Sukses

29 Tempat Wisata di Madura, Cocok untuk Jalan-Jalan sampai Kulineran

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Madura menawarkan banyak daya tarik yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pulau yang terletak di Timur Laut Pulau Jawa ini menawarkan banyak keindahan alam berupa pulau-pulau kecil yang sangat indah.

Tidak hanya itu, tempat wisata di Madura juga menyajika berbagai nilai-nilai budaya dan sejarah yang juga akan menambah wawasan para pengunjung.

Tidak hanya tempat wisata di Madura yang menarik perhatian. Sajian kuliner khas Madura pun menawarkan banyak cita rasa yang akan memberikan pengalaman baru dalam berwisata kuliner.

Yang jelas, Anda tidak akan menyesal untuk menghabiskan waktu libur di Madura. Anda bisa berlibur dengan berbagai gaya, baik itu liburan bersama keluarga, teman-teman, maupun sendirian.

Berikut adalah 30 tempat wisata di Madura, termasuk tempat makan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bangkalan

1. Taman Rekreasi Kota Bangkalan

Tempat wisata di Madura berikut adalah Taman Rekreasi Kota Bangkalan. Taman yang merupakan salah satu obyek wisata minat khusus tengah kota yang dikelola langsung oleh pemerintah kabupaten Bangkalan. Tempat ini juga penuh dengan berbagai macam wahana bermain anak-anak, kolam renang dan danau buatan yang di desain khusus bagi para pengunjung yang hobi memancing atau sekedar ingin bermain perahu mengelilingi danau. Wisata ini menjadi rekomendasi untuk liburan keluarga.

2. Alun-Alun Bangkalan

Alun-Alun Bangkalan adalah salah satu tempat wisata di Madura yang wajib untuk dikunjungi. Tempat ini bisa digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, karena pada malam hari, alun-alun ini akan berubah menjadi pusat kuliner yang menyajikan beragam jenis makanan mulai dari makanan tradisional hingga modern.

3. Bukit Arosbaya

Rekomendasi tempat wisata di Madura adalah Bukit Arosbaya. Bukit kapur yang terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura ini, terbilang unik karena jika umumnya bukit kapur berwana putih, bukit ini memiliki warna merah kecokelatan. Tempat ini dulunya merupakan lokasi bekas penambangan kapur tulis, namun saat ini sudah tidak beroperasi lagi. Di sekitar bukit ini juga terdapat juga gua-gua kecil yang terbentuk akibat penambangan.

4. Pesarean Aermata

Pesarean Aermata merupakan tempat yang terdapat sumber air yang berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tempat wisata ini berada di Karang Pao. Pesarean Aermata ini merupakan wisata Madura yang cukup populer, berupa kompleks pemakaman bangsawan Madura dari Wangsa Cakraningrat, beserta kerabat dan abdi dalem istana lainnya. Menurut legenda, mata air di wisata Madura yang lagi hits ini muncul atas bentuk kesedihan Syarifah Ambami, istri Cakraningrat I atas kekecewaan sang suami padanya.  

5. Masjid Agung Bangkalan

Masjid Agung Bangkalan berada di Jl. KH. Moh. Kholil, Demangan Barat, Kabupaten Bangkalan. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 11.527 meter persegi, sedangkan bangunannya memiliki luas 3.000 meter persegi. Bangunan masjid ini masih dipertahankan arsitektur aslinya. Buat pengunjung yang ingin berkunjung untuk melihat arsitekturnya, sekalian bisa juga beribadah di tempat ini.

3 dari 6 halaman

Wisata Kepulauan

6. Gili Labak

Tempat wisata di Madura yang sangat populer adalah Gili Labak. Gili Labak adalah Pulau yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dari pelabuhan Kalianget. Gili Labak adalah sebuah pulau kecil dan terletak di sebelah tenggara Pulau Puteran. Tempat ini menawarkan kawasan pantai dengan terumbu karang yang sangat indah, cocok bagi pengunjung yang suka dengan snorkeling. Keindahan pemandangan dengan hamparan laut biru juga pasir pantai semakin menambah daya tariknya bagi wisatawan.

7. Telaga Kermata

Tempat wisata di Madura selanjutnya adalah Telaga Kermata. Telaga Kermata yang terletak di Saronggi Sumenep ini, sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempat ini merupakan danau buatan yang dimanfaatkan sebagai sistem irigasi sawah. Tempat ini bisa diakses dari pusat kota Sumenep dengan jarak tempuh 7 kilometer saja.

