Sukses

7 Ciri-Ciri Poster yang Wajib Diketahui, Lengkap Contohnya

Ciri-ciri poster dapat dikenali dari desain, penulisan kalimat dan bahasanya.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri poster perlu untuk diketahui sebelum mendesainnya. Hal ini supaya dapat membedakan antara desain poster dan iklan. Poster merupakan pemberitahuan atau gambar tercetak besar yang ditempel di dinding untuk mengumumkan sesuatu.

Ciri-ciri poster ada beragam. Pada umumnya, poster ditempatkan atau dipasang di tempat umum. Hal ini untuk membudahkan audiens untuk membaca informasi yang tertera pada poster dan mudah untuk mengajak audiens.

Ciri-ciri poster dapat dikenali dari desain, penulisan kalimat dan bahasanya. Tujuan pembuatan poster yakni untuk komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai ciri-ciri poster dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Poster

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum. Dengan kata lain, poster adalah media untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih informatif dan menarik.

Melansir Ensiklopedia Britannica, poster adalah pengumuman kertas cetak atau iklan yang dipertontonkan secara umum. Baik mempromosikan produk, acara, atau sentimen (seperti patriotisme), poster harus segera menarik perhatian orang yang lewat.

Poster memiliki tujuan utama untuk menarik perhatian, menginformasikan, meyakinkan, dan memprovokasi. Jika audiens merasa terpanggil, poster dapat memengaruhi keputusannya melalui teks dan gambar. Contoh gambar poster yang dirancang secara optimal akan menarik keingintahuan audiens, dan juga secara tidak sadar sisi emosionalnya.

Di zaman modern ini, poster biasanya digunakan sebagai bentuk iklan, tetapi juga digunakan oleh pengunjuk rasa dan propagandis untuk menyampaikan pesan tertentu. Poster biasanya dirancang untuk mengirim pesan, tetapi juga harus secara estetika menarik perhatian. Untuk itu, sangat penting mengetahui ciri-ciri poster yang baik dan benar sebelum membuatnya.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Poster

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri poster, yakni:

1. Menggunakan Bahasa yang Jelas dan Santun

Ciri-ciri poster yang baik seharusnya menggunakan bahasa yang padat, jelas, dan singkat. Kejelasan ini tentunya agar para pembaca dapat mengerti makna dari poster tersebut. Bahasa yang santun juga harus diperhatikan, karena poster dapat dilihat oleh siapa saja termasuk anak-anak. Poster dengan bahasa yang santun juga akan membuat pembaca menjadi nyaman dengan kata-kata yang ditulis.

2. Dicetak di Atas Kertas atau Kain

Pada umumnya, ciri-ciri poster yang baik dicetak dalam bentuk kertas atau kain yang siap dipajang di beberapa sudut tempat yang strategis. Beberapa ukuran juga menentukan poster dapat dilihat dengan mudah oleh beberapa orang. Berikut beberapa ukuran poster yang biasa digunakan dalam mencetak poster, yakni:

a. A2: 42 cm x 59,4 cm

b. A3: 29,7 cm x 42 cm

c. A4: 21 cm x 29,7 cm

3. Menggunakan Kalimat Persuasif

Tujuan dari membuat poster adalah membuat pembaca poster menjadi ingin ikut berpastisipasi sesuai yang ditulis pada poster. Maka dari itu kalimat yang ditulis dalam poster adalah kalimat yang berisi ajakan atau kalimat persuasif agar pembaca dapat mengambil tindakan untuk mengikuti apa yang dituliskan dalam poster. Inilah yang menjadi salah satu ciri-ciri poster yang perlu diperhatikan bagi desaigner.

4. Menggunakan Kombinasi Simbol, Huruf, Angka, dan Gambar

Poster-poster yang dipajang di beberapa tempat pastinya memiliki keunikannya tersendiri dengan mengombinasikan simbol, huruf, angka, dan juga gambar. Hal ini juga digunakan untuk menarik perhartian masyarakat sekitar. Masyarakat akan mudah mengingat poster kita jika kombinasinya unik. Bahkan jika berhasil mereka akan semakin penasaran dan bisa tergerak untuk mengikuti hal yang disampaikan dari poster.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Poster

5. Tulisan yang Berkesan

Ciri-ciri poster yang berikutnya adalah tulisan di dalam poster pasti memiliki makna yang dalam dan berkesan oleh pembacanya. Bahkan hanya dibaca secara cepat pun akan selalu diingat karena kalimat di dalam poster mudah dihafal dan memiliki kesan yang baik. Bagi kalian yang membuat poster buat lah kata-kata yang menarik sehingga seseorang yang membaca sambil berlalu mudah mengingatnya.

6. Menarik Perhatian

Poster yang baik tentu juga harus dapat menarik perhatian masyarakat sekitar. Cara menariknya kalian bisa menggunakan desain dengan warna yang mencolok, namun jangan berlebihan agar tidak menjadi norak. Kalian juga bisa padukan antara warna tulisan dan latar belakang, hal ini bertujuan agar tulisan terlihat dengan jelas dan mudah di baca. Selain itu kalian juga bisa menambahkan gambar atau foto yang menarik.

7. Menempatkan Poster di Lokasi yang Tepat

Selain dengan membuat poster terlihat menarik, pemilihan lokasi yang tepat juga berpengaruh pada perhatian masyarakat. Jika anda memajang poster di tempat yang sedikit dilewati atau dikunjungi orang maka poster yang anda buat juga akan jarang dilihat. Namun, jika anda menempatkan poster tersebut di tempat strategis dengan penuh keramaian pasti poster anda dapat dilihat oleh orang banyak.

5 dari 5 halaman

Contoh Gambar Poster

Contoh Gambar Poster

Berikut ini contoh gambar poster:

Berikut ini contoh gambar poster:

Berikut ini contoh gambar poster:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.