Sukses

15 Cara Mengatasi Stress yang Paling Efektif, Kembali Hidup Bahagia dan Tenang

Stress adalah suatu reaksi fisik dan psikis terhadap setiap tuntutan yang menyebabkan ketegangan dan menganggu stabilitas kehidupan sehari- hari.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi stress dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Hampir semua orang pernah mengalami stress. Namun, kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, sebab akan menimbulkan gangguan kesehatan mental. Untuk itu, penting mengetahui cara mengatasi stress yang ampuh.

Menurut WHO atau World Health Organization, stress adalah suatu reaksi fisik dan psikis terhadap setiap tuntutan yang menyebabkan ketegangan dan menganggu stabilitas kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat terjadi karena tekanan batin, seperti masalah keluarga, hubungan sosial, patah hati, cinta tak berbalas, atau masalah keuangan.

Cara mengatasi stress yang paling ampuh dan cepat adalah dengan mengatur respon tubuh ini. Cara mengatasi stress yang dimaksudkan yaitu aturlah pernapasan dengan baik. Selain itu, anda juga bisa dengan melakukan relaksasi, konsumsi minuman hangat seperti teh chamomile atau jahe, dan lain-lain.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi stress paling efektif yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (27/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Stress yang Paling Efektif

1. Liburan

Liburan merupakan salah satu cara mengatasi stress dengan mudah dan paling efektif. Melihat pemandangan indah, suasana tenang, sejuk, dan bahagia dengan liburan bisa menurunkan tingkat stress, kejenuhan, dan kepenatan. Kalau bisa, pilih tempat wisata yang tidak terlalu ramai. Hal ini untuk mengantisipasi stress akibat lalu lintas yang macet.

2. Istirahat

Cara mengatasi stress yang paling efektif selanjutnya adalah mulai beristirahat sejenak. Misalnya bisa dengan meminum kopi, dan ngobrol dengan teman.Jika masih harus mengerjakan tugas, maka berdirilah selama 5-10 menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Cara mengatasi stress pun bisa dengan pergi ke kantin untuk makan siang dengan lebih fokus agar stress lebih cepat hilang.

3. Tenangkan pikiran

Memang tidak ada yang salah dengan memikirkan masalah, tetapi yang salah adalah terlalu berlebihan dalam memikirkannya hingga membuat stress. Cara mengatasi stress paling efektif adalah mulai tenangkan pikiran. Terlalu sering memikirkan masalah justru akan membuatnya nampak lebih pelik untuk diselesaikan.

Pikirkanlah masalah secukupnya, cara mengatasi stress dengan mudah, yakni sadari bahwa akan selalu ada permasalahan dalam hidup. Masalah itu akan berakhir jika sudah waktunya. Fokus untuk menyelesaikannya justru akan lebih membantu.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Stress yang Paling Efektif

4. Curhat

Alih-alih memendam masalah sendiri, cara mengatasi stress paling efektif adalah mulai curhat. Lebih baik untuk mengungkapkannya walaupun tidak akan ada solusi yang didapatkan. Misalnya dengan teman kerja, saudara, keluarga, dan pasangan.

Tentu saja cara mengatasi stress ini bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kelebihan curhat atau bercerita dengan teman adalah kalian tidak akan merasa sendiri dalam menghadapi persoalan berat di tempat kerja.

5. Menonton hiburan

Menonton hiburan yang disenangi adalah cara mengatasi stress yang paling efektif. Cara ini ternyata sangat ampuh mengurangi stress. Anda bisa melakukannya ketika sudah selesai dengan pekerjaan dan bisa terbebas untuk tidak memikirkannya lagi. Anda bisa menonton hiburan yang bersifat humor, karena sudah pasti akan membuat tertawa.

6. Olahraga teratur

Supaya bisa mengurangi resiko terkena stress dan memiliki kesehatan mental yang baik, lakukan olahraga. Cara mengatasi stress dengan mudah bisa lakukan olahraga minimal selama 20 menit dalam seminggu. Semakin lama waktu olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan, akan membuat risiko stress benar-benar berkurang.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Stress yang Paling Efektif

7. Konsultasikan

Apabila sudah merasa tidak bisa menanggung beban stresa lebih lama maka usahakan untuk mengonsultasikannya kepada psikiater. Cara mengatasi stresa ini membutuhkan niat lebih besar. Bila sudah berani, maka penanganan stress akan lebih maksimal dilakukan. Jangan lupa untuk menguatkan diri ketika ada pada posisi ini, agar saat dihadapkan dengan permasalahan yang sama akan lebih mudah diatasi.

