Sukses

12 Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan, Mencegah Berbagai Jenis Kanker

manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh, mulai dari mencegah berbagai jenis kanker hingga mencegah kebutaan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh didapat dari kandungannya yang kaya akan nutrisi. Kunyit putih merupakan salah satu rempah-rempah yang telah lama digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional di negara-negara Asia Tenggara, terutamanya Indonesia.

Telah lama digunakan sebagai obat tradisional, manfaat kunyit putih kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Bahkan kunyit putih juga diklaim dapat menjadi bahan dalam penawar racun untuk mengobati gigitan ular berbisa.

Penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa kunyit putih mengandung senyawa kimia seperti kurkuminoid, minyak atsiri, astringencia, flavonoid, sulfur, gum, resin, tepung, sedikit lemak, alkaloid, phenol, saponin, glikosida, steroid dan terpenoid yang dapat digunakan sebagai antimikroba, antifungal, antikanker, anti alergi, antioksidan, dan analgesik.

Kaya akan kandungan nutrisi yang luar biasa, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022), tentang manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

1. Anti Peradangan

Salah satu manfaat kunyit putih adalah untuk melawan peradangan. Faktanya, dalam dosis yang tepat, kunyit putih merupakan pengobatan anti-inflamasi yang lebih efektif daripada obat-obatan penangkal peradangan yang umum.

Karena peradangan kronis berkontribusi pada banyak penyakit kronis, kunyit putih juga dapat membantu mengobati kondisi seperti penyakit radang usus, pankreatitis, radang sendi dan penyakit akibat peradangan lainnya.

 

2. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kunyit putih dapat meningkatkan fungsi endotel, atau kesehatan selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung dan pembuluh darah. Membran ini berperan penting dalam mengatur tekanan darah.

Kerusakan fungsi endotel yang lebih rendah dikaitkan dengan penuaan dan peningkatan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, kunyit putih dapat membantu melindungi diri terhadap hilangnya fungsi terkait usia dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung.

 

3. Mencegah Beberapa Jenis Kanker

Karena peradangan terkait dengan pertumbuhan tumor, senyawa anti-inflamasi dalam kunyit putih dapat berperan dalam pengobatan dan pencegahan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, pankreas, prostat, payudara, dan lambung.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa kunyit putih dapat membantu memperlambat penyebaran sel tumor dan bahkan mencegah pembentukan tumor. Hal ini dapat terjadi dalam beberapa cara, termasuk mengganggu pembentukan sel kanker pada berbagai tahap dalam siklus sel, mengganggu jalur pensinyalan sel, dan bahkan menyebabkan sel kanker tersebut mati.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

4. Meringankan Gejala Osteoarthritis

Manfaat kunyit putih yang berikutnya adalah meringankan gejala Osteoarthritis. Berkat sifat anti-inflamasinya yang kuat, kunyit putih dapat menjadi pilihan pengobatan jangka panjang yang aman dan efektif untuk orang-orang dengan osteoarthritis.

Dan sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa 50 mg kurkumin oral per kg berat badan secara signifikan memperlambat perkembangan Osteoarthritis, sedangkan pengobatan kurkumin topikal mampu berperan sebagai pereda nyeri.

 

5. Membantu Mengobati atau Mencegah Diabetes

Kunyit putih dapat membantu mengobati dan mencegah diabetes, serta gangguan terkait seperti nefropati diabetik, yang mempengaruhi orang dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian terhadap tikus obesitas dengan diabetes tipe 2 mengungkapkan bahwa suplemen kunyit putih membantu menurunkan kadar insulin darah setelah 16 minggu.