8. Puncak Ratu Pamekasan

Rekomendasi tempat wisata di Madura yang cukup populer adalah Puncak Ratu Pamekasan. Puncak Ratu Pamekasan sangat digandrungi oleh para wisatawan, karena pemandangan alammnya yang memanjakan mata  juga hawanya yang sejuk. Puncak Ratu Pamekasan sangat cocok bila dikunjungi bersama keluarga atau pasangan. Lokasi Puncak Ratu Pamekasan berada di ketinggian sekitar 200 meter, sehingga pengunjung bisa melihat ratusan pohon sengon yang tampak masih hijau dan asri.

9. Pulau Kangean

Tempat wisata di Madura yang wajib untuk dikunjungi adalah Pulau Kangean. Kepulauan Kangean merupakan pulau besar yang berada di ujung paling timur wilayah Madura. Tempat ini sangat menonjolkan keindahan wisata pantai yang kaya akan biota laut juga cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving.

10. Pulau Mamburit

Tempat wisata di Madura yang wajib untuk dikunjungi adalah Pulau Mamburit. Pulau ini juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang tidak kalah dengan kondisi laut di wilayah Indonesia bagian Timur. Indahnya hamparan pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karangnya, destinasi wisata yang satu ini berhasil menggaet wisatawan untuk mengunjunginya.

4 dari 6 halaman

Menikmati Indahnya Bawah Laut dan Sensasi Pulau Pribadi

11. Gili Pandan

Gili Pandan adalah tempat wisata di Madura yang tak kalah menawan. Bagi yang ingin menikmati liburan seakan-akan memiliki pulau pribadi, wisata ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebagai pulau tak berpenghuni, tempat ini menawarkan keindahan alam yang mengagumkan. Nuansa alami dari pulau tropis ini tidak terbantahkan karena pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang tenang.

12. Pulau Sapeken

Tempat wisata Madura yang lagi hits selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Sapeken. Pulau Sapeken merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Kepulauan Madura. Pulau ini menawarkan daya tarik berupa kawasan terumbu karang yang sangat indah. Jadi, buat kamu penikmat alam bawah laut, wisata Madura yang lagi hits berupa Pulau Sapeken wajib dimasukkan ke dalam daftar snorkeling.

13. Goa Blaban, Pamekasan

Bagi yang menyukai wisata alam yang penuh petualangan, wajib mengunjungi tempat wisata di Madura yang satu ini. Obyek wisata ini berada di Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan ini, menawarkan keindahan dari dalam goa dengan stalaktit yang menawan. Goa Blaban ditemukan oleh warga sekitar saat menggali sebuah sumur. Dengan luas 50 meter persegi serta kedalaman 7 meter. Banyaknya stalakmit dan stalagmit berwarna putih di dalam goa, membuat wisata semakin menawan.

14. Bukit Tinggi Daramista, Sumenep

Bagi yang berlibur ke pulau Madura, cobalah berkunjung ke Bukit Tinggi Daramista. Tempat wisata Madura yang lagi hits satu ini memiliki udara yang sejuk, pemandangan alam, dan berbagai macam spot foto yang memesona. Tempat ini menjadi rekomendasi untuk menikmati liburan bersama keluarga.

15. Pantai Teluk Sapoong, Sumenep

Pantai Teluk Sapoong merupakan salah satu wisata di Madura, dimana tempat ini menawarkan keindahan alam yang masih tampak asri. Tak hanya air lautnya yang masih jernih, banyaknya pepohonan rindang di sekitar pantai membuat destinasi wisata ini semakin menawan. Tempat ini, tersedia berbagai fasilitas menarik, seperti Perahu Motor atau Kapal Boat yang siap mengantar Anda berkeliling di sekitar pantai.

5 dari 6 halaman

Wisata Sejarah

16. Kampung Toron Samalem

Salah satu tempat wisata di Madura yang terkenal unik juga indah, adalah Kampung Toron Samalem. Obyek wisata satu ini memiliki pemandangan berupa bangunan-bangunan beratap jerami yang bisa dijadikan spot foto menarik bagi wisatawan. Selain itu, kawasan ini juga terdapat lautan yang berwarna biru yang menambah keindahan Kampung Toron Samalem. Sangat indah bila dikunjungi bersama dengan keluarga, sahabat, bahkan pasangan sekalipun.

