Sukses

Pria Ini Habiskan Rp 130 Juta untuk Merawat 16 Keponakan, Kisahnya Viral

Seorang pria menghabiskan Rp 130 juta untuk merawat 16 keponakannya setiap liburan sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, seorang pria di China menjadi viral setelah jutaan orang dihibur oleh serangkaian video yang dia unggah. Video tersebut memperlihatkan bagaimana dia merawat 16 keponakan dan 2 putrinya selama liburan sekolah musim panas.

Melansir dari SCMP, pria yang bernama Gong Lingjun itu berasal dari Chongqing, China barat daya. Kisahnya dimulai pada 28 Juni, dan berakhir pada 22 Agustus. Dalam video yang terakhir diunggah, Gong memperlihatkan dirinya mengucapkan selamat tinggal kepada keponakannya saat liburan berakhir.

"Liburan musim panas tahun ini akan segera berakhir, dan kalian anak-anak harus belajar dengan giat begitu kalian kembali ke rumah," kata Gong, seperti dilansir Liputan6.com dari World of Buzz pada Selasa (30/8/2022).

Gong Lingjun mengungkapkan jika selama liburan musim panas yang berjalan 55 hari, ia bisa menghabiskan uang senilai 60.000 Yuan atau sekitar Rp 130 juta untuk keponakannya. Uang tersebut merupakan tabungan yang ia simpan selama lebih dari 30 tahun seperti Liputan6.com lansir dari World of Buzz, Selasa (30/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Acara tahunan

Di akhir video, Gong terlihat menutup pintu rumahnya dengan senyum lega setelah 16 keponakannya pulang. Diketahui, Gong telah 'menjamu' keponakan-keponakannya selama liburan musim panas setiap tahun sejak tahun 2017.

"Dulu kami semua kembali ke kampung halaman kami selama liburan musim panas tetapi sejak ayah saya meninggal pada tahun 2017, kami belum kembali," jelas Gong.

Karena Gong dan keempat saudara perempuannya dekat, dia tidak ingin anak-anak mereka terasing dan tidak akrab. Karena itu, ia mengundang mereka ke rumahnya setiap musim panas.

3 dari 3 halaman

Pengeluaran bulanan

Mengurus 18 anak, termasuk 2 putri Gong, sekaligus selama 2 bulan bukanlah hal yang mudah. Gong harus menghabiskan setidaknya 500 Yuan atau sekitar satu juta Rupiah untuk makanan setiap hari, tidak termasuk makanan ringan seperti es krim dan buah-buahan. Mereka makan lebih dari 8 kg beras, 4 kg daging, dan 20 telur setiap hari.

Gong berkata bahwa dia tidak memiliki waktu santai untuk dirinya sendiri kecuali saat tidur sejak anak-anak tiba.

"Mereka memberi saya rasa takut pada awalnya. Kadang-kadang, ketika saya melihat mereka duduk bersama, saya tidak ingin duduk di sebelah mereka karena kebisingan yang mereka buat ketika bermain bersama," katanya.

Namun, pada saat yang sama, Gong mengatakan bahwa dia merasakan kebahagiaan dan kepuasan di hatinya setelah melihat mereka bersama. Karena itu, banyak warganet yang menantikan liburan musim panas tahun depan untuk melihat Gong mengunggah lebih banyak video keponakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.