Sukses

12 Tanda Pasti Hamil dan Penjelasannya, Perhatikan Perdarahan Implantasi

Tanda pasti hamil sering terlihat seperti masalah kesehatan biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Wanita dengan tanda pasti hamil, harus memperhatikan aktivitas sehari-harinya agar janin dalam kandungan di awal kehamilan bisa tumbuh dan berkembang maksimal. Tanda pasti hamil pada wanita, benar-benar bisa diamati terutama pada perdarahan implantasi dan tes kehamilan dengan kadar hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) pada wanita.

Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan, pada Senin (29/8/2022) tanda pasti hamil dengan implantasi, bisa diamati setelah 14 hari seorang wanita menerima sel sperma. Implantasi atau munculnya bercak darah ini tanda sel telur telah dibuahi dan menempel pada lapisan rahim. Kemudian hormon hCG yang tinggi menjadi tanda pasti hamil karena ini hanya dialami wanita yang tengah hamil muda.

Selain tanda pasti hamil yang sudah disebutkan, masih ada tanda pasti hamil yang bisa diamati secara fisik dan mirip masalah kesehatan biasa. Tanda pasti hamil lainnya adalah berhubungan dengan masalah pencernaan, perubahan payudara, intensitas buang air kecil, mengalami masalah pencernaan, mengalami hidung tersumbat, hingga merasa lebih lelah daripada biasanya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang dua belas tanda pasti hamil dan penjelasannya, Senin (29/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda Pasti Hamil dan Penjelasannya

Memahami tanda pasti hamil bagi wanita ini bisa diamati sebelum perut wanita benar-benar membesar karena jabang bayi tumbuh. Tanda pasti hamil akan terlihat setelah 1-2 minggu pembuahan terjadi. Ini penjelasan tanda pasti hamil:

1. Muncul Bercak Darah Tidak Biasa

Tanda pasti hamil adalah muncul bercak darah. Para ahli menyebut, tanda pasti hamil adalah ketika muncul bercak darah sebagai ciri implantasi.

Melansir dari Medical News Today, implantasi sebagai tanda pasti hamil terjadi setelah 1-2 minggu pembuahan terjadi. Itu artinya tanda pasti hamil bisa dikenali setelah 14 hari seorang wanita menerima sel sperma.

Para dokter menduga, implantasi atau bercak darah tanda pasti hamil terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Bercak sebagai tanda pasti hamil akan muncul di minggu-minggu pertama.

Kondisi yang menggambarkan tanda pasti hamil seperti bercak darah muncul adalah setelah telur yang dibuahi, menciptakan blastokista (sekelompok sel berisi cairan) yang kemudian berkembang menjadi organ dan bagian tubuh sang jabang bayi.

2. Tes Kehamilan Setelah Telat Menstruasi

Memahami tanda pasti hamil selain dengan memperhatikan bercak darah, juga melakukan tes kehamilan. Melansir dari HealthPartners, waktu yang tepat untuk tes kehamilan untuk mengetahui tanda pasti hamil adalah tepat setelah telat datang bulan atau menstruasi.

Ini karena tes kehamilan untuk memahami tanda pasti hamil, mampu mengukur tingkat human chorionic gonadotrophin (hCG) dalam tubuh seorang wanita. Ini hormon yang mulai terbentuk saat wanita hamil muda.

Dijelaskan, mengetahui tanda pasti hamil dengan tes ini, diperlukan sekitar tiga hingga empat minggu dari hari pertama menstruasi terakhir agar ada cukup hCG dalam tubuh untuk muncul pada tes. Menghasilkan hasil negatif dan positif hamil yang lebih akurat.

Selain kedua tanda pasti hamil tersebut, melansir The Bump, masih ada tanda pasti hamil yang selama ini dianggap sebagai masalah kesehatan biasa. Padahal bagi wanita yang aktif berhubungan seksual, kondisi umum tertentu bisa menjadi tanda pasti hamil:

3. Sering Buang Air Kecil

Tanda pasti hamil adalah sering buang air kecil. Dijelaskan, hormon kehamilan dapat menyebabkan wanita lebih sering ke kamar mandi di minggu-minggu pertama kehamilan.

4. Payudara Sakit dan/atau Areola Lebih Gelap.

Tanda pasti hamil adalah payudara sakit. Apabila hormon-hormon kehamilan sudah muncul, maka tanda pasti hamil, tubuh wanita mulai mempersiapkan payudaranya untuk menyusui.

