Sukses

16 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami Dan Mudah

Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dirumah dan murah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kantung mata hitam bisa dilakukan dengan menggunakan beragam bahan alami yang bisa ditemui dengan mudah dirumah. Kantung mata hitam menjadi salah satu permasalahan pada kulit yang membuat banyak orang tidak percaya diri dengan penampilannya.

Kantung mata hitam membuat penampilan wajah menjadi lebih terlihat tua dan tampak lelah. Cara menghilangkan kantung mata hitam biasanya dapat dilakukan dengan melakukan perawatan medis atau bedah ringan di klinik kecantikan, namun perawatan ini memerlukan biaya yang tidak sedikit dan beresiko.

Sebagai alternatifnya, terdapat cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah ditemukan. Selain bisa dilakukan sendiri di rumah, perawatan ini juga terbilang sangat murah dan tidak akan menguras kantung.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022). Tentang cara menghilangkan kantung mata hitam dengan menggunakan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami

1. Kompres Dingin

Cara menghilangkan kantung mata hitam yang pertama dengan menggunakan kompres dingin. Di pagi atau sore hari atau lebih baik lagi, di pagi hari dan malam hari, oleskan kompres dingin selama sekitar 10 menit. Menerapkan kompres dingin ke daerah terdapat kantung mata hitam dapat membantu pembuluh darah menyempit dengan cepat dan mengurangi kantung mata hitam.

 

2. Mentimun

Mentimun memiliki sifat pencerah kulit dan astringent ringan, sehingga anda dapat menggunakan irisan mentimun untuk memperbaiki mata hitam secara alami. Anda bisa mencoba metode ini dua kali sehari, potong mentimun segar menjadi irisan tebal lalu dinginkan selama 30 menit. Kemudian, biarkan irisan di mata anda selama 10 menit. Bilas area mata Anda dengan air hangat setelah digunakan.

 

3. Jus Mentimun dan Jus Lemon

Jika irisan mentimun tidak cocok untuk anda, coba campurkan mentimun dan jus lemon dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan bola kapas untuk mengoleskan ke lingkaran bawah mata Anda. Biarkan campuran mentimun dan lemon pada kulit anda selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

 

4. Air Mawar

Air mawar tidak hanya berbau harum, tapi juga dapat menenangkan dan meremajakan kulit yang lelah. Seperti mentimun, itu adalah zat ringan, sehingga dapat bekerja sebagai toner kulit. Cukup rendam bantalan kapas dalam air mawar selama beberapa menit, lalu biarkan bantalan kapas yang basah menempel di kelopak mata anda. Biarkan selama sekitar 15 menit sebanyak dua kali sehari.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami

5. Tomat

Cara menghilangkan kantung mata hitam yang berikutnya dengan menggunakan tomat. Tomat kaya akan likopen, zat yang sangat baik untuk kesehatan jantung, penglihatan, dan kulit anda. Lycopene dapat membantu membuat kulit lebih lembut dan kenyal, serta mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Untuk mendapatkan manfaat medis dari likopen yang ditemukan dalam tomat, campurkan jus tomat dengan jumlah yang sama dengan jus lemon dan kemudian gunakan bola kapas atau alas penghapus riasan untuk mengoleskannya ke area bawah mata anda. Biarkan larutan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat, dua kali sehari.

 

6. Teh celup dingin

Jika anda tidak memiliki kompres dingin, anda dapat menggantinya dengan kantung teh. Banyak teh seperti teh hijau memiliki manfaat tambahan berupa antioksidan, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kapiler yang tegang di area bawah mata anda.

Untuk menggunakan teh celup dingin sebagai kompres, rendam kantung teh dalam air bersih lalu masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit. Kemudian, letakkan kantung teh di mata. Biarkan selama 10 menit atau lebih dua kali sehari sebelum melepas dan membilas area tersebut dengan air hangat.

 

7. Kentang

Kentang adalah sumber mengejutkan dari banyak vitamin C, yang antara lain sangat bagus untuk sintesis kolagen untuk mempromosikan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda. Untuk memanfaatkan kekuatan vitamin C di dalamnya, anda dapat memarut beberapa kentang.

