Sukses

16 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Secara Alami, Tanpa Obat

Cara menghilangkan hidung tersumbat dengan menggunakan bahan alami, tanpa obat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan hidung tersumbat tidak selalu harus dengan menggunakan obat-obatan. Terdapat beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat hidung yang tersumbat dan pernapasan yang terganggu.

Hidung tersumbat merupakan gangguan pernapasan yang bisa dialami oleh siapapun. Bisa disebabkan oleh suhu udara, flu, polusi atau alergi, hidung tersumbat dapat terjadi kapanpun dan secara tiba-tiba. Sehingga penting untuk mengetahui cara menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan.

Cara menghilangkan hidung tersumbat dengan alami terbilang mudah dilakukan karena hanya memerlukan bahan sederhana yang bisa di dapat dengan mudah dimana saja. Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana dan mudah untuk mengatasi hidung tersumbat.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022) tentang cara menghilangkan hidung tersumbat dengan bahan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Secara Alami

1. Jaga Kelembaban Udara

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang pertama adalah dengan menggunakan pelembab udara. Menghirup udara lembab membantu menenangkan jaringan hidung yang teriritasi, mengurangi peradangan sinus, dan mengencerkan lendir serta membantu mengeringkannya.

Mesin pelembab udara baik yang hangat maupun dingin sama-sama efektif untuk meningkatkan tingkat kelembaban dan mengurangi hidung tersumbat. Untuk keamanan, bagaimanapun, selalu gunakan alat pelembab dingin untuk anak-anak, karena panas dari pelembab udara dapat membakar anak jika mereka terlalu dekat atau jika mesin terjatuh dan air tumpah.

 

2. Bersihkan Hidung Dengan Neti Pot

Membilas saluran hidung menggunakan alat seperti neti pot dapat membantu melonggarkan lendir yang kental dan menghilangkan iritasi, allergen, dan kuman. Menurut Food and Drug Administration (FDA), neti pot aman digunakan selama mengisinya dengan air steril atau suling.

Untuk menggunakan neti pot, anda dapat mengikuti cara-cara mudah sebagai berikut ini:

- Isi panci dengan larutan garam (dibuat dengan air hangat dan steril dan garam).

- Bersandarlah di wastafel dan memiringkan kepala ke samping dengan dahi dan dagu sejajar (untuk menghindari cairan mengalir ke mulut Anda).

- Saat bernapas melalui mulut, masukkan cerat neti pot ke lubang hidung bagian atas sehingga cairan mengalir melalui lubang hidung bagian bawah.

- Ulangi di sisi lain.

 

3. Mandi Air Panas

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang berikutnya adalah dengan mandi air panas. Alasannya adalah karena menghirup uap mengurangi rasa sakit dan tekanan sinus dengan membantu mengeluarkan lendir. Mandi juga dapat membantu pernapasan kembali normal.

Anda juga bisa mendapatkan efek mandi uap dengan menghirup uap dari air panas di wastafel. Cukup mengalirkan air panas di wastafel kamar mandi, letakkan handuk di atas kepala dan letakkan kepala anda di atas wastafel, berhati-hatilah agar tidak terlalu dekat dan berisiko membakar kulit anda.

 

4. Buat Dekongestan Alami

Membuat dekongestan alami dengan menggunakan buah yang kaya akan vitamin C seperti lemon dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Vitamin C telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk mempersingkat durasi pilek dan mengurangi keparahan gejalanya.

Namun jika karena alergi, anda dapat menggunakan jahe. Penelitian menunjukan ekstrak jahe 500 miligram (mg) setiap hari sama efektifnya dengan loratadine yang berguna untuk mengatasi hidung tersumbat karena alergi hidung. Hal ini karena Jahe memiliki mekanisme anti-alergi dan anti-inflamasi.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Secara Alami

5. Kompres Hangat

Jika anda mengalami sakit kepala atau nyeri sinus akibat hidung tersumbat, cobalah kompres hangat langsung di atas hidung dan dahi anda. Ini dapat membantu meredakan peradangan dan tekanan hidung serta meredakan ketidaknyamanan anda.

Anda dapat membeli produk kompres panas yang dapat dipanaskan dalam microwave atau anda cukup merendam kain bersih dengan air hangat, peras kelebihannya, lalu lipat dan letakkan di atas hidung, pipi, dan dahi anda. Coba lakukan ini selama 20 menit dan ulangi sesering yang diperlukan.

 

6. Tingkatkan Asupan Cairan

Cara menghilangkan hidung tersumbat selanjutnya adalah meningkatkan asupan cairan tubuh. Minum banyak cairan (non alkohol) dan tetap terhidrasi akan membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, sehingga memudahkan sinus yang tersumbat untuk mengalir.

