Sukses

10 Cara Mengobati Sinusitis dengan Bahan Alami, Pahami Penyebabnya

Cara mengobati sinusitis secara alami dapat dilakukan dengan mudah, menggunakan beragam bahan yang bisa dengan mudah ditemui dirumah

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati sinusitis secara alami dapat membantu dalam meredakan gejala-gejala yang timbul akibat peradangan sinus. Banyak orang mengalami tekanan sinus akibat alergi musiman atau flu biasa. Tekanan sinus dihasilkan dari saluran hidung yang tersumbat. Ketika sinus tidak dapat mengalir, anda mungkin mengalami peradangan dan nyeri di kepala, hidung serta wajah.

Infeksi sinus dalam kasus yang serius juga dapat menyebabkan demam otak dan meningitis. Peradangan ini menyebabkan gangguan yang kemudian dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga penting untuk mengetahui cara mengobati sinusitis.

Merupakan penyakit yang sering menyerang setiap tahunnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), mengungkapkan bahwa sebagian besar infeksi sinus disebabkan oleh virus, hal ini membuat banyak orang yang tidak bisa diobati dengan antibiotik, sehingga penting untuk mengetahui cara mengobati sinusitis tanpa konsumsi obat.

Sebagai penggantinya, terdapat beberapa cara mengobati sinusitis menggunakan beberapa bahan alami yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah, untuk lebih memahaminya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/8/2022). Tentang cara mengobati sinusitis secara alami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Bahan Alami

1. Uap

Cara mengobati sinusitis yang pertama adalah dengan menggunakan uap atau pelembab udara. Udara kering dapat meningkatkan tekanan sinus dan menyebabkan sakit kepala serta nyeri berdenyut. Uap menambah kelembaban ke udara, membantu melembabkan saluran sinus dan mengencerkan lendir yang mungkin telah mengental seiring waktu.

Mandi air panas dan hirup uapnya untuk mengurangi tekanan. Anda juga dapat menggunakan pelembab udara untuk bantuan jangka panjang. Untuk dorongan ekstra, tambahkan minyak kayu putih ke dalam bak mandi untuk mempercepat pemulihan dengan uap.

 

2. Istirahat

Tidur malam yang baik dapat membantu tubuh untuk sembuh. Tidur merangsang otak untuk melepaskan hormon yang mendorong pertumbuhan jaringan. Juga saat beristirahat, tubuh mampu memproduksi lebih banyak sel darah putih yang penting untuk menyerang virus dan bakteri lainnya.

Cobalah untuk menghindari aktivitas atau minuman yang terlalu merangsang sebelum tidur. Membiarkan tubuh beristirahat dapat membantu mengurangi tekanan sinus, mempercepat waktu pemulihan, dan membuat anda merasa lebih segar.

 

3. Hidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan saluran sinus mengering dan meningkatkan tekanan di wajah anda. Tingkatkan asupan air anda sepanjang hari jika anda merasa tidak enak badan. Cairan akan mengurangi penyumbatan di sinus anda.

Meskipun air mungkin menjadi pilihan pertama anda untuk tetap terhidrasi, anda juga dapat mempertahankan cairan melalui makanan dan minuman lain termasuk sup, es batu, teh dan sayuran serta buah-buahan berbasis air.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Bahan Alami

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat membantu membuka sinus dan menghilangkan lendir. Studi menemukan bahwa bahan utama dalam minyak kayu putih, cineole, membantu penderita sinusitis akut pulih lebih cepat.

Untuk meredakan sinus atau infeksi saluran pernapasan atas, gunakan minyak kayu putih secara eksternal di pelipis atau dada, atau dihirup melalui diffuser saat minyak ditambahkan ke air mendidih. Pastikan anda hanya menggunakan minyak esensial food grade. Gosokkan satu tetes setiap minyak di langit-langit mulut anda, lalu minum segelas air.

 

5. Cuka Sari Apel

Cara mengobati sinusitis selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran air hangat dengan cuka sari apel. Minum air hangat dengan cuka sari apel dapat membantu melawan infeksi sinus dan meredakan gejalanya seperti hidung tersumbat.

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur dan merupakan sumber vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, dan magnesium yang baik yang membantu mengobati infeksi sinus. Ia bekerja dengan melonggarkan lendir dan membersihkan saluran hidung.

 

6. Tidur Dengan Bantal Tinggi

Sama seperti tidur sangat penting untuk penyembuhan, bagaimana posisi anda tidur juga dapat meringankan gejala sinus. Berbaring datar dapat meningkatkan penumpukan lendir di saluran hidung anda, meningkatkan tekanan sinus anda, dan mengganggu siklus tidur anda.

Sehingga menyangga kepala anda dengan bantal di malam hari untuk menjaga kepala anda tetap di atas jantung anda. Posisi tidur ini akan mencegah penumpukan sinus dan dapat membantu anda bernapas lebih nyaman.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Bahan Alami

7. Teknik Relaksasi

Tekanan sinus anda dapat menyebabkan anda merasakan ketegangan di kepala, wajah, dan leher anda. Terapi biofeedback, metode pengobatan alternatif yang mengajarkan anda bagaimana mengontrol fungsi tubuh anda, dapat meredakan tekanan ini.

Metode ini telah terbukti berhasil dalam meredakan sakit kepala, menggabungkan latihan pernapasan dalam dan meditasi untuk mencapai relaksasi dan mengurangi rasa sakit. Yoga, meditasi, dan teknik relaksasi lainnya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan tekanan akibat infeksi sinus.

 

8. Olahraga

Cara mengobati sinusitis yang berikutnya adalah dengan melakukan olahraga atau latihan ringan. Mirip dengan yoga, olahraga dapat mengurangi tekanan sinus yang terjadi saat anda mengalami peradangan dan sinusitis.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan kemacetan sementara untuk memudahkan pernapasan. Meskipun tidak nyaman untuk dilakukan saat sakit, aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan waktu pemulihan dan mempercepat penyembuhan.

 

9. Makan Makanan Bergizi

Makan makanan seimbang yang juga mencakup rempah-rempah, dan makanan yang kaya vitamin C dan mineral membantu membangun kekebalan untuk melawan infeksi. Untuk melawan virus, tambahkan makanan antibakteri seperti bawang putih, jahe, dan bawang bombay ke dalam makanan anda.

Anda juga bisa mencoba minum teh jahe untuk meredakan peradangan pada sinus. Tambahkan madu mentah untuk dorongan ekstra. Madu dikemas dengan antioksidan dan memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

 

10. Gunakan Neti Pot

Cara mengobati sinusitis yang terakhir adalah dengan menggunakan neti pot. Irigasi hidung adalah proses yang sering digunakan untuk meringankan gejala sinusitis. Menurut penelitian terbaru, menggunakan neti pot dengan larutan garam dapat menghilangkan beberapa gejala sinusitis kronis.

Berikut langkah menggunakan neti pot: Isi panci dengan larutan garam, Miringkan kepala anda di atas wastafel pada sudut 45 derajat, masukkan cerat pot ke lubang hidung bagian atas, Tuang larutan garam dengan hati-hati ke lubang hidung itu dan ulangi proses dengan lubang hidung lainnya.

Berhati-hatilah untuk membersihkan neti pot anda setelah setiap kali digunakan. Pastikan hanya menggunakan air suling. Air langsung dari wastafel mungkin memiliki kontaminan, seperti bakteri atau parasit, yang dapat memperburuk kondisi anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.