5. Mengalami Kelelahan

Kelelahan total merupakan tanda pasti hamil beberapa wanita kerap dijadikan harapan. Kehamilan membuat tubuh wanita lelah karena wanita membutuhkan banyak energi untuk tumbuh kembang bayi.

6. Mengalami Mual di Pagi Hari

Mengalami mual di pagi hari merupakan tanda pasti hamil paling terkenal. Meski sebenarnya, tanda kehamilan seperti mual biasanya mulai muncul di sekitar minggu ke-4 hingga minggu ke-9 kehamilan.

7. Mengalami Kembung

Saat tubuh mulai menyadari adanya kehamilan, kondisi seperti ini memungkinkan lambatnya proses pencernaan. Inilah tanda pasti hamil karena wanita pada masa itu harus memberikan lebih banyak nutrisi kepada bayi.

Ini bisa menyebabkan sedikit gas dan kembung hingga membesar, membuatnya tampak benar-benar hamil. Meski sebenarnya tanda pasti hamil pada perut tidak akan terlihat.

3 dari 3 halaman

Tanda Pasti Hamil Selanjutnya

Tanda pasti hamil pada wanita pun bisa memengaruhi suasana hati hingga masalah pencernaannya. Melansir dari Medical News Today, tanda pasti hamil lain yang dimaksud tersebut adalah:

8. Kemurungan

Tanda pasti hamil adalah memengaruhi suasana hati hingga pikiran wanita, mereka akan lebih murung daripada biasanya. Kemurungan dipengaruhi hormon kehamilan, membuatnya lebih emosional dan menangis luar biasa. Perubahan suasana hati sering terjadi sebagai tanda pasti hamil pada mereka yang aktif berhubungan seksual.

9. Kram

Tanda pasti hamil adalah mengalami kram. Beberapa wanita mengalami kram rahim ringan di awal kehamilan.

10. Sembelit

Tanda pasti hamil adalah mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Perubahan hormon kehamilan menyebabkan sistem pencernaan melambat, yang dapat menyebabkan sembelit.

11. Tidak Nafsu Makanan

Tanda pasti hamil adalah membuat wanita kerap tidak nafsu makan. Saat hamil, wanita akan menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indra perasa mengalami perubahan. Perubahan preferensi makanan ini dikaitkan dengan perubahan hormonal sebagai tanda pasti hamil.

12. Hidung Tersumbat

Tanda pasti hamil adalah hidung tersumbat atau pilek. Peningkatan kadar hormon dan produksi darah dapat menyebabkan selaput lendir di hidung membengkak, mengering, dan mudah berdarah. Kondisi yang menjadi tanda pasti hamil ini akan membuat hidung tersumbat atau berair.

Itulah dua belas tanda pasti hamil yang sering terjadi dan pasti akurat. Agar tanda pasti hamil ini benar-benar akurat, mulainya mengamatinya dari urutan pertama. Amati perdarahan implantasi dan lakukan tes hormon kehamilan, baru amati tanda pasti hamil lainnya untuk mendukung keakuratannya.

Pada kondisi dengan tanda pasti hamil, pasti wanita mempertanyakan seberapa besar janin dalam kandungan saat tanda pasti hamil muncul. Dokter Kandungan-Ginekolog, Penasihat Medis, Anna Targonskaya, MD melansir dari Flo Health memberikan penjelasannya.

Dr. Targonskaya menjelaskan pada 2 minggu awal kehamilan atau ketika mengalami tanda pasti hamil, masih belum ada embrio yang terbentuk.

Meski embrio belum terbentuk, pada 2 minggu awal kehamilan tepat saat tanda pasti hamil muncul, tubuh wanita telah mempersiapkan kehamilan sejak minggu pertama. Wanita akan melepaskan lapisan rahim yang lama dan mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi bulan lalu.

Pertanyaan tentang seberapa besar bayi dalam kandungan pada 2 minggu awal kehamilan dan setelah mengalami tanda pasti hamil, tentu jawabannya “belum ada bayi dalam kandungan!”

Pada usia 2 minggu kehamilan, satu telur telah menjadi dominan. Maka hormon estrogen akan dilepaskan oleh tubuh wanita hingga merangsang penebalan lapisan rahim. Apabila kadar estrogen sudah cukup tinggi, mereka akan memicu lonjakan LH, atau hormon luteinizing.

Hormon inilah yang akan membuat sel telur yang matang keluar dari folikelnya dan masuk ke dalam tuba Fallopi. Pahami, telur hidup selama 12-24 jam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.