8. Rileksasi

Menarik dan melepaskan napas secara perlahan merupakan teknik pernapasan dalam meditasi sederhana. Cara mengatasi stresa yang paling efektif ini mampu meredakan amarah dan menenangkan pikiran.

Meneguk segelas air putih merupakan salah satu cara mengatasi stress yang paling efektif. Pasalnya dehidrasi bisa meningkatkan stress dan kegelisahan. Jadi pastikan untuk merileksasi tubuh dengan selalu mengonsumsi air dalam jumlah memadai.

9. Minuman hangat

Meminum teh chamomile hangat berkhasiat untuk melepaskan ketegangan yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsinya juga termasuk salah satu cara mengatasi stress yang paling efektif. Sifat menenangkan dalam chamomile juga membantu ibu hamil agar tidur lebih nyenyak. Selain chamomile, konsumsi jahe. Jahe mengandung zat antioksidan yang disebut dengan gingerol yang memiliki kemampuan menenangkan tubuh saat stress. Menurut International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa memijat sendiri selama 15 menit 2 kali seminggu mampu menurunkan stress dan menenangkan sistem saraf.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Stress yang Paling Efektif

10. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik selama 30 menit merupakan salah satu cara mengatasi stress yang paling efektif. Menurut penelitian di Journal of Advanced Nursing menemukan bukti bahwa pasien yang mendengarkan lagu pilihan mereka lebih tenang ketika akan menghadapi operasi.

Bergerak sesuai dengan irama lagu semakin menambah emosi positif dan memicu produksi endorphin. Menurut salah satu jurnal ilmiah, memaksa diri untuk tersenyum bisa merangsang otak untuk melepaskan ketegangan. Lebih baik lagi jika Anda bisa tertawa dengan rekan-rekan di kantor.

11. Bersosialisasi

Memiliki banyak teman juga merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi stress, dengan punya banyak teman, kamu akan sering bertukar pikiran dan bisa hangout bareng membangun mood yang baik pula.

12. Atur waktu yang baik

Cara mengatasi stress yang paling efektif selanjutnya adalah atur waktu yang baik untuk anda. Jangan sampai waktumu tersedia untuk melakukan pekerjaan yang non stop. Atur waktu dan bagi waktu secukup mungkin untuk bersantai dan melakukan hobi agar meningkatkan kebahagiaan pada diri sendiri.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Stress yang Paling Efektif

13. Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti memasak, berkebun, memelihara tumbuhan dalam rumah, melukis, atau sekadar bernyanyi, bisa membuat tubuh menghasilkan hormon bahagia, yaitu dopamin. Dengan begitu, tubuh dan pikiran Anda bisa lebih rileks. Namun, pastikan aktivitas yang Anda lakukan bersifat positif agar tidak menimbulkan masalah baru.

14. Bersyukur

Banyak penelitian yang sudah membuktikan jika salah satu cara mengatasi stress yang paling efektif sebenarnya dengan bersyukur. Hal tersebut ternyata bisa memberi dampak besar pada tingkat perasaan positif serta kebahagiaan. Dengan mensyukuri hal-hal sederhana atau hal-hal kecil cukup memberi pengaruh besar pada suasana hati. Menyadari serta memperhatikan bahwa ada hal lain yang masih berjalan dengan baik serta akan membantu mengalihkan perhatian dari pikiran negatif berlebihan.

15. Merawat hewan peliharaan

Cara mengatasi stress yang berikutnya adalah dengan merawat hewan peliharaan. Berinteraksi dengan hewan-hewan kesayangan akan memicu otak melepaskan oksitosin. Merawat hewan peliharaan dianggap baik untuk mengurangi stress karena cara ini dapat membuat pikiran Anda aktif di hal-hal yang menyenangkan. Hewan peliharaan juga bisa menjadi teman, sehingga kecemasan yang ada di diri Anda bisa mereda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.