Sukses

6 Cara Bikin Makalah Berdasarkan Strukturnya yang Benar, Mudah Dipraktikkan

Makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Cara bikin makalah berdasarkan struturnya yang benar wajib diketahui oleh pelajar maupun mahasiswa. Makalah merupakan salah satu format tugas yang cukup sering diberikan oleh para pengajar. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Dalam penyusunannya, penulis perlu memperhatikan kaidah-kaidah yang sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah.

Mengetahui cara bikin makalah berdasarkan strukturnya yang benar akan lebih memudahkan pelajar maupun mahasiswa tersebut dalam menyusun makalah. Cara bikin makalah berdasarkan strukturnya yang benar bisa berupa bentuk pemaparan terhadap suatu ide atau topik.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara bikin makalah berdasarkan strukturnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Makalah

Berikut ini terdapa beberapa jenis-jenis makalah yang bisa anda kenali, antara lain:

1. Makalah Deduktif

Makalah deduktif merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoritis. Biasanya, jenis makalah ini dikembangkan dengan pola deduktif, dengan kata lain harus menjelaskan hal yang bersifat umum kemudian menuju hal yang lebih khusus.

2. Makalah Induktif

Makalah induktif adalah jenis makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang didapatkan dari hasil penelitian lapangan. Dalam proses penyusunan. Makalah jenis ini dikembangkan dengan pola induksi atau diawali dengan sesuatu yang bersifat khusus menjadi hal-hal yang bersifat umum. Selain itu, hasil makalah ini harus relevan dengan permasalahan yang ada di lapangan.

3. Makalah Campuran

Makalah campuran ialah gabungan antara makalah induktif dan deduktif. Dengan kata lain, proses penyusunan makalah ini diperoleh dari kajian teoritis dan empiris. Selain itu, makalah campuran biasanya menggunakan paragraf umum, lalu diikuti kalimat-kalimat penjelas bersifat khusus, dan ditutup dengan kesimpulan yang bersifat umum.

3 dari 4 halaman

Cara Bikin Makalah Berdasarkan Struktur yang Benar

1. Tentukan Judul Makalah

Cara bikin makalah berdasarkan strukturnya yang pertama adalah dengan menentukan judul atau tema yang akan diteliti. Apabila anda masih bingung, tanyakan kepada guru atau dosen pembimbing yang memberikan tugas agar diberi rekomendasi. Jika perlu, analisis dari berbagai buku referensi sesuai tema yang berkaitan.

2. Buat Cover dan Abstrak

Apabila sudah menentukan judul makalah yang akan diteliti, anda perlu membuat cover makalah. Cover makalah harus memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Nama penulis ditulis dengan mencantumkan nama asli dan nama lengkap, tidak diperbolehkan untuk disingkat serta tanpa disematkan gelar. Penulisan judul dalam cover makalan tersebut harus jelas, singkat, informatif, serta dapat menjelaskan isi dari penelitian dalam makalah tersebut.

Setelah itu, anda juga perlu menulis abstrak untuk lembar berikutnya. Abstrak ditulis dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak dapat berisi ringkasan atau bahasan inti dari makalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesa, dan sedikit rangkuman dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

3. Membuat Daftar Isi dan Kata Pengantar

Pembuatan daftar isi dan kata pengantar sebenarnya bisa dilakukan di bagian akhir. Akan tetapi, ketika struktur dari isi topik pembahasan sudah ditentukan dan ditemukan, daftar isi akan memudahkan cara bikin makalah pada bagian pembahasannya.

Dalam daftar isi, harus memuat informasi menganai halaman dari isi makalah. Bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman. Hal tersebut agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang ingin dibaca. Selain itu, jika pada makalah terdapat gambar atau tabel, pada daftar isi perlu dimuat daftar gambar dan daftar tabel.

Setelah itu, anda juga dapat membuat kata pengantar. Kata pengantar mencakup isi keseluruhan makalah yang membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi tidak spesifik dan detail. Hal ini bertujuan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai arah dari penelitian yang ada dalam makalah tersebut.

Pada bagian ini, dapat dijabarkan juga penjelasan waktu penulisan makalah, tempat penelitian, serta pihak-pihak yang ikut mengarahkan dalam menyelesaikan makalah baik individu, instansi maupun lembaga-lembaga tertentu yang terlibat.

4 dari 4 halaman

Cara Bikin Makalah Berdasarkan Struktur yang Benar

4. Membuat Bagian Pendahuluan Makalah

Cara bikin makalah yang paling utama adalah menyelesaikan bagian pendahuluan. Pendahuluan makalah memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penulisan makalah. Pendahuluan dapat menjelaskan tentang pokok permasalahan awal yang ditemui. Permasalahan yang dimaksud adalah masalah yang ditemukan dan ingin diteliti dalam makalah tersebut. Berikut penjelasan darai isi pendahuluan makalah, antara lain:

a. Latar Belakang

Latar belakang masalah adalah permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta di analisa dalam makalah. Latar belakang dijelaskan dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti oleh pembaca. Bisa dikatakan dalam latar belakang, penulis hanya menuliskan poin-poin topik yang akan diteliti.

b. Rumusan Masalah

Rumusan masalah biasanya singkat dan padat, berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang  diteliti. Rumusan masalah adalah hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya. Isinya mengerucutkan permasalahan.

c. Tujuan Penulisan

Tujuan pembahasan berisi manfaat penelitian yang akan dilakukan. Manfaat diperoleh setelah ditemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal. Tujuan pembahasan biasanya ditulis secara singkat tetapi menggambarkan dan mendeskripsikan manfaat penelitian kepada pembaca.

5. Buat Bagian Isi Makalah

Setelah menyelsaikan bagian pendahuluan, maka tahapan cara bikin makalah selanjutnya adalah membuat isi makalah. Isi makalah akan memuat kupasan masalah yang ingin diketahui jawabannya.

Pada bagian isi, biasanya akan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yang sudah dibuat sebelumnya. Jika makalah yang dibuat hanya sederhana dan literatur saja, bisa langsung membahas topik berdasarkan referensi yang sudah dicari sebelumnya.

Untuk makalah yang ilmiah, biasanya pada bagian isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan.

Data yang diperoleh dapat merupakan data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran. Apabila data didapat dengan proses wawancara, maka penulis dapat mencantumkan kutipan hasil wawancara dengan narasumber tersebut. Hal ini guna memudahkan pembaca mengetahui fakta dari data-data yang sudah dicari.  

6. Membuat Bagian Penutup Makalah

Cara bikin makalah yang terakhir adalah dengan menyelesaikan bagian penutup makalah. Pada bagian penutup makalah memuat kesimpulan, saran, dan daftar pustaka. Berikut penjelasannya:

a. Kesimpulan

Kesimpulan dalam sebuah makalah tidak dapat dibuat sendiri. Melainkan berasal dari kutipan yang sudah dibahas pada bagian isi atau pembahasan. Kesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

b. Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan. Saran berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan harapan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca.

c. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi yang dicantumkan atau yang digunakan dalam penyusunan makalah. Referensi tersebut bisa berasal dari jurnal, maupun buku. Penulisan daftar pustaka harus disusun secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad nama pengarang. Daftar pustaka dibuat sesuai dengan penulisan daftar pustaka yang benar yaitu nama, tahun terbit, judul buku, kota dan nama penerbit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.