Sukses

15 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat daun salam bisa didapat dengan cara menambahkannya pada masakan atau meminum air rebusannya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun salam bisa digunakan untuk menunjang kesehatan. Daun salam biasanya digunakan sebagai penyedap makanan, yaitu untuk memberi warna, penambah aroma, dan penambah cita rasa suatu masakan.

Daun salam atau Syzygium polyanthum memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bahkan, manfaat daun salam sudah lama digunakan secara tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat daun salam bisa didapat dengan cara menambahkannya pada masakan atau meminum air rebusannya. Daun salam bisa menjadi obat alternatif bagi sebagian orang. Namun, kamu harus berhati-hati bila memiliki kondisi medis tertentu. Berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya secara rutin perlu kamu lakukan,

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022) tentang manfaat daun salam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Salam

Antioksidan

Manfaat daun salam didapatkan dari kandungan nutrisi yang dimilikinya, salah satunya antioksidan. Daun salam memiliki ekstrak aqueous yang menunjukkan aktivitas antioksidan dan memiliki kandungan polyphenol tinggi. Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah zat limbah yang diproduksi oleh sel saat tubuh memproses makanan dan bereaksi terhadap lingkungan. Jika tubuh tidak dapat memproses dan menghilangkan radikal bebas secara efisien, stres oksidatif dapat terjadi. Hal ini dapat membahayakan sel dan fungsi tubuh.

Antimikroba

Senyawa antimikroba merupakan senyawa yang mampu menghambat atau membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Senyawa dari daun salam mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen seperti Escherichia coli, Bacillus cereus, Salmonella sp., Staphylococcus aureus, Pseudomonas fluorescens, Bacillus subtilis, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun salam juga tak lepas dari kandungan berbagai vitamin. Daun salam mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D. Kandungan vitamin C ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sehingga kekebalan tubuh atau sistem imun bisa terjaga dengan lebih baik. Tubuh kamu pun jadi tidak gampang sakit. 

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Salam

Mengatasi Diabetes

Manfaat daun salam telah lama digunakan dalam pengobatan diabetes. Antioksidan dalam daun salam memberdayakan tubuh untuk memproses insulin lebih efisien, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes dan penderita resistensi insulin.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Clinical Biochemistry and Nutrition, polifenol di dalam daun salam juga menghasilkan aktivitas potensiasi insulin sehingga membantu kontrol glukosa lebih efektif. Ekstrak metanol daun salam memiliki aktivitas antihyperglycemic melalui penghambatan absobsi glukosa dari usus halus dan meningkatkan pengambilan glukosa pada jaringan otot.

Mengobati Asam Urat

Daun salam juga dipercaya mampu mengatasi asam urat. Manfaat daun salam memiliki efek menguntungkan dalam menurunkan kadar asam urat. Caranya mudah, rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air sampai airnya menyusut hingga separuh. Minum ramuan ini selagi hangat 2 kali dalam sehari.

Mencegah Kanker

Manfaat daun salam juga dapat mencegah kanker. Penelitian memaparkan bahwa ekstrak daun salam dapat mencegah pertumbuhan sel dan kanker lambung. Selain itu, daun salam juga mengandung caffeic acid, quercetin, eugenol, dan catechin yang memiliki khasiat chemo-protective yang bisa menghalau berbagai tipe kanker. Kandungan pathenolide bisa menghalau pertumbuhan sel kanker serviks.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Salam

Baik untuk Jantung

Daun salam mengandung nutrisi yang kaya seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien yang meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi jantung. Fitonutrien ini memberi perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun salam juga membantu menurunkan kolesterol berkat kandungan flavonoidnya. Pemanfaatan daun salam sebagai obat kolesterol sejalan dengan pemanfaatannya sebagai salah satu bahan utama dalam pengolahan daging. Kolesterol adalah zat seperti lilin seperti lemak yang ditemukan di semua sel dalam tubuh. Tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk bekerja dengan baik. Tetapi memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

Melancarkan pencernaan

Daun salam digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan seperti mulas dan perut kembung. Manfaat daun salam juga dapat meringankan masalah pencernaan umum seperti sembelit, refluks asam, dan buang air besar tidak teratur. Daun salam mengandung enzim yang menyediakan pemecahan protein, yang menghasilkan penyedap yang sangat baik untuk diet non-vegetarian.

Atasi diare

Manfaat daun salam juga digunakan sebagai obat antidiare. Menurut Jurnal Riset Internasional Farmasi tentang Aktivitas Antidiare pada Ekstrak Daun Salam, ekstrak Daun Salam dapat menghambat pertumbuhan Escherichia coli, Vibrio Cholera, dan Salmonella sp. Ini adalah bakteri yang menghasilkan enterotoksin sehingga menyebabkan diare.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Salam

Mengatasi Stres

Kandungan linalool dalam daun salam berguna untuk menurunkan kinerja hormon stres. Manfaat daun salam ini sangat baik untuk mengatasi stres. Saat merasa panik, gelisah, atau lelah, menghirup aroma rebusan daun salam bisa membantu menenangkan tubuh.

Meredakan Nyeri

Daun salam mengandung minyak atsiri Eugenol dan Methyl chavicol. Kandungan ini fektif membunuh bakteri dan jamur. Hal ini juga sangat baik untuk mengobati peradangan umum dan nyeri seperti keseleo, arthritis, rematik. Memijat dengan daun salam juga meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan rasa nyaman.

Mengatasi Migrain

Daun salam memiliki efek anti nyeri yang bisa membantu mengatasi migrain. Migrain merupakan kondisi sakit kepala sebelah yang sangat menyiksa. Rebus beberapa lembar daun salam lalu minumlah air rebusan tersebut secara teratur. Kandungan daun salam bernama partenolida inilah yang baik untuk migrain.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Salam

Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat daun salam ini didapat dari efeknya yang sama dengan meredakan stres. Kandungan linalool dalam daun salam berguna untuk menurunkan kinerja hormon stres. Kandungan inilah yang membuat tubuh lebih merasa rileks dan terhindar dari tegang. Sehingga tidur dapat lebih nyenyak.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun berikutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Dilansir Times of India, mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak. Namun, kamu tetap harus memerhatikan kebersihannya. Kamu yang ingin mendapatkan manfaat daun salam untuk diet juga bisa mencoba resep rekomendasi Step to Health seperti berikut: Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.