Sukses

10 Wisata NTT Populer, Surga Tersembunyi dengan Sejuta Pesona

Wisata NTT yang wajib dikunjungi saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata NTT punya berbagai macam pilihan tempat untuk liburan. NTT merupakan provinsi yang didominasi oleh wilayah kepulauan yang indah. Pulau-pulau yang terkenal di NTT di antaranya Pulau Komodo, Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, dan masih banyak lagi.

Terdapat ratusan wisata NTT  yang siap untuk memanjakan liburanmu. Tempat wisata di NTT ini terlihat begitu eksotis, unik, dan tidak akan ditemukan pesonanya di daerah lain. Wisata alam, kuliner juga budaya yang ada di sini, akan memikat pengunjung yang memilih untuk liburan di tempat ini.

Pulau-pulau yang terdapat di Nusa Tenggara memang memiliki banyak tempat wisata yang sangat memesona. Tempat wisata NTT meliputi wisata bahari, taman nasional, bahkan menjadi andalan pariwisata Indonesia di mata dunia.

Berikut ini wisata NTT yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata NTT

1. Pantai Pink

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir pantai berwarna pink. Pink Beach adalah salah satu wisata NTT yang menjadi wisata pulau Komodo unggulan, serta dikunjungi oleh banyak orang. Pink Beach merupakan pantai yang berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo. Warna pink di pantai ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan, pasir merah jambu tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama foraminifera.Tak hanya menikmati keindahan pantai,  namun para wisatawan juga bisa mendaki tebing yang ada di sekitaran pantai. Dari atas tebing yang hijau, di musim penghujan akan terlihat sisi lain keindahan pink beach dari ketinggian.

2. Pulau Padar

Pulau Padar adalah salah pulau ketiga yang juga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo. Meski dibandingkan yang lain pulau ini,. tidak terlalu besar, namun memiliki keindahan alam yang memukau. Saat berada di pulau ini, pengunjung juga  bisa menikmati pemandangan gugusan perbukitan dan pemandangan taman nasional komodo. Pulau Padar juga masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO karena berada di wilayah Taman Nasional Komodo.

3. Tana Humba

Pulau Sumba memang terkenal dengan kekayaan budaya lokal yang sangat kental. Kata 'Sumba' sendiri berasal dari kata 'Humba' yang berarti asli. Masyarakat asli Sumba sering menyebut wilayah mereka dengan "Tana Humba". Tana humba menawarkan beragam wisata yang menarik mulai dari alam, budaya, dan lainnya. Disini kita pengunjung bisa melihat kehidupan masyarakat Sumba yang masih mempertahankan adat kebudayaan aslinya hingga sekarang. 

3 dari 4 halaman

Wisata NTT

4. Pulau Alor

Pulau Alor merupakan wisata NTT yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Tempat wisata NTT ini bahkan sudah terkenal hingga mancanegara. Pulau Alor dikenal juga dengan pesona bahari yang menakjubkan. Ada banyak destinasi yang bisa pengunjung eksplor saat berada di Pulau Alor. Destinasi menarik di Pulau Alor di antaranya adalah Air Terjun Mataru, Tuti Adagai, Batu Putih, Kolam Bidadari, Pantai Ling’al, dan masih banyak lagi. 

5. Gili Laba

Gili Laba adalah sebuah pulau kecil yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Komodo. Wisata NTT ini memiliki Pulau yang daya tarik yang tidak kalah indah dan menarik dari pulau-pulau lain di NTT. Gili Laba merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di NTT. Saat berada di sini, pengunjung akan menemukan padang rumput yang indah. Waktu yang tepat untuk datang ke Gili Laba saat bulan Agustus dan September. Pasalnya, pada bulan ini hamparan rumput hijau yang ada pada perbukitan Gili Laba akan mengering, dan berubah warna menjadi coklat kekuningan yang begitu eksotis.

6. Sabana Puru Kambera

Saat berkunjung ke NTT tidak akan lengkap jika tak mengunjungi salah satu padang sabananya. Salah satu sabana yang juga cukup populer adalah Sabana Puru Kambera yang berada di Kabupaten Sumba Timur. Di kawasan ini pengunjung bisa melihat langsung kawanan kuda liar yang menjadi magnet sabana ini. Panorama di sabana ini juga begitu menakjubkan. Dari sabana ini, pengunjung bisa menikmati lanskap sabana lengkap dengan kuda-kudanya dengan latar belakang laut biru yang indah. Tak jauh dari sabana, kamu juga bisa bersantai di pantai pasir putih yang masih sangat asri.

4 dari 4 halaman

Wisata NTT

7. Labuan Bajo

Wisata NTT yang wajib untuk kamu kunjungi saat liburan adalah Labuan Bajo. Tempat wisata ini sangat populer dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan kepulauan, pantai, hingga kehidupan bawah laut kawasan ini begitu memikat para wisatawan. Di Labuan Bajo terdapat bandar udara, dermaga, dan pelabuhan yang merupakan pintu masuk untuk menuju tempat wisata di NTT lainnya. Dari Labuan Bajo, wisatawan bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo dan pulau-pulau indah di sekitarnya. Salah satu aktivitas menarik di Labuan Bajo adalah menyelam. Titik selam yang paling terkenal adalah Manta Point. Di sini pengunjung bisa menyelam dan menyaksikan ikan pari manta juga biota laut eksotis lainnya.

8. Taman Nasional Kelimutu

Wisata NTT selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Taman Nasional Kelimutu. Tempat wisata ini adalah salah satu andalan wisata NTT. Taman Nasional Kelimutu meliputi bukit-bukit dan gunung-gunung dengan Gunung Kelimutu juga danau tiga warnanya. Danau ini merupakan bagian kawah dari Gunung Kelimutu. Tiwu Kelimutu di bagi lagi menjadi tiga bagian sesuai dengan warna - warna yang ada di dalam  danau. Danau berwarna biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

9. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo merupakan wisata NTT yang wajib untuk dikunjungi saat liburan. Wisata ini terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar juga terdapat beberapa pulau kecil lainnya. Ada banyak aktivitas yang pengunjung bisa lakukan di kawasan ini. Salah satu yang terkenal adalah melihat kadal raksasa, komodo. Komodo merupakan hewan purba yang masuk dalam keajaiban dunia dan sangat dilindungi. Selain melihat langsung habitat komodo, pengunjung bisa menikmati keindahan pulau, perbukitan, savana, dan pastinya pantai-pantai yang menawan.

10. Desa Wae Rebo

Tempat wisata NTT selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Wae Rebo, yang  merupakan desa adat yang terkenal akan pesonanya. Pada tahun 2012, desa ini juga ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia oleh UNESCO. Berada di Kabupaten Manggarai, desa ini berdiri di atas di ketinggian 1200 mdpl dan dikenal sebagai desa di atas awan. Di desa ini juga terdapat 7 rumah adat, yang berbentuk kerucut, serta disebut Mbaru Niang. Rumah-rumah ini adat ini juga telah bertahan selama 19 generasi. Pesona desa adat ini makin indah dengan latar belakang pegunungan yang asri dan sejuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.