Sukses

20 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat, Bisa Tanpa Obat

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan kolesterol tinggi perlu diketahui bagi penderita ataupun seseorang yang memiliki riwayat kondisi tersebut. Pada umumnya, semua orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg.

Kolesterol dalam darah dapat dikatakan tinggi, apabila melebihi angka batas normalnya. Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung, serta menyumbat aliran darah. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.

Cara menurunkan kolesterol tinggi dalam darah bisa dilakukan secara alami tanpa menggunakan obat. Selain itu, berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi juga bisa dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

1. Minum Air Jeruk Nipis

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat yang pertama adalah dengan meminum air jeruk nipis. Pasalnya, jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Anda cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

2. Jambu Merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi mulailah mengonsumsi jus jambu merah secara rutin. Anda bisa langsung memakannya begitu saja atau dijus.

3. Minum Jus Anggur

Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Kulit Manggis

Tidak hanya buahnya yang bisa anda makan, kulit manggis juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat. Kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan anti-oksidan, jauh lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E. Anda bisa memilih mengonsumsi ektrak kulit manggis yang banyak beredar di masyarakat atau dengan memblender kulit manggis lalu meminumnya secara langsung.

3 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

5. Konsumsi Brokoli

Brokoli mengandung serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi. Untuk mendapatkan manfaat brokoli sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi olah brokoli dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak untuk mengonsumsi brokoli.

6. Konsumsi Apel

Cara menurunkan kolesterol tinggi selanjutnya dengan mengonsumsi Apel. Buah ini terutama kulitnya mengandung pektin yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh melalui urin dan feses. Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

7. Konsumsi Pir

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun. Konsumsi pir secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

8. Olahraga Teratur

Berolahraga selama 2,5 jam seminggu cukup untuk meningkatkan kolesterol “baik” (HDL). Jika anda belum terbiasa berolahraga, mulailah secara perlahan. Mula-mula lakukan olahraga selama 10 menit sehari, kemudian tingkatkan hingga 15 atau 30 menit sehari. Hal ini tentu tidak akan sulit jika anda memang ingin hidup lebih sehat.

4 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

9. Mengonsumsi Ikan

Kandungan minyak Omega-3 pada ikan bermanfaat untuk kesehatan. Lemak omega-3 terbukti mampu menangkal penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. Menurut penelitian dari Loma Linda University, mengganti lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan sarden dapat meningkatkan kolestrol baik sebanyak empat persen. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengonsumsi salmon sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

10. Berhenti Merokok

Cara menurunkan kolesterol tinggi yang berikutnya adalah berhenti merokok. Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, oleh karena itu, berhentilah merokok. Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, selain itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku. Jika ini terjadi, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

11. Buah Beri

Keluarga beri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL. Pada penelitian milik Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Selain itu, buah-buahan kelompok beri ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh. Oleh karena itu rajin mengonsumsi berries merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat yang efektif.

12. Alpukat

Cara menurunkan kolesterol tinggi yang lainnya adalah mengonsumsi alpukat. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Mengonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukan selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

5 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

13. Hindari Lemak Trans

Jenis lemak yang perlu dihindari selain lemak jenuh adalah lemak trans. Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah melalui proses yang disebut hidrogenasi. Minyak ini sering hadir di margarin, gorengan, kerupuk, atau makanan olahan berminyak lainnya. Lemak trans meningkatkan kolesterol total dan LDL. Minyak ini juga menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

14. Mengonsumsi Biji-bijian Utuh

Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B. Oleh sebab itu biji-bijian efektif digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

15. Konsumsi Minyak Zaitun

Mengganti mentega dengan minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15%, Ini hampir serupa dengan efek obat penurun kolesterol dosis rendah. Supaya khasiatnya maksimal, pililhlah minyak zaitun extra-virgin. Minyak jenis ini sangat sedikit proses kimianya dan mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit.

16. Mengonsumsi Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang sanggup menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat menggunakan oatmeal adalah mulai jadikan sarapan oatmeal sebagai kebiasaan agar kadar kolesterol kamu menurun drastis.

6 dari 6 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

17. Konsumsi Pepaya

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan mengonsumsi pepaya juga diklaim ampuh. Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

18. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lain yang tampaknya membantu menurunkan kolesterol dan kadar kolesterol total. Teh hitam juga dapat berdampak positif pada kolesterol, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada varian teh hijau. Selain itu, kafein juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

19. Turunkan Berat Badan

Diet memengaruhi cara tubuh menyerap dan memproduksi kolesterol. Secara keseluruhan, penurunan berat badan memiliki manfaat ganda pada kolesterol dengan meningkatkan kolesterol HDL yang bermanfaat dan menurunkan kolesterol LDL yang berbahaya.

20. Kurangi Lemak Jenuh

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat terakhir adalah mengurangi asupan lemak jahat. Makan lemak jenuh dalam jumlah besar meningkatkan kadar kolesterol jahat. Lemak jenuh, ditemukan terutama dalam daging merah dan produk susu berlemak. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol "jahat".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.