Sukses

10 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami, Mudah Dicoba di Rumah

Berbagai cara menghilangkan tahi lalat secara alami yakni dengan menggunakan minyak esensial, madu, kulit pisang, sampai bawang.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan tahi lalat di tubuh memang tidak berbahaya, namun ada sebagian orang yang merasa tidak nyaman untuk memilikinya ataupun karena alasan estetika. Untuk itu, mereka mulai mencari cara menghilangkan tahi lalat secara alami.

Cara menghilangkan tahi lalat dapat dilakukan sendiri di rumah, tanpa harus datang ke ahli kecantikan. Berbagai cara tersebut yakni dengan menggunakan minyak esensial, madu, kulit pisang, sampai bawang.

Bagi anda yang ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dengan cara menghilangkan tahi lalat secara alami tersebut, perlu dilakukan secara rutin. Meskipun begitu, ketika anda menggunakan bahan alami tersebut harus hati-hati dan waspada terhadap kemungkinan iritasi pada kulit.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami adalah menggunakan lidah buaya atau aloe vera.  Manfaat ini berasal dari kandungan lidah buaya seperti antiperadangan, antioksidan dan antibakteri. Tidak heran jika memang ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat.

Cara menghilangkan tahi lalat ini hanya perlu mengoleskannya lidah buaya pada tahi lalat yang ingin dihilangkan. Setelah dioleskan diamkan tahi lalat tersebut dan jangan dibilas dengan menggunakan apapun. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Minyak Frankincense

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang selanjutnya yakni dengan minyak esensial Frankincense. Minyak ini memiliki nama populer yaitu minyak kemenyan. Manfaat minyak kemenyan untuk hilangkan tahi lalat, bekerja dengan menyerap minyak dan mengeringkan kulit pada bagian tahi lalat. Bila dioleskan setiap hari, minyak kemenyan akan bereaksi dengan tahi lalat.

Setelah bereaksi, maka akan membuatnya lebih cepat mengering, mengelupas, dan hilang. Pastikan sebelum menggunakan cara menghilangkan tahi lalat dengan minyak kemenyan sudah mengencerkannya terlebih dahulu.

3. Tea Tree Oil

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang berikutnya adalah memanfaatkan tea tree oil. Tea tree oil ini mengandung antibakteri yang dipercaya efektif dijadikan cara menghilangkan tahi lalat secara alami.

Hanya perlu mencampurkan 4 hingga 5 tetes tea tree oil dan setengah sendok teh minyak zaitun dalam mangkuk. Lalu aduk sampai merata. Oleskan langsung pada tahi lalat yang ingin dihilangkan dan diamkan selama lima menit. Cara mengaplikasikannya dengan mengusap ramuan tersebut menggunakan kain basah sampai bersih. Perawatan ini dapat dilakukan 1-2 kali sehari.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

4. Kulit Pisang

Kulit pisang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat secara alami. Manfaat menghilangkan tahi lalat ini berasal dari kandungan enzim dan asamnya yang sangat efektif mengurangi penampakan tahi lalat tebal.

Cara menghilangkan tahi lalat dengan kulit pisang ini sangat mudah dan aman. Caranya yaitu kupas pisang terlebih dahulu, lalu oleskan kulit pisang ke tahi lalat yang ingin dihilangkan. Biarkan bekas olesan tersebut selama 5 sampai 10 menit. Bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

5. Bawang

Bawang putih diyakini bisa mengeringkan tahi lalat dan memudarkan warnanya. Cara menghilangkan tahi lalat hanya perlu menempelkan cairan bawang putih segar pada tahi lalat setiap hari. Bawang putih yang kerap digunakan untuk bumbu masakan ini mampu mengecilkan, menyamarkan, dan sekaligus mengobati tahi lalat. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan antivirus.

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan tempelkan irisan bawang putih pada area tahi lalat dan diamkan selama 10-15 menit. Pastikan untuk tidak terlalu lama menempelkan bawang putih karena dapat membuat kulit iritasi.

6. Baking Soda

Baking soda sudah pasti fungsinya digunakan untuk membuat kue. Siapa yang menyangka ternyata baking soda bisa diterapkan sebagai cara menghilangkan tahi lalat secara alami. Cara menghilangkan tahi lalat yaitu dengan mencampurkan baking soda dan minyak jarak. Taruh di sebuah mangkuk kecil sebanyak 1 sdm minyak jaraknya dan setengah sendok baking soda.

Setelah tercampur langsung oleskan pada tahi lalat, dan diamkan selama 10 menit, lalu usap dengan kain basah sampai bersih. Tahapan ini bisa dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

7. Madu

Sudah sejak lama madu memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya sebagai cara menghilangkan tahi lalat secara alami. Tak hanya itu, madu juga mampu mencerahkan dan mengatasi masalah kulit di wajah. Cara menghilangkan tahi lalat adalah dengan memilih madu organik murni.

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mengoleskan madu pada tahi lalat yang ingin dihilangkan, kemudian plester tahi lalat yang terdapat madu tersebut. Cara ini bisa diulangi setiap pagi dan malam selama 6 minggu hingga tahi lalat mengalami pemudaran.

8. Cuka Apel

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami adalahdengan cuka apel. Cuka apel dapat dimanfaatkan karena mengandung antimikroba dan anti peradangan efektif untuk menghaluskan kulit dan ampuh untuk menghilangkan tahi lalat serta kutil.

Praktik cara menghilangkan tahi lalat dengan cuka apel pertama adalah menyiapkan mangkuk kecil. Tujuannya untuk mencampurkan 3-4 tetes cuka apelnya dengan setengah sendok air mineral. Aduk semua campuran sampai rata, setelah itu rendam kapas didalam campuran cuka apel dan diamkan dulu sampai kapas menyerapnya dengan sempurna.

Kemudian aplikasikan kapas dengan cara menempelkan ke tahi lalat yang ingin dihilangkan. Biarkan selama 2-3 jam, kemudian dibilas dengan air dingin dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

9. Pepaya

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang selanjutnya adalah dengan pepaya. Cara mengaplikasikannya adalah kupas dan buang biji pepaya. Selanjutnya, gunakan blender hingga membentuk pasta pepaya. Kemudian oleskan pada tahi lalat yang ingin dihilangkan dan biarkan selama 20-30 menit di pagi hari serta malam. Setelahnya bilas dengan air hangat hingga bersih.

10. Minyak Almond

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan minyak almond. Minyak almond memiliki kandungan vitamin dan mineral. Terutama tinggi vitamin E dan niacin, yang membantu hiperpigmentasi pada kulit, cerahkan kulit dan meratakan warnanya. Aplikasikan minyak almond langsung pada tahi lalat yang ingin dihilangkan, diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.