Sukses

12 Cara Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat, Hidung Tersumbat Langsung Lega

Berikut adlaah cara menyembuhkan pilek yang terbukti ampuh redakan hidung tersumbat.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyembuhkan pilek sebenarnya cukup hanya dengan istirahat dan makan makanan yang bergizi saja serta memenuhi kebutuhan cairan saja. Pasalnya, pilek adalah jenis penyakit yang dapat pulih dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Hanya saja, gejala yang ditimbulkan seperti hidung tersumbat, bersin, pegal-pegal, dan kelelahan, tentu sangat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu diperlukan sejumlah cara menyembuhkan pilek agar proses pemulihannya bisa lebih cepat.

Mengingat bahwa pilek adalah penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, cara menyembuhkan pilek yang akan dibahas di artikel ini sebenarnya lebih ke cara meredakan gejala-gejalanya.

Gejala-gejala pilek mirip dengan gejala flu. Namun perlu diketahui bahwa keduanya sebenarnya adalah penyakit yang berbeda. Perbedaan flu dan pilek dapat dilihat dari tingkat keparahan atau seberapa serius penyakit tersebut dialami karena rhinovirus.

Umumnya, pilek jarang menyebabkan kondisi kesehatan atau masalah kesehatan lain. Sedangkan flu dapat menyebabkan atau memunculkan masalah kesehatan lain, seperti infeksi telinga, radang selaput lendir, radang paru-paru, dan sepsis. Demikian dijelaskan di laman Healthline.

Oleh karena itu, sebenarnya setiap orang di atas usia enam bulan, dianjurkan menerima vaksin flu, agar tubuh dapat mengembangkan antibodi yang tepat.

Setidaknya ada sejumlah kondisi yang dapat memicu seseorang mengalami pilek, di antaranya adalah turunnya imunitas dan perubahan hormon. Berikut adalah sejumlah penyebab dan cara menyembuhkan pilek, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Pilek

Cara menyembuhkan pilek yang paling penting adalah mengetahui penyebabnya. Umumnya orang mengalami pilek ketika kondisi udara sangat dingin. Namun, penyebab pilek bukanlah karena cuaca dingin, melainkan adalah infeksi virus.

Setidaknya terdapat lebih dari 200 jenis virus yang dapat menyebabkan seseorang terserang pilek. Meskipun terdapat banyak virus yang dapat menyebabkan pilek namun rhinovirus merupakan virus yang paling banyak dan umum sebagai penyebab pilek.

Virus penyebab pilek ini dapat masuk kedalam tubuh melalui mulut, mata dan juga hidung, menyebab melalui droplet di udara Ketika seseorang yang terinfeksi betuk, bersin atau berbicara. Selain itu virus ini juga dapat menyebab melalui kontak tangan dan benda-benda yang terkontaminasi. 

3 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Pilek

Umumnya Anda tidak memerlukan penanganan medis yang intensif saat mengalami pilek, karena penyakit ini cenderung bisa pulih dengan sendirinya. Anda hanya perlu istirahat dan memenuhi asupan nutrisi yang cukup. Namun, Anda disarankan untuk menghubungi dokter jika gejala semakin memburuk seperti demam yang melebihi 38 derajat Celcius, sesak napas, sakit telinga dan gejala parah lainnya.

Berikut ini adalah sejumlah cara untuk menyembuhkan pilek dan meredakan gejalanya tanpa perlu menghubungi dokter.

1. Berkumur

Berkumur adalah salah satu cara untuk menyembuhkan pilek, karena dapat melembabkan tenggorokan yang sakit dan meredakan pilek sementara. Berkumurlah dengan setengah sendok teh garam yang dilarutkan dalam 250 ml air hangat, empat kali sehari.

Untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan, cobalah obat kumur yang mengandung astringen, seperti teh yang mengandung tanin, untuk mengencangkan membran.

2. Sering Membersihkan Hidung

Sangat penting untuk membersihkan hidung secara teratur juga menjadi salah satu cara menyembuhkan pilek. Cara ini lebih baik daripada menghirup ingus kembali ke kepala. Akan tetapi, ketika mengeluarkan ingus dengan keras, tekanan dapat membawa ingus pembawa kuman kembali ke saluran telinga sehingga menyebabkan sakit telinga.

Cara terbaik untuk membersihkan ingus dari hidung Anda adalah dengan menekan satu jari di atas satu lubang hidung saat Anda mengembuskannya dengan lembut untuk membersihkan rongga hidung yang satu lagi.

4 dari 6 halaman

Penuhi Asupan Nutrisi

3. Makan Makanan Penangkal Infeksi

Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika Anda sedang berjuang melawan pilek atau flu:

a. Pisang dan nasi untuk meredakan sakit perut dan mengurangi diare.

b. Vitamin C - makanan yang mengandung vitamin C seperti paprika.

c. Blueberry meredakan diare dan bersifat seperti aspirin alami, yang dapat menurunkan demam dan membantu rasa sakit dan nyeri.

d. Wortel, sayuran ini mengandung beta-karotenCabai rawit dapat membuka sinus, dan membantu mengatasi lendir di paru-paru.

e. Cranberry dapat membantu mencegah bakteri menempel pada sel yang melapisi kandung kemih dan saluran kemih.

f. Mustard atau lobak dapat membantu mengencerkan lendir di saluran napas.

g. Bawang mengandung fitokimia yang dimaksudkan untuk membantu tubuh membersihkan bronkitis dan infeksi lainnya.

h. Teh hitam dan hijau mengandung katekin, fitokimia yang diklaim memiliki efek antibiotik dan anti-diare alami.

