menempelkan kantong teh bekas yang masih hangat ke daerah yang terasa sakit selama beberapa menit. Kemudian, lakukan hal tersebut sampai rasa sakit pada gigi mulai berkurang.

6. Thyme

Thyme adalah salah satu bahan yang mampu mengurangi rasa sakit pada gigi. Kandungan di dalamnya disebut dengan timol, dan punya sifat antibakteri serta antioksidan yang kuat. Cara pemakaiannya yaitu dengan meneteskan minyak esensial thyme pada kapas, selanjutnya oles ke daerah yang sakit. Anda juga dapat meneteskan minyak thyme tersebut ke dalam segelas air lalu digunakan untuk berkumur.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tumbuh dan Berlubang dengan Bahan Alami

7. Minyak Cengkeh

Kandungan dalam minyak cengkeh juga berguna sebagai cara menghilangkan sakit gigi yang ampuh. Namun sebenarnya, cengkeh sendiri juga sudah cukup lama digunakan sebagai obat sakit gigi, karena kandungan minyaknya cukup efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Kandungan tersebut bernama eugenol dan merupakan jenis antiseptik alami.

Cara menggunakannya dengan meneteskan minyak cengkeh pada kapas yang bersih, lalu cukup tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Minyak cengkeh sendiri bisa didapatkan dengan mudah dan dijual bebas di pasaran.

8. Cuka Apel

Cuka apel bisa membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Asam yang terkandung di cuka apel bisa kendalikan bakteri dalam rongga mulut. Caranya cukup melarutkan cuka apel ke dalam air dan gunakan untuk berkumur. Atau bisa juga dengan diteteskan ke dalam gulungan kapas kecil dan tempelkan ke bagian yang sakit.

9. Lidah Buaya

Cara menghilangkan sakit gigi yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Gel yang ada pada lidah buaya ampuh untuk meredakan rasa sakit pada gusi. Cara penggunannya cukup dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada daerah yang sakit, lalu pijat dengan lembut.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami yang baik serta ampuh untuk menghancurkan kuman penyebab kerusakan pada gigi. Maka dari itu cara menghilangkan sakit gigi dengan lidah buaya sangat direkomendasikan.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tumbuh dan Berlubang dengan Bahan Alami

10. Kunyah Bawang Putih

Jenis rempah satu ini ternyata jadi salah satu cara menghilangkan sakit gigi yang dapat anda coba di rumah. Bawang putih memiliki sifaat antiseptik dan antibiotik alami yang ampuh untuk membantu melawan infeksi.

Kandungan senyawa allicin yang ada dalam bawang putih juga dapat akan mengurangi rasa nyeri di gigi. Caranya dengan menyiapkan satu siung bawang putih kupas, lalu potong jadi dua bagian. Selanjutnya, letakkan potongan bawang putih mentah tadi ke bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit.

11. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang bisa membantu sembuhkan luka. Daun jambu biji juga punya sifat antimikroba yang akan membantu melindungi kesehatan gigi serta mulut. Cara menghilangkan sakit gigi dengan daun jambu biji sangat mudah.

Anda cukup mengunyah daun jambu biji segar secara langsung yang sudah dicuci bersih. Apabila tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, bisa menambahkan daun jambu biji yang dihaluskan ke dalam air mendidih. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk obat kumur.

12. Bawang Merah

Apabila tidak ada bawang putih, atau kurang suka aroma dari bawang putih tersebut, maka bawang merah bisa jadi alternatif cara menghilangkan sakit gigi. Kandungan antimikroba serta antiseptik dalam bawang merah bisa menghilangkan rasa nyeri. Cara penggunaannya hampir sama dengan bawang putih, yaitu dengan dikunyah langsung atau dihaluskan dan tempel ke bagian yang sakit.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tumbuh dan Berlubang dengan Bahan Alami

13. Daun Sirih

Cara menghilangkan sakit gigi tumbuh dan berlubang selanjutnya dengan daun sirih. Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan sakit gigi.

Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

14. Asam Jawa

Cara menghilangkan sakit gigi tumbuh dan berlubang lainnya dengan asam Jawa. Asam Jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptik alami. Cara menghilangkan sakit gigi dengan asam Jawa adalah dengan menyangrai biji asam Jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit. 

15. Air Kelapa

Air kelapa juga berguna sebagai antiseptik alami. Cara menghilangkan sakit gigi tumbuh dan berlubang dengan air kelapa adalah berkumur menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.