Sukses

21 Tempat Wisata di Jogja Terbaru, Pesona Alam Indah, Seru dan Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Saat memilih untuk berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak akan lengkap jika belum mengunjungi tempat wisata di Jogja terbaru yang sangat populer. Meski baru dibangun namun, tempat wisata ini tidak kalah menarik dengan wisata sebelumnya yang sudah pernah ada. Tempat wisata di Jogja terbaru ini memadukan pesona alam yang indah dengan tempat-tempat unik yang kekinian, membuat pengunjung ketagihan untuk terus menikmati wisata di Jogja. 

Tempat wisata di Jogja terbaru selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, ada Heha Sky View, Obelix Hills, Studio Alam Gamplong, Bhumi Merapi, Heha Ocean View, dan masih banyak lagi yang wajib dikunjungi wisatawan saat liburan.

Tempat wisata di Jogja terbaru ini sangat populer, serta memiliki sejuta spot foto menarik dan unik, yang bisa mempercantik Feed Instagram. Tak heran bila tempat wisata di Jogja terbaru ini, selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, khususnya  kaum milenial yang suka foto-foto cantik dan estetik. 

Berikut ini tempat wisata di Jogja terbaru yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/8/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jogja

1. The Lost World Castle

Temoat wisata di Jogja terbaru yang wajib untuk dikunjungi adalah The Lost World Castle yang berada di Desa Kepuharjo, Sleman. Bangunan yang menyerupai kastil ini dibangun di atas lahan dengan luas 1,3 hektare. Bangunan unik ini  mengingatkan kepada setiap pengunjung akan erupsi Gunung Merapi yang begitu dahsyat beberapa tahun lalu, membuat Kota Jogja dan sekitarnya seperti menghilang. Konsep inilah yang kemudian menjadi nama tempat wisata ini, yaitu The Lost World yang memiliki arti Dunia yang Hilang. Tempat ini menjadi rekomendasi menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, karena tersedia beragam wahana dengan spot foto yang menarik. 

2. Rumah Indian Dlingo

Rumah Indian Dlingo merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang berlokasi di dalam Hutan Pinus Pengger. tempat wisata ini menawarkan kecantikan Kota Jogja yang bisa pengunjung lihat dari ketinggian. Panorama alam yang semakin memukau bisa pengunjung temukan saat berkunjung di malam hari. Di sini, terdapat juga rumah-rumah yang mirip dengan rumah Suku Indian yang langsung mengarah ke hamparan luas lanskap Kota Jogja. Pasti, kamu ingin menghabiskan malam lebih lama di sini bersama teman, terlebih dengan pasangan.

3. Taman Bunga Nawari

Tempat wisata di Jogja terbaru yang wajib dikunjungi saat musim liburan adalah Taman bunga Nawari. Taman ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul. Di lahan seluas kurang lebih 560 meter serta berbentuk persegi memiliki sekitar 12 ribu tanaman bunga matahari yang telah ditanam sejak Maret 2018 lalu. Bagi pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi taman bunga satu ini, cukup untuk siapkan uang sebesar Rp 6 ribu. Dengan harga yang murah, pengunjung sudah bisa menyaksikan hamparan bunga yang luas. 

4. Kebun Bunga Asri

Selanjutnya tempat wisata di Jogja terbaru yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Kebun Bunga Asri. Selain identik dengan laguna juga tetrapod yang berfungsi sebagai pemecah ombak, kini Pantai Glagah yang terletak di Kabupaten Kulon Progo ini memiliki magnet baru berupa kebun bunga matahari.

5. World of Magic

Pertunjukan sulap selalu membuat penonton terpukau karena seolah memiliki ilmu sihir. Namun pada dasarnya, semuanya merupakan trik semata. Nah, di Yogyakarta ada tempat wisata baru World of Magic, saat berkunjung, pengunjung tidak hanya berwisata sambil selfie, tapi juga bisa membongkar semua triknya. World of Magic yang terletak di Jalan Magelang memiliki 8 ruangan yaitu interaktif room, cafe room, levitation room, colorful room, romantic room, live show, play ground, souvenir room. 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jogja

6. Heha Sky View

Tempat wisata di Jogja terbaru dan sangat populer, serta dijuluki dengan lantai duanya Jogja ini adalah Heha Sky View. Tempat yang baru dibuka tahun 2019 ini sebenarnya merupakan restoran dengan konsep view yang indah, dilengkapi dengan spot-spot foto yang instagrammable. Letaknya tidak jauh dari Bukit Bintang, tepatnya di Jl. Dlingo-Patuk No. 2, Desa Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Heha Sky View merupakan salah satu tempat wisata Jogja terbaru dan populer dengan tiga lantai di dalamnya. Namun setiap lantainya memiliki fungsi yang berbeda-beda.  Spot foto yang disediakan doi tempt ini juga beragam, seperti balon udara, teras kaca, semuanya dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Pengunjung wisata juga bisa bersantai di gazebo yang disediakan di sudut-sudut taman. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli souvenir di galeri seni untuk dijadikan buah tangan. 

