Sukses

Cara Menjahit Baju dan Persiapan yang Penting Diperhatikan, Pemula Wajib Tahu

Cara menjahit baju perlu dipahami oleh orang-orang yang ingin membuat pakaiannya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Cara menjahit baju perlu dipahami oleh orang-orang yang ingin membuat pakaiannya sendiri. Menjahit adalah kegiatan melekatkan atau menyambungkan kain, bulu, atau bahan lainnya dengan jarum dan benang. Proses menjahit sendiri dapat dilakukan dengan tangan atau menggunakan mesin jahit.

Tidak hanya menjahit pakaian, kamu juga bisa membuat produk lainnya dari menjahit, seperti tirai, kasur, seprai, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa membuat produk lainnya seperti sepatu, tas, dan barang-barang lainnya.

Cara menjahit baju sendiri tidak begitu sulit dipraktikkan. Namun, sebelum itu kamu perlu mengenali dasar-dasarnya, sehingga akan lebih mudah dalam membuat baju nantinya. Menjahit baju sendiri tentunya membuat kamu lebih leluasa dalam penentuan bahan, ukuran, dan berbagai hal lainnya sesuai dengan selera.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022) tentang cara menjahit baju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan dalam Menjahit Baju

Cara menjahit baju tentunya membutuhkan berbagai persiapan dari diri kamu sendiri. Banyak orang yang mengabaikan beberapa persiapan ini, padahal sangat penting dalam membuat kamu menghasilkan baju atau pakaian yang baik nantinya. Berikut beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum menerapkan cara menjahit baju:

- Niat. Persiapan pertama yang harus kamu lakukan sebelum praktik cara menjahit baju adalah menyiapkan niat. Niat sangat penting saat kamu belajar otodidak dalam menjahit baju.  Setelah niat sudah mantap, kamu bisa menceritakan keinginan atau niatmu tersebut ke orang terdekat agar ada orang yang selalu mengingatkan dan menyemangati.  

- Meluangkan waktu. Meluangkan waktu juga merupakan persiapan yang tidak boleh diabaikan, karena sering kali seseorang tidak memperhatikan hal ini, sehingga cara menjahit menjahit tidak diterapkan dan akhirnya kamu tidak bisa sama sekali. Walaupun belajar secara otodidak, kamu harus memiliki waktu khusus untuk belajar. Baik itu hanya 30 menit atau bahkan sampai 2 jam.

- Fokus. Dalam dunia jahit-menjahit, banyak sekali teknik yang bisa dikembangkan. Misalnya saja knitting, clay, crochet, dan lain sebagainya. Permasalahan yang sering dihadapi adalah ketika sudah belajar menjahit kemudian melihat teman belajar di cabang lain, kamu langsung ingin ikutan cari tutorialnya. Hal seperti inilah yang dapat membuat cara menjahit baju jadi lebih lama kamu pahami karena tidak fokus.

3 dari 4 halaman

Cara Menjahit Baju

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Cara menjahit baju yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan. Ada beberapa perlengkapan dan bahan yang perlu disiapkan, seperti pita ukur atau biasa disebut dengan meteran jahit, kain, gunting, penggaris, pendedel benang, jarum jahit, benang, karbon kain dan rader, pensil kain atau kapur kain, jarum pentul, dan mesin jahit.

2. Coba Menjahit dengan Tangan

Cara menjahit baju yang pertama bisa dengan yang paling dasar terlebih dahulu, yaitu menjahit dengan tangan. Kamu bisa berlatih menggunakan kain perca terlebih dahulu dan belajar menjahit lurus. Jangan lupa supaya menusukkan jarum pada bagian belakang kain agar simpul tali benang tidak terlihat di luar.

3. Coba Menjahit Lurus, Melingkar, Serta Mengunci Jahitan

Setelah menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk cara menjahit baju, maka kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu menjahit lurus. Cara menjahit baju ini memerlukan mesin jahit untuk melakukannya. Menjahit lurus memang terlihat mudah, namun pada praktiknya cukup sulit.

Kamu bisa menggunakan kertas atau kain bekas untuk belajar menjahit terlebih dahulu. Mulailah dengan membuat garis lurus, melingkar, dan lika-liku pada kertas atau kain bekas. Kemudian belajar juga cara mengunci jahitan dengan cara jahit 3 hingga 4 maju sesuai dengan garis, lalu mundur 3 lagi hingga 4 jahitan. Pada bentuk melingkar biasanya dilakukan untuk membuat jahitan leher.

4 dari 4 halaman

Cara Menjahit Baju

4. Coba Menjahit Sederhana dengan Baju yang Sudah Ada

Cara menjahit bagi pemula, kamu bisa melakukan jahitan awal dengan menggunakan baju yang sudah ada. Kamu bisa memulainya dengan membuat sarung bantal, saku gantung baju, dan hal-hal sederhana lainnya untuk melatih diri meningkatkan kemampuan menjahit sebelum nantinya akan lanjut ke pembuatan baju secara langsung. Lakukan secara bertahap dan konsisten agar peningkatan demi peningkatan diraih dengan baik sebagai dasar kamu dalam menerapkan cara menjahit baju.

5. Mengenali Pola Pakaian

Cara menjahit baju selanjutnya adalah dengan memahami pola pakaian. Kamu bisa menentukan pola pakaian ini sebelum membuat baju yang diinginkan. Hal ini sangat penting dipahami agar baju tidak terlihat lebih kecil atau lebih besar, ataupun mengerut.

6. Pelajari Jenis Jahitan

Mempelajari jenis jahitan merupakan salah satu cara menjahit baju yang sangat penting kamu pahami. Hal ini sangat penting bila kamu ingin berkreasi dalam pembuatan baju atau pakaian. Tidak hanya pada baju, mempelajari jenis jahitan juga sangat penting dalam membuat barang lainnya, seperti boneka, bantal dan lain sebagainya. Jenis-jenis jahitan yang perlu kamu kenali di antaranya yaitu tusuk jelujur, tusuk flanel, tusuk rantai, tusuk tikam jejak, tusuk silang, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.