 

7. Ubah Rutinitas Malam

Seperti yang dapat dibuktikan oleh siapa saja yang menderita hidung tersumbat, kemacetan sering kali terasa lebih buruk di malam hari. Salah satu alasan utamanya adalah saat anda berbaring, gravitasi menyebabkan lendir menggenang atau kembali ke atas alih-alih mengalir. Untuk mengatasi masalah ini, letakkan satu atau dua bantal tambahan di bawah kepala anda, sehingga gravitasi dapat bekerja untuk membantu mengeluarkan lendir dari hidung.

 

8. Menghirup Uap Hangat

Banyak orang dengan hidung tersumbat menemukan bahwa menghirup uap dapat membantu mereka merasa lebih baik. Kehangatan dan kelembaban dapat menenangkan selaput di dalam hidung, memberikan kelegaan sementara. Selain itu uap hangat juga memungkinkan lendir mengalir lebih baik dan dapat membantu membunuh virus penyebab hidung tersumbat.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Secara Alami

9. Semprotan Garam

Cara menghilangkan hidung tersumbat berikutnya bisa dengan menggunakan semprotan air garam. Menggunakan semprotan garam dapat membantu mengurangi peradangan jaringan di hidung dan mengurangi hidung tersumbat. Para peneliti juga menemukan bahwa irigasi hidung dengan semprotan garam tampaknya memiliki beberapa manfaat bagi orang-orang dengan hidung tersumbat akibat sinusitis kronis.

 

10. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih berasal dari daun pohon kayu putih.Komponen tertentu dalam minyak kayu putih  memiliki sifat penyembuhan dan bertindak sebagai agen antibakteri, anti inflamasi, pereda nyeri dan obat penenang.

Menghirup kayu putih dalam uap atau melalui diffuser dapat membantu mengurangi gejala hidung. Untuk menggunakannya, tambahkan beberapa tetes minyak ke semangkuk air panas atau ikuti petunjuk pada diffuser.

 

11. Gunakan Akupresur

Akupresur menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat berikutnya. Akupresur melibatkan penggunaan tangan anda untuk mengaktifkan titik-titik tekanan tertentu. Meskipun akupresur tidak akan menyembuhkan pilek anda, ini dapat membantu meredakan tekanan sinus.

Untuk menargetkan tekanan pada sinus anda, gunakan jari telunjuk kiri dan kanan Anda untuk menekan pangkal kedua sisi hidung anda. Tahan selama sekitar tiga menit. Untuk sakit kepala karena sinus, tekan jari anda ke sudut terdalam salah satu alis selama tiga menit.

 

12. Makan Sesuatu yang Pedas

Capsaicin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai. Senyawa ini memiliki efek pengenceran pada lendir. Makanan yang mengandung capsaicin dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Namun, capsaicin juga merangsang sekresi lendir, yang bisa membuat hidung anda meler, sehingga disarankan hanya mengonsumsi secukupnya saja.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Secara Alami

13. Hindari Alkohol

Jika anda mengalami hidung tersumbat, minum alkohol bisa memperburuknya. Bahkan mengonsumsi alkohol dapat memicu gejala gangguan pernapasan bagian atas seperti bersin dan hidung tersumbat atau berair.

Alkohol adalah diuretik, yang berarti meningkatkan produksi urin. Saat anda minum, lebih sulit untuk tetap terhidrasi. Saat anda mengalami dehidrasi, lendir anda lebih kental dan tidak bisa mengalir dengan mudah. Ini sebabnya, cara menghilangkan hidung tersumbat salah satunya adalah dengan menghindari alkohol. 

 

14. Hindari Kafein

Kafein adalah stimulan yang ditemukan dalam teh, kopi, dan soda. Ini dapat memberi anda dorongan energi, tetapi juga memiliki efek diuretik ringan. Jadi, jika anda mengalami kesulitan untuk tetap terhidrasi dengan cairan, konsumsi kafein dapat memperburuknya.

Tubuh yang mengalami dehidrasi saat hidung tersumbat akan membuat lendir menjadi lebih kental dan membuat proses penyembuhan memerlukan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Selain itu mengonsumsi kafein sebelum tidur juga dapat menyebabkan gangguan tidur.

 

15. Oleskan Minyak Esensial Didada

Minyak atsiri dapat membantu memperbaiki gejala pilek seperti hidung tersumbat dan meningkatkan kualitas tidur. Meskipun tidak banyak penelitian tentang keefektifannya, mereka umumnya aman.

Anda dapat menggunakan minyak esensial untuk membuat gosok dada. Minyak dapat berupa minyak peppermint yang diyakini memiliki sifat melawan dingin. Pastikan anda mengencerkan campuran minyak esensial anda dengan minyak lain seperti minyak kelapa untuk mencegah iritasi kulit.

 

16. Diffuse Essential Oil Dari Pohon Teh

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang terakhir adalah dengan diffuse essential oil dari pohon teh. Minyak atsiri ini dipercaya dapat membantu memperbaiki penyumbatan hidung, banyak penelitian menemukan bahwa minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, yang membantu mengatasi hidung tersumbat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.