Sukses

16 Cara Menghilangkan Stretch Mark Membandel Secara Alami, Ampuh dan Cepat

Stretch mark adalah guratan lekukan yang muncul di perut, payudara, paha, pinggul, bokong atau tempat lain di tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan stretch mark membandel bisa dilakukan secara alami dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A. Stretch mark adalah guratan lekukan yang muncul di perut, payudara, paha, pinggul, bokong atau tempat lain di tubuh.

Secara umum, stretch mark dapat muncul pada orang yang berat badannya berubah dan wanita hamil terutama selama trimester terakhir. Stretch mark tidak menyakitkan atau berbahaya, tetapi sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Cara menghilangkan stretch mark membandel bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan bahan alami. Dengan begitu, tak perlu mengeluarkan banyak biaya lebih untuk melakukan perawatan ke dokter.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan stretch mark membandel yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark Membandel Secara Alami

1. Vitamin A

Mengutip dari Health Line, cara menghilangkan stretch mark membandel adalah dengan vitamin A. Vitamin A disebut sebagai retinoid yang membuat kulit tampak lebih halus dan lebih muda. Mengonsumsi vitamin A atau dari buah dan sayur yang mengandung vitamin A dapat membantu mengurangi stretch mark.

2. Lidah Buaya

Mengutip dari Health Line, cara menghilangkan stretch mark membandel selanjutnya adalah menggunakan lidah buaya. Selain bagus untuk rambut, lidah buaya ini bisa baik untuk kulit. Lidah buaya sebagai healing agent atau penyembuh ini juga bisa melembutkan kulit. Oleskan secara rutin setelah mandi agar stretch mark menghilang perlahan.

3. Gula

Mengutip dari Health Line, cara menghilangkan stretch mark membandel berikutnya adalah gula. Tak disangka, ternyata gula yang biasa digunakan sebagai pemanis memiliki manfaat untuk memudarkan stretch mark. Cukup gosok area stretch mark dengan scrub dari gula. Anda bisa membuatnya dengan mencampur gula, minyak kelapa atau almond, dan perasan lemon. Gosok selama 8-10 menit dua sampai tiga kali seminggu agar stretch mark cepat memudar.

4. Minyak Kelapa

Mengutip dari Health Line, cara menghilangkan stretch mark membandel lainnya adalah minyak kelapa. Stretch mark yang dapat merusak penampilan kulit ini ternyata dapat ditangani dengan minyak kelapa. Minyak kelapa terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Dengan mengoleskan minyak kelapa setiap hari pada bagian stretch mark, akan membantu memudarkannya.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark Membandel Secara Alami

5. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan stretch mark membandel secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Hal ini disebabkan karena minyak zaitun mengandung vitamin E, antioksidan, dan komponen lain yang dapat membantu proses penghilangan stretch mark.

Peregangan kulit stretch mark terkadang dapat menimbulkan sensasi gatal. Mengoleskan minyak zaitun ke kulit dapat membuat rasa gatal itu berkurang. Setelah melakukan pijatan, biarkan selama beberapa saat hingga minyak terserap sempurna ke dalam kulit.

6. Lemon

Lemon memang menjadi buah yang cukup dikenal akan banyak manfaatnya. Lemon yang kaya akan vitamin C berguna sebagai antioksidan. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada stretch mark, proses regenerasi kulit agar terpicu sehingga stretch mark cepat hilang.

7. Bubuk Coklat

Cara menghilangkan stretch mark membandel yang berikutnya adalah dengan menggunakan bubuk coklat. Sama halnya dengan cocoa butter, bubuk coklat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Caranya adalah:

- Buat pasta dari bubuk coklat yang diberi sedikit air.

- Oleskan pada sctretch mark dua kali sehari.

8. Minyak Jarak

Minyak jarak terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan stretch mark membandel secara alami selanjutnya. Sebabnya minyak jarak kaya akan vitamin E yang mampu meregenerasi kulit. Oleskan minyak jarak di atas stretch mark sehari 2 kali.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark Membandel Secara Alami

9. Cocoa Butter

Kandungan cocoa butter telah terbukti baik untuk kulit. Kandungan zat alaminya yakni kalsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E dapat melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Oleskan cocoa butter pada sctretch mark dua kali sehari.

10. Putih Telur

Cara menghilangkan stretch mark membandel secara alami yang berikutnya adalah dengan putih telur. Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai lotion kulit alami. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

11. Lotion

Dengan menggunakan lotion yang tentu saja cocok dengan jenis kulit yang Anda miliki secara rutin maka stretch mark akan menghilang secara perlahan. Memakai lotion setiap hari akan membuat kulit semakin kenyal dan mendorong perbaikan kulit yang signifikan.

12. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar membantu regenerasi kulit. Adanya kandungan anti-oksidan dapat membantu menghilangkan stretch mark membandel. Cara penggunaannya:

- Tumbuk halus kentang yang telah direbus.

- Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.

- Oleskan pada stretch mark.

- Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark Membandel Secara Alami

13. Kontrol Berat Badan

Selain itu, mengontrol berat badan juga sangat perlu dilakukan sebgai cara menghilangkan stretch mark membandel. Semakin tidak stabil berat badan anda (cepat gemuk, tetapi cepat kurus), semakin besar kemungkinan stretch mark terbentuk.

Oleh karena itu, cara menghilangkan stretch mark membandel secara alami yang dapat dilakukan adalah dengan mengontrol berat badan. Anda bisa menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur untuk mendapatkannya.

14. Tetap Terhidrasi

Cara menghilangkan stretch mark membandel yang berikutnya adalah menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut. Hal ini bisa anda lakukan dengan minum air putih yang cukup setiap harinya. Tidak seperti kulit yang kering, kulit yang halus dan lembut tidak cenderung mengembangkan stretch mark. Stretch mark biasanya akan sulit timbul di kulit yang kelembapannya terjaga.

Jadi, agar kulit terhidrasi dengan baik, perbanyak minum air putih dan jangan pernah lupa mengoleskan pelembap. Rekomendasi Institute of Medicine saat ini untuk asupan air harian adalah 104 ons untuk pria dan 72 ons untuk wanita.

Minum minuman berkafein, seperti kopi, sebenarnya dapat meningkatkan risiko mengalami stretch mark. Jika minum kopi, pastikan kamu menyeimbangkan asupan cairan dengan banyak air, teh herbal, dan cairan bebas kafein lainnya.

15. Minyak Vitamin E

Cara menghilangkan stretch mark membandel secara alami yang lainnya adalah menggunakan minyak vitamin E. Vitamin E memang sudah dipercaya efektif untuk menghilangkan gangguan kulit ringan. Pakai minyak vitamin E secara rutin untuk hasil yang menggembirakan.

16. Krim Asam Retinoat

Cara menghilangkan stretch mark membandel secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan krim asam retinoat. Asam retionat atau retin-A terbukti efektif untuk menghilangkan stretch mark. Retin-A akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga stretch mark akan memudar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.