4. Minuman Hangat

Minuman hangat dapat menjadi salah satu cara menyembuhkan pilek. Minuman hangat dapat meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan meredakan membran yang meradang dan tidak nyaman yang melapisi hidung dan tenggorokan Anda.

Jika Anda merasa sangat sesak sehingga tidak bisa tidur di malam hari, cobalah minum minuman hangat. Buatlah secangkir teh herbal panas dan tambahkan satu sendok teh madu. Saat sedang flu, sebisa mungkin hindari alkohol. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat memperparah gejala pilek.

5. Gunakan Salep di Bawah Hidung

Mengoleskan salep dapat menjadi cara menyembuhkan pilek. Menggunakan sedikit salep mentol atau minyak kayu putih di bawah hidung Anda dapat membantu membuka saluran pernapasan dan memulihkan kulit yang teriritasi di pangkal hidung.

Mentol dan kayu putih memiliki bahan yang menimbulkan sensasi kebas ringan yang dapat membantu meredakan nyeri hidung. Namun perlu dipahami bahwa salep dengan kedua bahan tersebut hanya diletakkan di bawah hidung, bukan di dalam hidung.

5 dari 6 halaman

Makanan yang Dapat Redakan Pilek

6. Sup Ayam

Sup ayam tak hanya lezat, tetapi juga berkhasiat. Bahkan, mengonsumsi sup ayam dipercaya dapat menjadi salah satu cara menyembuhkan pilek yang ampuh. Sup ayam dipercaya dapat menyembuhkan pilek karena sifatnya yang menghangatkan. Selain itu, sup ayam juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu proses pemulihan.

Kandungan nutrisi dalam sup ayam juga sangat baik untuk meningkatkan sistem imun. Tak hanya itu, tetapi sifat menghangatkannya sangat ampuh melegakan sumbatan saluran pernapasan. Melegakan hidung, tenggorokan, dan encerkan dahak.

7. Cuka Apel

Cuka apel ini terbukti kaya akan khasiat, termasuk sebagai salah satu cara menyembuhkan pilek. Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek. Hanya saja porsinya harus diperhatikan betul. Jangan berlebihan dan jangan kurang. Tujuannya agar dosis tepat bisa memengaruhi proses pemulihan pilek dengan maksimal.

Cuka apel ampuh menghindarkan tubuh dari infeksi virus. Begitu juga dapat mengencerkan dahak dan sumbatan lendir di hidung. Hingga dapat membuat saluran pernapasan lebih cepat lega. Selain itu, cuka sari apel mengandung mineral penting, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, klorin, dan natrium. Kandungan ini sangat penting untuk mengatur fungsi tubuh.

8. Jahe

Jahe memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri, sehingga sangat cocok digunakan sebagai salah satu cara menyembuhkan pilek. Sifat-sifat inilah yang kemudian dapat melegakan saluran pernapasan saat sedang pilek. Jahe juga memiliki manfaat yang ampuh untuk menghilangkan racun berlebihan dalam tubuh.

Coba konsumsi jahe dengan mencampurkan madu dan lemon. Caranya, ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

6 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Pilek tanpa Obat

9. Bawang Putih

Bawang putih termasuk bumbu dapur yang ampuh untuk meredakan hidung tersumbat, sehingga sangat cocok sebagai salah satu cara menyembuhkan pilek. Bahkan banyak orang mengatakan bahwa bawang putih adalah bahan ampuh untuk menangkal bakteri.

Kupas empat sampai lima siung bawang putih. Hancurkan perlahan, lalu tumis, serta tambahkan ke hidangan favorit untuk bisa dikonsumsi. Selain menumis, bisa jadikan bawang putih ini sebagai jus. Hanya perlu tambahkan tomat dan lemon agar lebih nikmat dikonsumsi.

10. Garam

Tak hanya bawang putih yang bisa dipakai sebagai cara menyembuhkan pilek, garam juga bisa. Garam ini obat alami pilek yang sudah didukung oleh sejumlah penelitian medis.

Hanya perlu menjadikan garam sebagai obat kumur. Berkumur dengan garam bisa membantu mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan. Jadi memang ampuh digunakan untuk cegah gejala pilek menjadi semakin parah. Bahkan berkumur dengan air garam bisa bantu cegah pilek yang dialami tertular dengan orang lain.

Anda melarutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air air hangat. Lalu, kumur-kumur air garam beberapa detik. Jangan ditelan, tetapi buang airnya. Lakukan saat tenggorokan gatal dan merasa gejala pilek mengganggu sekali.

11. Madu

Menurut penelitian terbaru, madu bisa lebih baik daripada metode konvensional seperti dalam mengobati batuk, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Selain itu, madu kaya nutrisi dan tidak diketahui memiliki efek samping, sehingga sangat cocok menjadi salah satu cara menyembuhkan pilek.

Sesuai penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Oxford, para ilmuwan menemukan bahwa madu adalah alternatif yang efektif untuk antibiotik dan obat bebas lainnya untuk mengobati gangguan pernapasan ringan.

Anda dapat mengonsumsi madu dengan berbagai cara saat mengatasi sakit tenggorokan dan pilek. Anda bisa sekadar meminumnya, mencampurnya dengan minuman hangat seperti teh, atau mencampurnya dengan perasan lemon.

12. Teh Herbal

Teh herbal bisa dipakai sebagai salah satu cara menyembuhkan pilek. Bahkan teh herbal tak hanya dapat menyembuhkan pilek, tetapi juga batuk. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon.

Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi memang cocok untuk sembuhnya pilek. Jahe sudah lama dipakai sebagai pengobatan tradisional China.

Jahe bisa bantu hilangkan sumbatan pada sistem pernapasan. Chamomile bersifat antivirus dan antibakteri yang menenangkan. Sementara lemonnya mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.