Kunyit putih juga dapat menjadi tambahan yang baik untuk pengobatan diabetes untuk meningkatkan resistensi insulin dan kontrol gula darah, dan menurunkan lipid darah (zat lemak yang ditemukan dalam darah). Sementara itu, kunyit putih juga dapat membantu mencegah diabetes melalui sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

 

6. Membantu Menunda Penyakit Alzheimer

Kunyit putih juga dapat membantu melindungi otak dari penyakit degeneratif umum seperti Alzheimer. Dengan cara meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF), protein yang ditemukan di otak dan sumsum tulang belakang yang memainkan peran kunci dalam menjaga sel-sel saraf (neuron) tetap sehat, serta mengatur komunikasi antar sel saraf, yang sangat penting untuk pembelajaran dan memori.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

7. Mengobati Depresi

Manfaat kunyit putih yang masih jarang diketahui adalah mengobati depresi. Seperti Alzheimer, depresi dikaitkan dengan tingkat BDNF yang lebih rendah. Berkat kemampuan kunyit putih untuk meningkatkan kadar BDNF, hal ini karena kunyit dapat bertindak sebagai antidepresan yang efektif.

Dalam sebuah penelitian pada manusia yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research, peneliti secara acak menempatkan 60 pasien dengan gangguan depresi mayor menemukan bahwa kunyit putih mungkin merupakan pengobatan yang aman dan efektif untuk gangguan depresi mayor.

 

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Berkat sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan nya, kunyit putih dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim (dermatitis atopik), photoaging, dan psoriasis.

Perawatan kulit dengan kunyit putih berguna dalam mengobati gangguan kulit seperti kulit kering, keriput, bekas luka dan lain sebagainya. Hal ini terutama karena kandungan didalamnya relatif aman bahkan pada dosis tinggi.

 

9. Mengobati Rheumatoid Arthritis

Manfaat kunyit putih yang selanjutnya adalah mengobati Rheumatoid Arthritis. Rheumatoid Arthritis adalah gangguan peradangan kronis yang biasanya mempengaruhi sendi tetapi dapat menyebar ke area lain, seperti mata, paru-paru, kulit, jantung, dan pembuluh darah.

Rheumatoid Arthritis menyebabkan pembengkakan sendi yang menyakitkan yang dapat menyebabkan tulang terkikis seiring waktu dan akhirnya menyebabkan kelainan bentuk dan cacat fisik. Penelitian menunjukan kunyit putih mampu mengobati Rheumatoid Arthritis dan merupakan pengobatan yang aman untuk dilakukan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

10. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Antioksidan dalam kunyit putih membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, kelas atom yang sangat reaktif yang dihasilkan dalam tubuh kita dan ditemukan dalam polutan lingkungan seperti asap rokok dan bahan kimia industri.

Kunyit putih khususnya mampu mengais berbagai jenis radikal bebas, mengontrol enzim yang menetralisir radikal bebas, dan mencegah enzim tertentu menciptakan jenis radikal bebas tertentu. hal ini lah yang membuat rempah-rempah kaya antioksidan seperti kunyit dapat berperan dalam melindungi anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

11. Suplemen Anti Penuaan

Berkat kemampuan kunyit putih untuk melawan peradangan, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan berpotensi menunda degenerasi otak dan penyakit terkait usia lainnya, kunyit putih juga efektif sebagai suplemen anti-penuaan.

Studi juga menunjukkan bahwa kunyit putih dan kurkumin sebagian besar aman untuk dikonsumsi, meskipun beberapa efek samping negatif seperti diare, sakit kepala, dan ruam mungkin terjadi untuk beberapa kasus khusus pada Sebagian orang.

 

12. Mencegah Degenerasi Makula

Manfaat kunyit putih yang terakhir adalah mencegah degenerasi penglihatan, seperti glaukoma. Glaukoma adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada orang di atas usia 60 tahun. Sayangnya, begitu penglihatan anda hilang, itu tidak dapat dipulihkan. Tetapi penelitian menunjukkan perawatan kurkumin topikal dapat membantu melindungi mata dari degenerasi.

Para peneliti menerapkan solusi tetes mata kurkumin eksklusif pada tikus dua kali sehari selama tiga minggu. Pada akhir penelitian, tikus yang tidak diobati mengalami pengurangan 23 persen dalam sel retina dibandingkan dengan kelompok perlakuan, menunjukkan bahwa glaucoma dapat dicegah dengan pengobatan menggunakan kunyit putih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.