7. Puncak Sosok

Tempat wisata di Jogja terbaru ini berada di tenggara Kota Jogja atau berada di Jambon, Bawuran, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa. Di tempat wisata Jogja ini pengunjung bisa menikmati matahari saat terbenam dari atas bukit sambil menikmati sajian musik live. Lebih asyik juga sambil menikmati hidangan yang disajikan oleh kios makanan yang tersedia.

8. Bhumi Merapi

Tempat wisata di Jogja terbaru dengan konsep tempatnya yang bergaya Eropa ini adalah Bhumi Merapi. Tempat wisata ini  bisa dimanfaatkan untuk berfoto namun dengan harga terjangkau. Sejak dibuka, wisata ini sudah dikunjungi oleh sekitar 10 ribu orang yang didominasi oleh kaum milenial. Sebelum masuk ke dalam wisata ini, terdapat sebuah dinding benteng atau kastil dengan sumur mati yang akan menyambut Anda. Bangunan tempat wisata ini didominasi warna putih dan biru dengan atmosfer yang ada di Santorini, Yunani. Langlang Buana pun menyediakan spot foto bernama Underground Baker Street. Anda dapat berfoto dengan sebuah telepon umum yang legendaris di Inggris. Tempat wisata ini juga terdapat lukisan dengan tema Renaissance lengkap dengan Romeo dan Juliet pun menghiasi salah satu tembok di Langlang Buana. Spot foto berupa mural juga terlukis pada dinding luar bangunan yang memiliki ketinggian enam meter. 

9. Obelix Hills

Tempat wisata di Jogja terbaru selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Obelix Hills. Temoat wisata ini memiliki antrian yang cukup panjang hingga membuat macet jalanan. Namun saat berada di sini, pengunjung akan ditawarkan spot foto yang unik, serta dekorasi tempat yang cantik. Tempat wisata ini juga memiliki pemandangan yang indah membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung ke Obelix Hills. Tidak hanya itu, wisata Jogja terbaru dan populer juga menyediakan restoran dan berbagai macam stand makanan yang bisa menjadi menu santapan pengunjung. 

10. Suwatu by Mil&Bay

Suwatu by Mil&Bay adalah tempat wisata di Jogja terbaru yang memiliki vibes ala Bali dengan memadukan alam dan budaya. Menyuguhkan pemandangan Jogja dari atas membuat Suwatu by Mil&Bay selalu ramai dikunjungi, sehingga tempat wisata ini memberlakukan reservasi terlebih dahulu karena tempat yang terbatas. Selain itu, sajian menu yang ditawarkan ada dua, yaitu paket menu Sojiwan dan Prambanan, lengkap dari starter, entrée, dessert dan beverage. Suwatu by Mil&Bay dapat ditemukan di Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan. Namun tempat indah ini hanya di buka saat jam makan siang dan makan malam.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jogja

11. Studio Alam Gamplong

Tempat  wisata di Jogja terbaru selanjutnya ini, akan sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai susana tradisional dengan berbagai spot foto Instagramable. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berwisata sekaligus mengedukasi diri dengan sejarah dan juga proses pembuatan film-film lokal. Maka, Studio Gamplong seringkali dijuluki sebagai Hollywood mini di Indonesia. Studio alam yang menjadi wisata Jogja terbaru ini mulai beroperasi pada awal 2018. Tempat ini bertema tradisonal zaman dulu, namun tempat ini selalu ramai dikunjungi, setelah diketahui sebagai lokasi syuting film Bumi Manusia, Habibie Ainun 3, dan lainnya.

12. Sindu Kusuma Edupark

Tempat wisata di Jogja terbaru saat malam hari adalah Sindu Kusuma Edupark, saat memilih untuk belibur di sini, pengunjung akan menjumpai bianglala raksasa, sehingga saat naik, pengunjung akan melihat keindahan kota Jogja malam hari. Wisata ini bisa menjadi wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya satu wahana saja yang tersedia, namun pengunjung juga bisa menikmati 10 wahana menarik lainnya dengan harganya yang relatif murah. 

13. Sendratari Ramayana Ballet di Candi Prambanan

Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana merupakan pertunjukan tari dan drama yang menceritakan kisah epik Rama & Shinta dari kisah wayang Ramayana. Pertunjukan tersebut disuguhkan dalam rangkaian gerak tari dengan diiringi gamelan, dan tanpa dialog. Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan penampilan wayang ini,  harus merogoh kocek Rp 125 ribu hingga Rp 300 ribu. Meski harganya tidak murah, namun akan sebanding dengan apa yang kamu saksikan di sana. Cerita yang ditampilkan Sendratari Ramayana bakal bikin terkesan.