Ambil ekstrak jus dari kentang dan rendam beberapa bantalan kapas di dalam jus ekstrak kentang. Tempatkan bantalan kapas pada mata anda selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

 

8. Susu Dingin

Produk susu seperti susu dingin merupakan sumber vitamin A, yang mengandung retinoid yang bagus untuk menjaga kulit tampak cerah dan muda. Untuk mendapatkan manfaat vitamin A susu, rendam kapas dalam semangkuk susu dingin untuk sementara waktu. Gunakan kapas tersebut untuk mengoleskan susu ke kantung mata bawah dan diamkan selama sekitar 10 menit, dua kali sehari. Bilas dengan air hangat.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami

9. Jus Jeruk

Jus jeruk menjadi cara menghilangkan kantung mata hitam selanjutnya. Hal ini karena jus jeruk mengandung vitamin A dan C yang tinggi, jus jeruk dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata anda. Tambahkan beberapa tetes gliserin ke jus jeruk dan kemudian rendam kapas penghapus riasan untuk dioleskan ke kulit di bawah mata.

 

10. Minyak Kelapa

Sebagai anti-inflamasi alami dan lembut yang kuat, minyak kelapa adalah metode yang efektif untuk mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Minyak kelapa juga melembabkan sekaligus mencerahkan serta membantu mencegah kerutan dan garis halus di bawah mata. Gunakan minyak kelapa dengan menggosokkannya ke area bawah mata, biarkan semalaman lalu bilas di pagi hari.

 

11. Kunyit

Sebagai antioksidan dan anti-inflamasi alami yang kuat, kunyit meminimalkan lingkaran hitam. Campur beberapa bubuk kunyit dengan jus nanas untuk membuat pasta kental. Oleskan campuran ini ke lingkaran bawah mata dan biarkan selama sekitar 10 menit sebelum menggunakan kain lembut, hangat dan lembab untuk menghilangkan pasta dengan lembut. Lakukan rutinitas ini sekali sehari.

 

12. Makan Lebih Banyak Makanan Kaya Kolagen

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan yang menopang kelopak mata anda melemah. Hal ini membuat otot melorot, termasuk lemak yang biasanya ada di sekitar mata anda. Meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat.

Asam esensial ini secara alami ditemukan di dalam tubuh, tetapi jumlah yang disimpan menurun seiring bertambahnya usia. Makanan yang kaya vitamin C dan asam amino juga dapat membantu produksi kolagen melalui peningkatan kadar asam hialuronat, menciptakan kulit yang lebih sehat.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami

13. Pijat Mata

Cara menghilangkan kantung mata hitam yang berikutnya adalah dengan melakukan pijat mata. Pijat mata secara teratur meningkatkan aliran darah ke area bawah mata dan membantu mencegah darah berkumpul di kapiler di bawah mata.

Lakukan gerakan pijat ringan dari sudut dalam ke sudut luar mata selama 30 detik. Penelitian menunjukan 80 persen orang yang mencoba rutinitas ini mengalami kontur mata yang lebih kencang dan elastis, serta 70 persen mengalami pengurangan lingkaran hitam di bawah mata.

 

14. Tetap Terhidrasi

Air membentuk sekitar 60 persen dari berat badan. Mengingat hal ini, mungkin tidak mengherankan bahwa dehidrasi dapat berkontribusi pada kantung di bawah mata. Meningkatkan asupan air akan membantu menghilangkan kantung mata hitam. Para ahli merekomendasikan minum sekitar 13 cangkir cairan sehari untuk pria, dan sekitar 9 cangkir cairan untuk wanita, per hari.

 

15. Hapus Riasan Sebelum Tidur

Memperbaiki rutinitas malam juga dapat membantu menghindari kantung di bawah mata. Secara khusus, penting untuk mencuci muka sebelum tidur setiap malam. Ada beberapa alasan mengapa anda tidak boleh tidur dengan riasan.

Karena mata dapat mengalami reaksi alergi dan mengembangkan infeksi yang menyebabkan kemerahan, bengkak, atau gejala lainnya. Riasan yang tidak dihapus dapat membuat kulit terpapar radikal bebas. Ini berpotensi menciptakan apa yang disebut stres oksidatif, yang membuat kulit menua sebelum waktunya.

 

16. Minyak Vitamin E

Cara menghilangkan kantung mata hitam yang terakhir adalah denganmenggunakan minyak vitamin E. Vitamin E membantu melawan efek radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Sebelum tidur di malam hari, oleskan setetes minyak ke lingkaran hitam di bawah mata, pijat dengan lembut ke kulit. Biarkan ini di kulit semalaman dan di pagi hari, bilas dengan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.