Sukses

12 Macam-Macam Bunga Mawar Paling Populer, Percantik Halaman Rumah

Bagi anda yang ingin membudidaya bunga mawar, perlu mengetahui macam-macam bunga mawar.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam bunga mawar ternyata ada beragam yang wajib diketahui. Bunga mawar menjadi salah satu tanaman hias paling populer yang banyak diminati oleh pecinta tanaman hias karena kecantikan dan keunikannya.

Macam-macam bunga mawar sangat cantik dan indah dengan bentukan bunga serta warnanya yang bervariasi. Dengan kecantikannya tersebut, mampu membuat bunga mawar bisa mempercantik halaman rumah.

Bunga mawar terkenal akan filosofi yang mendalam pada setiap warnanya. Selain untuk mempercantik halaman rumah, macam-macam bunga mawar ini sering kali dicari untuk karangan bunga bagi orang terkasih. Untuk itu, sebelum membeli bunga mawar, anda perlu mengetahui macam-macam bunga mawar tersebut.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai macam-macam bunga mawar paling populer yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Bunga Mawar Paling Populer

1. Mawar Hybrid Tea

Macam-macam bunga mawar yang pertamaadalah mawar Hybrid Tea. Macam-macam bunga ini termasuk dalam kategori mawar modern. Mawar taman ini memiliki kuncup besar berpusat tinggi dengan masing-masing 30 hingga 50 kelopak yang didukung oleh batang yang panjang, lurus, dan tegak.

Macam-macam bunga mawar ini juga termasuk bunga potong yang populer. Mereka tumbuh setinggi 8 kaki dan lebar 3 kaki. Mawar Hybrid Tea tidak dikenal sebagai macam bunga mawar tahan penyakit, sehingga banyak tukang kebun rumahan menghindar untuk menanam varietas ini. Namun, Hybrid Tea adalah mawar standar dalam industri bunga.

2. Mawar Grandiflora

Macam-macam bunga mawar yang berikutnya adalah mawar Grandiflora. Macam bunga ini termasuk dalam kategori mawar modern. Mawar Grandiflora adalah campuran dari Floribunda yang mekar kembali yang dipasangkan dengan sekumpulan bunga mawar Hybrid Tea.

Nuansa warna mawar ini berkisar dari pastel lembut hingga ungu tua dan biasanya memiliki sedikit wangi bunga yang manis. Grandiflora adalah macam-macam bunga mawar semak yang tinggi, diperkenalkan pada tahun 1950-an. Grandiflora biasanya mekar secara mencolok dan batangnya kuat sehingga bagus dijadikan sebagai bunga potong.

3. Mawar Floribunda

Macam-macam bunga mawar yang berikutnya adalah mawar Floribunda. Macam bunga ini termasuk dalam kategori mawar modern. Floribunda merupakan persilangan antara Hybrid Tea dan mawar Polyantha. Macam-macam bunga mawar ini biasanya tidak memiliki banyak aroma. Tetapi, Anda dapat menemukan ras baru yang wangi.

Mawar ini mekar dalam kelompok besar, memberi warna cerah pada musim yang panjang. Mawar Floribunda bersifat mudah dirawat dan tahan banting, menjadikannya pilihan yang baik untuk tukang kebun pemula.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Bunga Mawar Paling Populer

4. Mawar Groundcover

Macam-macam bunga mawar yang keempat adalah mawar Groundcover. Macam bunga ini termasuk dalam kategori mawar modern. Mawar Groundcover adalah jenis mawar semak, yang juga dikenal sebagai mawar “lanskap”.

Biasanya, mereka tumbuh rendah dan termasuk dalam spesimen luas yang merupakan salah satu tren mawar terbaru. Mawar Groundcover mekar dari musim semi dan dapat ditemukan dalam bentuk mekar tunggal dan ganda. Biasanya, mawar ini mencapai tinggi hingga 3 kaki dan menyebar jauh.

5. Mawar Polyantha

Macam-macam bunga mawar yang selanjutnya adalah mawar Polyantha. Macam bunga ini termasuk dalam kategori mawar modern. Mawar Polyantha adalah tanaman kompak yang biasanya tumbuh setinggi 3 kaki.