14 Puncak Becici

Tempat wisata di Jogja yang wajib untuk dikunjungi adalah Puncak Becici. Puncak Becici adalah salah satu kawasan hutan pinus yang terletak di Desa Muntuk, Gunungcilik, Dlingo, Bantul. Saat wisata ke sini, pengunjung bisa menikmati sunset indah yang dihiasi dengan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kawasan hutan ini juga dikelola dan sekarang menjadi tempat wisata yang menawaran spot-spot foto menarik dari hutan pinus dan rumah marsupilani yang unik. 

15. Purawisata

Tempat wisata di Jogja berikutnya adalah Purawisata. Tempat yang berlokasi di Jalan Brigjend Katamso menawarkan kisah drama Ramayana dan Shinta dari tarian. Di sana, pengunjung bisa datang setiap hari saat malam hari. Wisatawan yang ingin melihat pertunjukan juga dikenakan harga tiket masuk yang berbeda-beda, tergantung paket yang dipilihnya. Untuk melihat pagelaran, wisatawan hanya perlu membayar Rp 75.000 untuk domestik dan Rp 250.000 untuk turis internasional. Sedangkan untuk wisatawan yang ingin mendapatkan makan malam sekaligus melihat pertunjukan akan dikenakan biaya Rp 255.000 untuk domestik dan Rp 420.000 untuk turis internasional.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jogja

16. Sate Ratu

Selanjutnya tempat wisata di Jogja terbaru dan populer yang lebih nyaman juga lebih luas, dengan menawarkan konsep semi-outdoor adalah Sate Ratu. Tempat ini menyediakan area indoor dan outdoor, dan uniknya lagi, tempat ini sudah dikunjungi tamu dari 85 negara, membuktikan bahwa produknya dapat diterima di lidah masyarakat lokal maupun internasional. Menu andalan yang ada di tempat wisata Jogja terbaru ialah Sate Ayam Merah yang dibuat dari bumbu merah racikan sendiri, Sate Kanak versi tidak pedas dari Sate Ayam Merah dan Lilit Basah. Dengan harga yang terjangkau, Sate Ratu selalu ramai hingga dibuat waiting list.

17. Tumpeng Menoreh

Lokasi tempat wisata di Jogja terbaru yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Tumpeng Menoreh. Tempat wisata ini berada di Samigaluh, Kulonprogo dan berada di puncak bukit. Karena berada di puncak bukit dengan ketinggian 1000 mdpl, membuat pengunjung yang datang di sini, akan melihat pemandangan 360 derajat tanpa terhalang apa pun. Pemandangan sunset yang indah bisa kamu nikmati di wisata Jogja terbaru dan populer ini. Pemandangan atas bukit ini sangat cocok jika difoto dengan menggunakan drone.

18. Heha Ocean View

Heha Ocean View adalah salah satu tempat wisata di Jogja terbaru yang menyuguhkan pemandangan laut indah dengan berbagai spot foto yang unik. Spot foto wisata Jogja yang paling ikonik di Heha Ocean View adalah balkon kaca yang berlatarkan laut. Selain itu, Heha Ocean View juga menyediakan tempat nongkrong yang nyaman. Jika lapar, tersedia  beragam stand makanan dan minuman yang bisa dicicipi.  Heha Ocean View terletak di Bolang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul dan buka dari pukul 09.00 hingga 21.00. 

19. De Mangol

De Mangol merupakan salah satu spot wisata Jogja terbaru dan populer yang berada tak jauh dari bukit Bintang Hargodumilah. Lokasinya berada di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro KM 1,4, Sumber Tetes, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Saat berada di sini, pengunjung bisa menikmati indahnya sunset dan gagahnya pemandangan Gunung Merapi. Selain itu pengunjung juga bisa berfoto ria dengan beragam spot yang telah disediakan.

20. Watu Langit Coffee

Menikmati waktu senja dengan segelas kopi sambil melihat pemandangan cantik memang menjadi satu hiburan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Saat berada di tempat wisata Jogja terbaru ini pengunjung dapat merasakan pengalaman tersebut. Terletak di ketinggian membuat siapapun bisa menyaksikan pemandangan Jogja dari atas. Wisata Jogja terbaru dan populer Watu Langit juga menyuguhkan aneka kopi yang lengkap dengan makanan prasmanan bagi pengunjung yang kelaparan. 

21. Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja terbaru yang sudah ada sejak lama, namun baru jadi buah bibir beberapa bulan belakangan. Tempat ini memiliki air terjun ini ramai dibicarakan sebagai objek wisata Instagramable sejak akhir tahun 2019 lalu. Grojogan Watu Purbo berada di Sleman. Tepatnya di Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel. Bentuknya yang tak biasa, seperti terasering enam tingkat juga dialiri sederet air terjun kecil. Aliran air di Grojogan Watu Purbo tidak terlalu deras, serta setiap undakan pada air terjun dilengkapi tangga. Pengunjung bisa menggunakannya untuk mencapai setiap tingkat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.