Sukses

13 Manfaat Sholat Hajat Rutin, Tata Cara, dan Doanya

Manfaat sholat hajat rutin adalah mendapat hajat atau keinginannya dikabulkan.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami manfaat sholat hajat rutin dalam Islam sangat menakjubkan. Seorang muslim yang melakukan sholat hajat rutin pada waktu yang dianjurkan, akan mendapat banyak manfaat sholat hajat dalam hidupnya. Manfaat sholat hajat rutin adalah mendapat hajat atau keinginannya dikabulkan.

Adanya manfaat sholat hajat rutin ini dijelaskan dalam buku berjudul Fiqih Empat Mazhab oleh Syaikh Abdurrahman Al Juzairi. Dijelaskan, bahwa dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat.

Muslim agar bisa memperoleh manfaat sholat hajat rutin tersebut, bisa menunaikannya sendiri maupun berjamaah. Dalam buku berjudul The Power of Shalat Hajat oleh Ibnu Thahir, tata cara sholat hajat berjamaah dan sendiri dapat dilakukan paling sedikit dua rakaat dan bisa dilakukan sebanyak empat atau enam rakaat dengan jeda salam pada setiap dua rakaatnya.

Lalu dalam kitab berjudul Ihya' 'Ulumiddin atau Al-Ihya oleh Imam Al-Ghazali, tata cara sholat hajat berjamaah dan sendiri sebaiknya dilakukan sebanyak dua belas atau 12 rakaat dengan jeda salam pada setiap dua rakaatnya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam manfaat sholat hajat rutin, tata cara, dan doanya, Minggu (28/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sholat Hajat Rutin dan Penjelasannya

Memperoleh manfaat sholat hajat rutin adalah ketika menunaikannya di waktu-waktu mustajab untuk berdoa. Mulai dari sepertiga malam pertama jam 7 malam sampai 10 malam, sepertiga malam kedua jam 10 malam sampai 1 pagi, dan sepertiga malam terakhir jam 1 pagi sampai 4 pagi.

Kemudian waktu paling baik untuk mendapat manfaat sholat hajat rutin adalah setelah sholat fardhu atau wajib. Tepatnya setelah sholat dzuhur dan sebelum sholat ashar, setelah sholat maghrib dan sebelum isya, serta setelah sholat isya dan sebelum sholat subuh. Selain waktu yang disebutkan adalah haram melakukan sholat hajat.

Apa saja manfaat sholat hajat rutin dalam Islam? Ini penjelasan manfaat sholat hajat rutin yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Mendapatkan Perasaan Tenang

Manfaat sholat hajat rutin adalah memperoleh perasaan yang tenang. Sholat hajat menimbulkan perasaan tenang pada hati dan pikiran. Perasaan tenang dari manfaat sholat hajat rutin ini bisa membuat seseorang mampu membawa dirinya. Berasal dari hati yang tenang, masalah dan hajat dapat diselesaikan dengan mudah.

2. Dicukupkan Rezeki

Manfaat sholat hajat rutin adalah akan dicukupkan rezeki bagi umat muslim yang menunaikannya. Adanya manfaat sholat hajat rutin ini akan semakin mudah didapat apabila mereka mau berusaha dan berikhtiar dengan sungguh-sungguh.

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua raka'at dengan sempurna maka Allah Ta'ala memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat." (HR. Ahmad)

Dari hadis manfaat sholat hajat rutin tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam mengajarkan untuk senantiasa meminta kepada Allah SWT melalui wasilah sholat apabila dalam kondisi mempunyai hajat, termasuk kecukupan rezeki.

3. Menumbuhkan Rasa Ikhlas

Manfaat sholat hajat rutin adalah akan memberikan perasaan ikhlas. Melalui sholat hajat, seseorang bisa merasakan manfaat sholat hajat rutin seperti menerima apapun yang ditakdirkan oleh Allah SWT. Ketika dalam keadaan kesusahan, maka manfaat sholat hajat rutin akan membuat mereka seolah diajarkan untuk bersikap ikhlas dan lebih sabar.

4. Berserah Diri pada Allah SWT

Manfaat sholat hajat rutin membuat muslim lebih mampu berserah diri kepada Allah SWT. Allah SWT menyukai hamba-Nya ketika ia kembali kepada-Nya dalam kepasrahan.

