Sukses

7 Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Mudah Dikenali

Perubahan raut wajah pada wanita hamil terlihat dari kondisi kulit yang bermasalah.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah termasuk tanda kehamilan yang paling mudah dikenali dan ditebak. Selain, beberapa tanda kehamilan lain, seperti telat haid, merasa mual, sampai perubahan pada tubuh lainnya.

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah dapat terjadi sejak trimester pertama hingga sembilan bulan kehamilan. Hal tersebut disebabkan oleh peningkatan produksi hormon saat hamil yang membuat kondisi wajah dan tubuh mengalami perubahan.

Perubahan raut wajah pada wanita hamil terlihat dari kondisi kulit yang bermasalah. Kendati begitu, sebagian wanita mungkin mengalami ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang positif, seperti kulit tampak lebih bercahaya. Namun, ciri-ciri orang hamil dari raut wajah termasuk kondisi umum yang tidak perlu dikhawatirkan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

1. Wajah Bermiyak

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah lebih cenderung memiliki kulit wajah yang berminyak. Ini karena perubahan hormon dan produksi sel darah yang meningkat. Terkadang kulit berminyak ini memberi kesan glowing pada ibu hamil. Namun, jika tidak dirawat dengan baik, kulit berminyak bisa menyebabkan jerawat.

2. Melasma

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang berikutnya adalah melasma. Melasma merupakan kondisi munculnya bintik atau flek hitam pada kulit. Bintik-bintik ini paling sering muncul di dahi dan pipi dan disebabkan oleh peningkatan pigmentasi. Flek hitam ini bisa memburuk oleh paparan sinar matahari.

Bercak gelap mungkin berkembang di wajah. Hindari paparan sinar matahari, yang dapat memperburuk chloasma. Setelah melahirkan, pigmen kulit biasanya kembali normal selama beberapa bulan. Namun, beberapa bercak gelap akibat chloasma mungkin tidak akan pernah hilang.

Saat hamil, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon, yang menyebabkan peningkatan pigmentasi. Menurut Americanpregnancy, hampir 50% wanita hamil menunjukkan beberapa tanda melasma. Perubahan kulit ini akan memudar setelah bayi lahir.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

3. Berjerawat

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), jerawat adalah salah satu ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang mudah dikenali. Banyak wanita mengalami jerawat selama kehamilan. Ini paling umum selama trimester pertama dan kedua. Peningkatan hormon yang disebut androgen dapat menyebabkan kelenjar di kulit tumbuh dan menghasilkan lebih banyak sebum. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bakteri, peradangan, dan jerawat.

Jika sudah memiliki masalah dengan jerawat, jerawat bisa semakin teriritasi selama kehamilan. Untungnya, kehamilan dan jerawat pascapartum biasanya bersifat sementara. Ini kemungkinan akan hilang begitu hormon kembali normal.

4. Munculnya Spider Vein

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang selanjutnya adalah muncul spider vein. Pembuluh darah kecil yang muncul di kulit kerap disebut spider vein. Kondisi ini bisa terjadi selama kehamilan. Spider vein berasal dari perubahan hormonal dan peningkatan volume darah selama kehamilan. Peningkatan volume darah menciptakan tekanan yang signifikan pada pembuluh darah. Ini menyebabkan pembuluh darah kecil membengkak dan menimbulkan spider vein.

Mereka tampak seperti pembuluh darah merah kecil di wajah, leher, dan lengan. Spider vein akan memudar setelah bayi lahir. Biasanya spider vein merupakan efek samping sementara dari kehamilan yang membaik dalam tiga atau empat bulan setelah melahirkan.

5. Kulit Memerah

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang lainnya adalah kulit memerah. Kemerahan pada wajah sesekali terkait dengan perubahan hormonal selama kehamilan. Ini biasanya terlihat di pipi tetapi juga bisa terjadi di hidung, dagu, dan dahi. Selama kehamilan, tubuh menghasilkan lebih banyak darah. Peningkatan volume darah juga melebarkan pembuluh darah, membuat kulit terlihat memerah.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

6. Bengkak pada Wajah

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang berikutnya adalah bengkak pada wajah. Pembengkakan selama kehamilan merupakan hal yang wajar. Ini karena tubuh memproduksi sekitar 50% lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang.

Pembengkakan normal yang juga disebut edema, dialami di tangan, wajah, tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Pembengkakan dapat dialami kapan saja selama kehamilan, tetapi cenderung terlihat sekitar bulan kelima dan dapat meningkat saat berada di trimester ketiga.

7. Wajah Kusam

Mengutip Stanford Medicine Children's Health, ciri-ciri orang hamil dari raut wajah adalah wajah terlihat kusam. Munculnya flek hitam selama kehamilan akan membuat wajah terlihat kusam. Kondisi ini sangat normal pada wanita hamil. Pasalnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon yang memiliki efek samping peningkatan pigmentasi pada kulit.

5 dari 5 halaman

Penyebab Perubahan Raut Wajah pada Wanita Hamil

Mengutip dari Healthline, perubahan kulit selama kehamilan bisa disebabkan oleh:

1. Fluktuasi hormon

Peningkatan jumlah hormon yang dilepaskan selama kehamilan dapat membuat kulit terlihat memerah atau merona, kondisi ini terkadang memberi tampilan bercahaya. Hormon semacam itu termasuk estrogen, progesteron, dan human chorionic gonadotropin.

2. Peregangan kulit

Dikombinasikan dengan peningkatan aliran darah dan perubahan hormonal, peregangan kulit juga dapat membuat kulit bersinar selama kehamilan.

3. Aliran darah dalam tubuh yang meningkat

Selama kehamilan, tubuh menghasilkan lebih banyak darah. Ini karena rahim dan organ vital membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayi. Peningkatan volume darah seperti ini juga melebarkan pembuluh darah, membuat kulit terlihat memerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.