Sukses

9 Cara Mengusir Tokek Secara Alami, Semprotan Lada Hingga Bawang Putih

cara mengusir tokek dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti semprotan lada hingga potongan bawang putih

Liputan6.com, Jakarta Cara mengusir tokek bisa dilakukan dengan mudah, dengan cukup menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui di setiap rumah. Kehadiran tolet di dalam rumah kerap kali menimbulkan ketidaknyamanan karena suaranya yang keras dan kotorannya yang mengotori rumah.

Tokek memiliki ukuran yang lebih besar daripada cicak, hal ini membuat banyak orang takut dan jijik untuk mengusir tokek secara langsung. Karena alasan inilah banyak orang yang lebih memilih cara mengusir tokek tanpa kontak langsung, tapi dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak disukai tokek agar tokek pergi dari rumah dengan sendirinya.

Meskipun terkadang tokek dapat membantu kita untuk memangsa serangga atau laba-laba yang ada dirumah, namun tokek juga merupakan hama yang mengganggu dan menyebabkan rumah menjadi kotor. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara mengusir tokek yang baik dan benar.

Untuk menghilangkan tokek dirumah anda hanya perlu mengikuti beberapa metode sederhana. Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022) Cara mengusir tokek secara alami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengusir Tokek Secara Alami

1. Letakan Kapur Barus di Sekitar Rumah

Cara mengusir tokek yang pertama adalah dengan menggunakan kapur barus. Kapur barus mampu menargetkan lalat, semut, kecoa, dan ngengat. Selain itu, anda juga dapat menggunakannya untuk mengusir tokek.

Untuk mendapatkan hasil yang paling efektif, anda bisa meletakkan kapur barus di bawah lemari es, kompor, dan wastafel. Karena itu adalah area rumah di mana tokek lebih suka menghabiskan sebagian besar waktunya.

 

2. Semprotan Lada di Sekitar Rumah

Sama seperti manusia, tokek juga mengalami iritasi akibat semprotan lada. Oleh karena itu, anda dapat secara efektif mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai metode untuk mengusir tokek dari rumah.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda bisa mencampurkan beberapa cabai dengan air dan menyemprotkannya di sekitar rumah. Anda perlu memberi perhatian khusus pada penyemprotan lada di belakang sofa dan di bawah lemari es. Jika anda tidak dapat menemukan merica, anda dapat menggunakan bubuk cabe atau cabai rawit.

 

3. Pelihara Kucing

Cara mengusir tokek yang berikutnya adalah dengan memelihara tokek. Memelihara kucing  dapat didefinisikan sebagai salah satu metode paling efisien yang tersedia untuk dicoba. Kucing cenderung menangkap serangga kecil, seperti tokek.

Di sisi lain, anda akan mendapatkan kesempatan untuk memiliki rekan yang sangat baik untuk mengusir segala macam serangga di sekitar rumah. Kucing akan memastikan bahwa tidak ada tokek di dalam rumah anda dengan menangkap semua tokek tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Tokek Secara Alami

4. Gunakan Perangkap Lengket

Perangkap lengket dapat merupakan salah satu cara mengusir toket lainnya yang bisa dicoba. Perlu diingat bahwa tokek biasanya cenderung tertarik ke arah cahaya. Oleh karena itu, anda perlu menempatkan perangkap lengket di area yang terang di sekitar rumah.

Setelah anda melihat tokek menempel pada salah satu perangkap, saat tokek sudah ada diluar rumah anda dapat membebaskannya dengan menuangkan sedikit minyak sayur, ini merupakan cara yang baik untuk anda yang takut membunuh tokek dan hanya ingin mengusirnya.

 

5. Letakan Kulit Telur di Sekitar Rumah

Anda juga dapat memasang cangkang telur di sekitar rumah untuk menakut-nakuti tokek yang ingin masuk kedalam rumah anda. Hal ini karena tokek akan menganggap kulit telur yang disebar di sekitar rumah sebagai predator.

Anda hanya perlu menempatkan dua bagian kulit telur di sekitar rumah. Perlu di ingat anda harus berhati-hati untuk tidak menghancurkannya saat meletakan di sekitar rumah. Maka anda akan dapat menikmati ketenangan pikiran karena tokek tidak akan masuk kerumah anda.

 

6. Tempatkan Bawang Putih

Cara mengusir tokek selanjutnya adalah dengan penempatan siung bawang putih disekitar rumah. Seperti yang sudah banyak ketahui, bawang putih adalah salah satu penolak terkuat bagi serangga termasuk tokek.

Bahkan manusia tidak suka dengan bau menyengat yang disebabkan oleh bawang putih. Oleh karena itu, anda dapat mempertimbangkan untuk menempatkan beberapa siung bawang putih di pintu masuk rumah anda, sehingga anda dapat menghalangi tokek masuk kerumah.

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Tokek Secara Alami

7.  Gunakan Ampas Kopi

Ampas kopi menjadi cara mengusir tokek selanjutnya. Selain terkenal sebagai penghilang rasa kantuk, ternyata kafein yang terdapat di dalam ampas kopi juga bisa bermanfaat sebagai pengusir tokek.

Hal pertama adalah dengan membuat bulatan-bulatan kecil dari ampas kopi, yang kemudian diletakkan pada area sekitar sarang tokek. Anda juga dapat menambahkan campuran bubuk tembakau. Ketika tokek memakan gumpalan bola tersebut, dia akan langsung mati karena keracunan.

  

8. Kulit Jeruk

Cara mengusir tokek yang berikutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Aroma khas kulit jeruk yang masam dan segar akan membuat tokek segera pergi dari rumah. Tidak hanya untuk tokek, bahkan serangga lain, seperti nyamuk dan lalat juga akan perlahan pergi.

 

9. Membakar Daun Kering

Cara mengusir tokek yang terakhir adalah dengan membakar daun kering. Hampir semua makhluk hidup akan merasa terganggu saat ada asap, begitu juga dengan tokek. Dengan demikian, anda juga  bisa mencoba cara mengusir tokek dengan membakar daun-daunan kering.

Cara mengusir tokek yang satu ini membutuhkan kaleng bekas, daun kering, dan tentunya korek api. Bakarlah daun kering yang sudah dikumpulkan, kemudian arahkan asapnya ke sarang tokek. Perhatikan jumlah daun kering yang dibakar supaya asapnya tidak mengganggu penghuni rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.