Semakin cepat manusia menyadari bahwa ia tidak dapat hidup tanpa bantuan-Nya, tetapi tidak sebaliknya, maka akan semakin mudah untuk meminta bantuan-Nya tidak peduli berapa banyak dosa yang dimiliki mereka.

5. Lebih Kuat Bertawakal

Manfaat sholat hajat rutin adalah menjadikan muslim lebih kuat untuk bertawakal. Adanya manfaat sholat hajat rutin, menjadikan seseorang akan memiliki keyakinan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya yang memberikan apa yang dibutuhkan. Maka bertawakal bukan hal yang sulit dilakukan setelah sholat hajat dengan benar.

6. Menumbuhkan Motivasi

Manfaat sholat hajat adalah bisa menumbuhkan motivasi dalam diri seorang muslim. Misalnya saja termotivasi melakukan hal baik dan bisa membuat seseorang lebih rajin. Ini akan membuat seseorang termotivasi untuk lebih rajin lagi dalam berusaha atau berikhtiar di dunia.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sholat Hajat Rutin Selanjutnya

7. Mengendalikan Kebutuhan

Manfaat sholat hajat rutin adalah membuat seorang muslim lebih bisa mengendalikan kebutuhannya. Melalui sholat hajat, seseorang jadi lebih tenang hatinya.

Ini membuat orang tersebut bisa mengendalikan keinginan dan kebutuhannya. Adanya manfaat sholat hajat rutin dengan melakukan sholat hajat, maka seorang hamba akan belajar mensyukuri apa yang dimiliki.

8. Terhindar dari Kesulitan

Manfaat sholat hajat adalah bisa membantu melindungi muslim dari kesulitan. Seorang muslim yang tengah mendapat kesulitan dalam menjalani hidup, dianjurkan untuk mengerjakan sholat hajat.

Seorang muslim tersebut juga dianjurkan berdoa meminta pertolongan dari Allah SWT usai sholat hajat. Lantaran, Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi hamba-Nya yang mau berdoa.

9. Doa Terkabul

Manfaat sholat hajat rutin adalah terkabulnya doa-doa yang dipanjatkan. Sholat hajat merupakan salah satu ibadah sunnah yang khusus untuk meminta agar keinginannya mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Muslim yang memiliki keinginan ataupun kepentingan dianjurkan mengerjakan sholat hajat untuk memperoleh manfaat sholat hajat rutin.

10. Memperoleh Pahala

Manfaat sholat hajat rutin adalah mendapat pahala dari Allah SWT. Sholat sunnah hajat, sama dengan sholat sunah lainnya yang pasti berpahala jika dikerjakan. Lalu tidak berdosa jika tidak dikerjakan.

11. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Manfaat sholat hajat rutin adalah mampu lebih mendekatkan diri seorang muslim kepada Allah SWT. Melakukan sholat hajat menjadi bentuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Ketika memiliki masalah atau hajat yang besar, berserah diri pada Allah SWT menjadi ikhtiar terakhir yang bisa dilakukan. Adanya manfaat sholat hajat rutin, hamba yang sedang dalam kesulitan akan didekatkan pada Allah SWT.

12. Terhindar dari Bahaya

Manfaat sholat hajat rutin adalah akan menghindarkan seorang muslim dari marabahaya. Allah SWT telah menjanjikan siapa pun manusia yang berwudu, sholat dua raka'at, dan kemudian memohon dengan sungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkan pertolongan.

Adanya manfaat sholat hajat rutin ini ditegaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an berikut ini: “Dan mintalah pertolongan kepada Tuhanmu dengan melaksanakan shalat dan dengan sikap sabar.” (QS. Al-Baqarah: 45)

13. Selamat Dunia dan Akhirat

Manfaat sholat hajat rutin adalah membuat seorang muslim selamat dunia dan akhirat. Ini sebagaimana tersirat dalam doa setelah sholat hajat yang bunyinya sebagai berikut:

 

رَبَّنَاآتِنَافِيالدُّنْيَاحَسَنَةًوَفِيالآخِرَةِحَسَنَةًوَقِنَاعَذَابَالنَّارِ

Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil'akhirati hasanah wa qinaa 'adzaaban nar.

“Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.

 

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Hajat dan Doanya

Tata Cara Sholat Hajat:

Para ulama setuju cara sholat hajat berjamaah dan sendiri adalah sama. Begitu pula tata cara sholat hajat berjamaah dan sendiri ini untuk bacaan dan gerakannya sama dengan sholat fardhu. Bagaimana tata cara sholat hajat berjamaah dan sendiri yang dimaksudkan?

Begini tata cara sholat hajat sendiri dan berjamaah yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Niat sholat hajat.

Tata cara sholat hajat berjamaah dan sendiri bagian niat menurut Madzhab Maliki, tidak dilafalkan, karena tidak ada contoh dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Berikut niat dan tata cara sholat hajat yang mustajab:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii Sunnatal Haajati Rok’ataini Lillahi Ta’aalaa

Artinya:

Aku berniat sholathajat sunah hajat dua raka'at karena Allah Ta’ala

2. Takhbiraatul ikhram (berdiri bagi yang mampu).

3. Membaca doa Iftitah.

Allahu akbar, kabirau walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukrotaw washila

Artinya : "Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang."

inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal arha hanifam muslimaw wa ma ana minal musyrikin

Kuhadapkan wajahku kepada Dzat yang mencipta langit dan bumi dalam keadaan lurus dan pasrah. Dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah.

inna shalati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi rabbil alamin la syarika lahu wa bidzalika umirtu wa ana minal muslimin.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku semata hanya untuk Allah Tuhan Semua Alam, tiada sekutu bagi-Nya. dan begitulah aku diperintahkan dan aku dari golongan orang muslim.

4. Membaca surat Al-Fatihah.

5. Membaca salah satu surat dari Al-Qur’an.

Mengenai bacaan surat Al-Qur’an sesuai tata cara sholat hajat berjamaah dan sendiri sebenarnya bisa surat mana saja. Akan tetapi, lebih diutamakan jika pada raka'at pertama Surat Al-Karifuun sebanyak 3 kali.

6. Ruku’ dengan tuma’ninah.

7. I’tidal dengan tuma’ninah.

8. Sujud dengan tuma’ninah.

9. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah.

10. Sujud kedua dengan tuma’ninah.

11. Berdiri untuk melaksanakan raka’at kedua.

12. Membaca surat Al-Fatihah.

13. Membaca salah satu surat dari Al-Qur’an.

Mengenai bacaan surat Al-Qur’an sesuai tata cara sholat hajat berjamaah dan sendiri sebenarnya bisa surat mana saja. Akan tetapi, lebih diutamakan jika pada pada raka'at kedua Surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali.

14. Ruku’ dengan tuma’ninah.

15. I’tidal dengan tuma’ninah.

16. Sujud dengan tuma’ninah.

17. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah.

18. Sujud kedua dengan tuma’ninah.

19. Tahiyyat akhir dengan tuma’ninah.

20. Salam.

Bacaan Doa Sholat Hajat:

Penting, selain menunaikan ibadah sholat hajat, yang tidak kalah penting dilakukan adalah membaca bacaan doa sholat hajat. Tujuan dari membaca bacaan doa sholat hajat adalah memohon agar hajat atau keinginan diridai Allah SWT dan segera dikabulkan.

Bagaimana bacaan doa sholat hajat Arab, latin, dan artinya? Ini penjelasannya:

 

1. Bacaan Doa Sholat Hajat Arab

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

2. Bacaan Doa Sholat Hajat Latin

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil'arsyil-'adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin. As'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa'ima magfiratika wal -'ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada' lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

3. Arti Bacaan Doa Sholat Hajat

"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang."

 

Memahami sebelum membaca bacaan doa sholat hajat sangat dianjurkan untuk merendahkan diri dihadapan Allah SWT dengan membaca "Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil 'aliiyil 'adzim" sebanyak 10 kali.

Kemudian sebelum membaca bacaan doa sholat hajat adalah membaca “Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad” yang dibaca sebanyak 10 kali dan membaca doa keselamatan dunia dan akhirat “Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil'akhirati hasanah wa qinaa 'adzaaban nar."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.