Mawar Polyantha berbunga dalam kelompok besar kecil dan mekar 1 inci, menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk taman kecil Anda. Mawar ini merupakan jenis tanaman yang kuat dengan tingkat kesulitan perawatan yang rendah.

6. Mawar Bourbon

Macam-macam bunga mawar yang selanjutnya adalah mawar Bourbon. Macam bunga ini termasuk dalam kategori Mawar Old Garden. Dinamakan dari Île Bourbon (sekarang disebut Réunion) di pantai Madagaskar di Samudra Hindia, bunga mawar yang biasa mekar secara penuh dan cantik ini sering kali memiliki aroma harum yang memanjakan indera penciuman. Mereka biasanya memiliki sedikit atau tanpa duri dan dapat dilatih untuk merambat.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Bunga Mawar Paling Populer

7. Mawar Inggris

Macam-macam bunga mawar yang lainnya adalah mawar Inggris. Macam bunga ini termasuk dalam kategori mawar modern. Jika Anda mencari mawar yang kuat dan tahan penyakit dengan wangi yang menyenangkan, mawar Inggris mungkin adalah macam-macam bunga mawar yang tepat untuk Anda.

Tersedia dalam berbagai warna, varietas mawar ini telah dibudidayakan dengan hati-hati. Sebagian besar tanaman mawar ini berbentuk semak, yang membuatnya ideal untuk hampir semua situasi taman sebagai wadah, pagar, dan pengaturan lain yang lebih formal.

8. Mawar Noisette

Macam-macam bunga mawar yang kedelapan adalah mawar Noisette. Macam bunga ini juga termasuk dalam kategori mawar Old Garden. Mawar Noisette pertama kali lahir di Carolina Selatan, dan merupakan penggabungan dari mawar Cina dan mawar musk.

Mawar Noisette adalah salah satu macam-macam bunga mawar yang kuat bertahan di musim dingin, dengan tipe kelompok bunga yang sangat besar. Macam bunga ini berperan penting dalam memperkenalkan rona oranye dan kuning ke varietas mawar Old Garden.

9. Mawar Damask

Macam-macam bunga mawar yang kesembilan adalah mawar Damask atau Damask Rose. Macam bunga ini termasuk dalam kategori mawar Old Garden. Dinamakan dari Damaskus, mawar ini dibawa dari Timur Tengah ke Eropa antara tahun 1254 dan 1276.

Macam-macam bunga mawar ini cenderung menjorok dan memiliki bunga yang harum. Mawar Damask musim panas mekar sekali, sedangkan mawar damask Musim Gugur Empat Musim mekar sekali di musim panas dan sekali lagi di musim lainnya.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Bunga Mawar Paling Populer

10. Mawar Cina

Macam-macam bunga mawar yang kesepuluh adalah mawar Cina. Macam bunga ini termasuk dalam kategori mawar Old Garden. Dibudidayakan di Asia Timur selama berabad-abad, bunga mawar jenis ini biasanya memiliki lebih sedikit aroma dan bunganya mekar lebih kecil daripada mawar Old Garden lainnya. Bunga mawar ini dikenal karena kecenderungannya untuk "berjemur" atau menggelap seiring waktu dan tidak memudar warnanya seperti jenis bunga mawar lainnya.

11. Shrub Roses (Mawar Semak)

Macam-macam bunga mawar ini merupakan mawar yang paling populer dan banyak digemari oelh masyarakat. Bunga mawar semak juga mudah dikenali dari kebiasaan pertumbuhannya yang luas. Bunga mawar ini dapat tumbuh dari 5 hingga 15 kaki ke segala arah. Bunga mawar semak ini juga terkenal karena sifat tahan bantingnya yang dingin dan produksi kelompok bunga yang kuat.

12. Climbing Roses (Mawar Rambat)

Jenis mawar yang tumbuh merambat ke atas, misalnya di pohon, pagar, atau kanopi. Contohnya adalah noisette, climbing tea, climbing bourbon, climbing China, dan Laevigata. Macam-macam bunga mawar ini harus diikat ke penyangga vertikal agar dapat tumbuh ke atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.