17. Pulau Ambunten

Tempat wisata di Madura selanjutnya adalah Pulau Ambunten. Di pantai ini pengunjung akan menemukan areal batu karang berongga yang terkikis akibat ombak pantai, area ini sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai foto, karena hasilnya akan sangat eksotis. Berbeda dengan pantai yang ada di Madura, pantai ini memiliki pasir berwarna coklat kemerahan. Selain itu, ombak di sini cukup tinggi.

18. Bukit Jaddih

Bukit Kapur Jaddih merupakan destinasi wisata di Madura yang cukup populer. Sama seperti Bukit Arosbaya, dulunya Bukit Jaddih merupakan lokasi penambangan batu kapur yang kini juga dijadikan objek wisata. Bekas penambangan meninggalkan pahatan yang unik dan indah, terdapat juga gua-gua kecil serta danau yang memiliki air berwarna biru. Saat berada di sini, jangan lupa untuk mengabadikan momen hangat berlatar bukit yang indah.

19. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning ini merupakan tempat wisata di Madura yang berlokasi di desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan. Pantai yang cukup populer ini, bisa ditempuh dengan jarak 41 kilometer dari pusat Kabupaten Bangkalan. Pantai ini sangat menarik, karena memiliki hamparan pasir putihnya yang kekuningan. Dan ramai dikunjungi wisata baik lokal maupun mancanegara.

20. Pantai Sembilangan

Pantai Sembilangan berada di Desa Sembilangan, Bangkalan. Destinasi wisata di Madura ini memiliki daya tarik dengan adanya Mercusuar Sembilangan. Mercusuar ini merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang digunakan untuk navigasi kapal-kapal yang melintas di selat Madura.

21. Gili Iyang

Tempat wisata di Madura yang wajib kamu kunjungi adalah Gili Iyang. Gili Iyang adalah salah satu pulau kecil yang terletak di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura. Tempat ini memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi. Wisata di Sumenep ini menawarkan pantai pasir putih yang sangat panjang dengan air pantai yang sangat jernih dan tenang. Para wisatawan yang berkunjung juga bisa berjemur di pinggir pantai, bermain air dan berenang, snorkeling, berkeliling di area pulau, berswafoto, hingga menikmati keindahan matahari terbenam.

22. Gili Genting

Destinasi wisata di Madura yang cukup populer dengan konsep liburan seakan berada di Hawaii. Wisata ini memiliki pemandangan alam lautan yang eksotis akan pengunjung dapatkan ketika berkunjung ke wisata Madura yang lagi hits berupa Pulau ini.

6 dari 6 halaman

Wisata Kuliner

24. Sate Lalat

Tempat Wisata di Madura berupa kuliner yang pertama tentunya adalah sate, yaitu Sate Lalat. Sate ini bukannya terbuat dari lalat, namun nama ini disematkan karena ukurannya yang kecil-kecil. Bagi kamu pecinta sate madura, tentunya sate lalat ini harus dicicip sebagai salah satu jenisnya.

Tak berbeda jauh dengan sate Madura kebanyakan, kuahnya menggunakan kuah kacang kental dan daging yang digunakan adalah daging ayam. Kedai sate lalat yang cukup terkenal di Pamekasan ada di Jalan Niaga. Lokasinya berada di kawasan warung tenda Sae Selera. Satu porsi sate lalat biasanya berisi 20 tusuk sate plus lontong.

25. Nase' Jhajan

Nase' Jhajan yang terkenal sangat lezat dan menggoda selera ini merupakan wisata kuliner khas Pamekasan Madura. Jika kamu sedang berkunjung ke Pamekasan, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati makanan khas yang sangat legendaris ini.

Nase’ jhajan disajikan dengan pincukan daun pisang, dan disertai berbagai macam pilihan lauk, seperti telur kuah petis, daging, serundeng dan lain-lain. Sambal pedasnya juga akan menggoyang lidah penikmatnya. Makan sajian wisata kuliner Pamekasan ini dengan tangan sungguhlah nikmat. Kamu bisa mencicipi nase’ jhajan yang enak dan terkenal di wilayah Parteker, Pamekasan.

26. Kaldu Kokot

Wisata kuliner Pamekasan Madura berikutnya adalah Kaldu Kokot. Kaldu kokot alias kaldu kikil ini sebenarnya adalah sop kikil dan kaki sapi. Ia disebut sop karena kuliner satu ini masuk dalam kategori masakan yang memiliki kuah. Sebenarnya, kaldu kokot lebih menyerupai gulai atau rawon, namun ditambahkan dengan potongan kikil atau kulit dan tulang kaki sapi.

Satu porsi kaldu kokot disajikan lengkap dengan nasi atau potongan ketupat. Sebagai pelengkap tersedia juga perkedel ubi, kerupuk, lorji, atau kacang mete sebagai pilihan. Kamu bisa mengunjungi Warung Kaldu di Jalan Pintu Gerbang Nomor 46, Pamekasan, Madura. Warung ini memiliki resep kaldu kokot yang tetap terjaga secara turun temurun.

27. Campur Lorjuk Bu Hamidah

Campor Lorjuk ini merupakan wisata kuliner Pamekasan Madura, tepatnya di Kecamatan Pademawu. Bahan utama dari Campor Lorjuk tentu adalah Lorjuk itu sendiri. Lorjuk adalah sejenis kerang laut yang banyak ditemukan di tepi pantai pesisir Madura. Bentuknya yang panjang seperti bambu sehingga Lorjuk juga dikenal dengan kerang bambu atau kerang kuku. Jenis kerang bambu ini bisa ditemukan saat air laut sedang surut yang berada di bawah pasir pantai.

Satu porsi Campor Lorjuk terdiri dari irisan lontong, mie soun yang sudah dimasak, kacang (Oto') yang dimasak dengan bumbu manis, kecambah goreh, remahan peyek, kemudian disiram dengan kuah Campor Lorjuk dan taburan Lorjuk yang sudah dimasak di bagian atasnya sebagai topping. Campor Lorjuk tidak lagi membutuhkan campuran penyedap buatan karena rasa gurih kuahnya yang berasal dari rebusan Kerang Bambu sudah sangat gurih.

28. Nase' Ramoy

Nase' Ramoy merupakan salah satu wisata kuliner Pamekasan Madura yang unik. Kuliner pamekasan satu ini menyajikan paduan nasi putih dengan daging yang gurih, serta jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu merah yang terasa empuk. Menu ini nantinya dilengkapi dengan siraman kecap dan irisan cabe rawit diatasnya. Kamu bisa mengunjungi warung Nasi Barokah, yang terletak di Jalan Pintu Gerbang No. 130 A Pamekasan untuk menikmati Nase’ Ramoy yang menggugah selera ini. Harganya juga cukup terjangkau.

29. Rujak Tajin Ibu Farida

Wisata kuliner Pamekasan berikutnya adalah Rujak Tajin Ibu Farida di Jalan Purba Pamekasan. Rujak ini sering juga disebut dengan rujak bubur. Untuk membuat rujak bubur ini, selain bubur, bahan yang digunakan seperti kacang sangrai, petis, ikan tuna khas Madura, mentimun, sayuran dan cingur sapi.

Menggunakan cowek besar, butiran kacang dihaluskan bersama tomat dan cabai sambil diberi petis beserta bumbu yang sudah halus. Selanjutnya, dicampur dengan timun yang dicacah, sayuran, dan tidak lupa cingur dengan kerupuk tette khas Pamekasan turut dibubuhkan. Lalu diulek lagi agar bumbu merata. Sebelum dihidangkan bubur ini dipasang di atas piring, lalu ditumpangi racikan bumbu rujak yang sudah dicampur. Tentunya sangat menggugah selera siapa saja yang ingin menikmatinya.

30. Soto Ayam Keppo Pamekasan

Bicara soal Soto Ayam Madura salah satu tempat yang terkenal adalah Soto Ayam di Jalan Raya Keppo. Wisata kuliner Pamekasan ini rasanya gurih dan nikmat. Ayam yang digunakan dalam kuliner ini menggunakan ayam kampung dan dimasak dengan teknik tersendiri sehingga menghasilkan soto yang gurih.

Soto ayam ini diberi irisan daging ayam yang empuk, soun, telur rebus dan perasan jeruk nipis dan dihidangkan dengan lontong atau nasi. Sedangkan Soto Ayam Madura ini kuahnya cenderung bening dengan rasa yang ringan dan tidak berasa rempah. Isiannya berupa potongan ayam kampung, telur, kentang rebus dan kerupuk semacam peyek yang dihancurkan serta taburan bawang goreng di atasnya. Kamu bisa makan dengan ketupat atau nasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.